Comscore Tracker

Peralatan Dapur Penuh Lemak? 5 Bahan Ini Bisa Bantu Bersihkan

Gak bau lagi deh

Lihat cucian numpuk di dapur pasti males banget deh buuat mulai nyuci, apa lagi kalau peralatan dapur kotor penuh lemak sisa olahan daging, kebayang bakal susah banget hilangkan baunya.

Tapi ternyata ada beberapa bahan dapur yang ternyata bisa bantu kamu bersihkan lemak pada peralatan dapur lebih cepat dan efektif hilangkan baunya lho. Yuk simak ulasannya. 

1. Minyak

Peralatan Dapur Penuh Lemak? 5 Bahan Ini Bisa Bantu Bersihkannewsabode.com

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk bantu bersihkan lemak pada cucian adalah minyak. Kedengarannya memang aneh. Lemak ditambah minyak bukannya malah jadi tambah lengket ya? Tapi ternyata minyak bersih justru mampu bantu kamu rontokan lemak dengan lebih cepat.

Caranya gosok dengan merata wadah atau peralatan dapur yang berlemak dengan minyak bersih, kemudiamkan diamkan 3-5 menit dan lap dengan lap kering. Setelah itu kamu bisa lanjut dengan mencuci peralatan dapur dengan sabun seperti biasa dan dijamin lemak lebih mudah luntur.

2. Cuka

Peralatan Dapur Penuh Lemak? 5 Bahan Ini Bisa Bantu Bersihkanfood.onehowto.com

Selanjutnya ada cuka. Sifat cuka yang asam terbukti ampuh hilangkan bau dan rontokan lemak. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan cuka yang telah  didistilasi atau cuka apel.

Caranya campurkan cuka dengan air hangat dengan perbandingan 2:1, kemudian masukkan pada wadah semprotan dan semprotkan pada bagian berlemak pada peralatan masakmu, diamkan selama beberapa menit lalu cuci dengan sabun seperti biasa.

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Aroma Tak Sedap di Dapur, Tetap Nyaman dan Harum!

3. Garam

Peralatan Dapur Penuh Lemak? 5 Bahan Ini Bisa Bantu Bersihkantimesofindia.indiatimes.com

Selanjutnya ada bahan yang pasti kamu punya di dapur kamu yaitu garam. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan garam krosok atau garam kasar karena akan membatu scrubbing lemak dengan lebih baik.

Gosokan garam pada bagian berlemak di peralatan masak hingga lemak rontok dan bersih atau kamu bisa juga merendam peralatan masak kotormu dengan air garam hangat selama beberapa saat sebelum dicuci.

4. Lemon dan jeruk nipis

Peralatan Dapur Penuh Lemak? 5 Bahan Ini Bisa Bantu Bersihkancollagenvh.vn

Jejuk lemon atau nipis menjadi salah satu bahan paling populer untuk membersihkan piring kotor, bahkan sudah banyak digunakan menjadi campuran sabun oleh pabrik-pabrik besar.

Untuk hasil yang lebih efektif, kamu juga bisa menggunakan potongan jeruk asli untuk membersihkan lemak pada peralatan dapur kamu dengan cara menggosokan bagian dalam jeruk pada lemak secara menyeluruh. Seperti cuka, sifat jeruk yang asam juga efektif meluruhkan lemak dan menghilangkan bau. Selain itu jeruk juga mengandung anti bakteri.

5. Baking soda

Peralatan Dapur Penuh Lemak? 5 Bahan Ini Bisa Bantu Bersihkannona.my

Selain dapat membantu memutihkan pakaian, baking soda juga ternyata mampu membantu membersihkan kotoran pada peralatan dapur mulai dari kerak gosong pada panci bahkan meluruhkan lemak membandel. Caranya sangat mudah. Kamu cukup mencampurkan sedikit baking soda pada air campuran sabun lalu kemudian gunakan untuk mencuci peralatn dapur dengan cara seperti biasa.

Nah itu dia bahan-bahan yang bisa kamu pakai untuk bantu kamu membersihkan lemak membandel di piring dan peralatan dapur lainnya, mudah didapat dan tentunya efektif. Selamat mencoba!

Baca Juga: Catat! 5 Tips Memasak yang Efektif Agar Tak Terlalu Lama di Dapur

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya