Comscore Tracker

Resep Getuk Singkong Panggang yang Sederhana, Rasanya Tetap Melokal!

Teksturnya lebih garing saat di gigit 

Getuk merupakan kuliner tradisional berbahan dasar singkong yang banyak dijual di pasaran. Cara mengolah getuk cukuplah mudah, biasanya singkong yang sudah dikukus akan ditumbuk, lalu disajikan bersama kelapa parut. 

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mulai berinovasi membuat getuk jadi cemilan variatif dengan menambahkan beragam topping kekinian. Salah satu kreasi getuk yang tak kalah menarik untuk dicicipi adalah getuk panggang.

Cara bikinnya cukup sederhana dan tentu rasanya juga tetap nikmat. Yuk, intip resep getuk singkong panggang di bawah ini. 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan 

Resep Getuk Singkong Panggang yang Sederhana, Rasanya Tetap Melokal!ilustrasi buah singkong (pexels.com/Daniel Dan)

Bahan :

  • 1 kg singkong 
  • 175 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • 75 gram margarin

Bahan lain :

  • kental manis (olesan)
  • keju parut (topping) 

2. Kukus singkong hingga matang 

Resep Getuk Singkong Panggang yang Sederhana, Rasanya Tetap Melokal!ilustrasi mengukus (pexels.com/Mikhail Nilov)

Potong singkong menjadi beberapa bagian agar lebih mudah saat dikupas. Lalu kupas dari kulitnya dan cuci hingga bersih dengan air mengalir.

Panaskan air di dalam panci steamer. Jika sudah mendidih, masukkan singkong ke dalam panci. Kukus hingga matang atau empuk, lalu sisihkan. 

Baca Juga: Resep Getuk Pisang Sederhana, Sajian Khas Kediri yang Bikin Jatuh Hati

3. Haluskan singkong bersama bahan lainnya 

Resep Getuk Singkong Panggang yang Sederhana, Rasanya Tetap Melokal!ilustrasi mencampurkan adonan (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Usahakan jangan membiarkan singkong terlalu lama hingga dingin. Segera haluskan di atas cobek, atau kamu juga bisa menggunakan chopper agar lebih mudah dan ringan.

Masukkan semua bahan pelengkap ke dalam wadah chopper bersama singkong. Lalu, nyalakan chopper untuk memotong semua bahan hingga benar-benar halus. 

4. Tuang adonan di atas loyang 

Resep Getuk Singkong Panggang yang Sederhana, Rasanya Tetap Melokal!ilustrasi memberi alas loyang dengan kertas baking (pexels.com/Felicity Tai)

Siapkan loyang beralaskan kertas baking atau cukup olesi dengan margarin di permukaannya secara merata. Masukkan adonan singkong yang sudah dihaluskan ke dalam plastik segitiga.

Tuang adonan ke dalam loyang, bisa menggunakan ukuran 18x18 atau 20x20. Jangan lupa sambil untuk meratakan adonan menyeluruh di seluruh permukaan loyang, ya.

5. Panggang getuk singkong di dalam oven 

Resep Getuk Singkong Panggang yang Sederhana, Rasanya Tetap Melokal!ilustrasi memanggang dalam oven (freepik.com/unihuizifotografi)

Jika adonan getuk sudah dituang merata dalam loyang, olesi permukaannya dengan kental manis. Taburi atasnya dengan parutan keju untuk topping.

Panaskan oven terlebih dahulu, masukkan loyang berisi getuk singkong ke dalam oven. Panggang selama 30 menit dengan suhu 170°C atas bawah. Jika sudah terlihat matang, angkat dan keluarkan dari dalam oven. 

Sekarang kamu gak perlu kehabisan ide suguhan apa yang pas buat menemani minuman favoritmu. Cemilan getuk singkong panggang ini gak hanya nikmat, tapi juga cocok jadi penganjal perut, lho!

Baca Juga: 5 Ragam Kreasi Getuk dengan Tampilan Unik dan Rasa yang Lezat 

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya