Comscore Tracker

Resep Ketan Srikaya Gula Merah yang Pulen dan Gurih, Bikin Nagih!

Harum dan gurihnya melengkapi setiap gigitan

Beraneka macam kue tradisional memang tak pernah bisa dilewatkan, apalagi sangat nikmat untuk teman ngopi santai di sore. Umumnya, kue tradisional yang populer di masyarakat adalah kue basah. Ada begitu banyak jenis kue basah yang biasa dijual di pasar, salah satunya adalah ketan srikaya gula merah ini.

Kue basah satu ini terbuat dari ketan dan santan yang dipadukan dengan citarasa gula merah yang legit banget. Cocok banget kalau disantap saat kumpul bareng keluarga. Yuk, simak resep ketan srikaya gula merah, kue tradisional yang pulen dan gurih di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu

Resep Ketan Srikaya Gula Merah yang Pulen dan Gurih, Bikin Nagih!ilustrasi bahan untuk adonan (pexels.com/Klaus Nielsen)

Bahan lapisan ketan :

  • 350 gram beras ketan berkualitas
  • 240 ml santan (140 ml santan kental 100 ml jus pandan) 
  • 1 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Bahan lapisan gula merah :

  • 400 ml santan
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 130 gram gula merah 
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 lembar daun pandan

2. Kukus beras ketan terlebih dahulu

Resep Ketan Srikaya Gula Merah yang Pulen dan Gurih, Bikin Nagih!ilustrasi mengukus dalam panci (unsplash.com/Frank Zhang)

Cuci bersih beras ketan yang akan dikukus. Rendam selama 1–2 jam. Lamanya waktu merendam beras ketan berpengaruh pada tekstur pulen yang akan dihasilkan. 

Kemudian, panaskan air dalam panci steamer. Masukkan beras ke dalam panci. Kukus selama 15–20 menit sampai ketan benar-benar empuk dan pulen.

Baca Juga: 8 Jajanan Tradisional dan Modern dari Ketan Hitam, Rasanya Legit!

3. Campurkan santan ke dalam beras ketan

Resep Ketan Srikaya Gula Merah yang Pulen dan Gurih, Bikin Nagih!ilustrasi sedang memasak di atas kompor (freepik.com/atlascompany)

Masak santan hingga mendidih, lalu masukkan garam dan daun pandan. Pindahkan ketan ke dalam wadah, lalu tuangkan santan ke dalamnya, dan aduk rata.

Tunggu beberapa saat hingga santan meresap sempurna ke dalam beras ketan. Selanjutnya, kukus selama 20 menit hingga ketan benar empuk dan pulen.

4. Buat lapisan gula merah

Resep Ketan Srikaya Gula Merah yang Pulen dan Gurih, Bikin Nagih!ilustrasi memasak gula merah (youtube.com/boladeli.id)

Tuang santan bersama gula, garam, dan daun pandan yang diikat ke dalam panci. Masak hingga mendidih dan sampai gula larut. Angkat dan biarkan hangat. 

Kemudian, campurkan tepung terigu dan maizena. Tuang santan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata. 

Tambahkan telur yang sudah dikocok lepas ke dalam adonan lalu saring. Masak dengan api kecil sampai adonan cukup panas dan sedikit mengental. Jangan sampai meletup-letup, ya.

5. Tata di atas loyang, lalu kukus hingga matang

Resep Ketan Srikaya Gula Merah yang Pulen dan Gurih, Bikin Nagih!ilustrasi mengukus (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk beras ketan yang sudah matang, segera cetak di atas loyang selagi panas agar tidak mengeras saat dingin. Tekan hingga benar-benar padat dan rapi. Lalu, tuang adonan gula merah ke atas ketan. 

Kukus lagi selama 25–30 menit. Gunakan api sedang cenderung kecil agar tekstur gula merah mulus dan tidak ada gelembung udara. Setelah matang, biarkan hingga dingin, lalu potong sesuai selera. 

Ketan srikaya gula merah ini cocok buat kamu yang rindu jajanan tradisional. Meskipun sekarang sulit dijumpai, kamu bisa bikin sendiri dengan resep di atas, lho. Selama mencoba!

Baca Juga: Resep Ketan Durian yang Manis Legit bikin Nagih Terus

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya