Comscore Tracker

Resep Pandan Tiger Roll Cake yang Moist, Cara Bikinnya Mudah Banget!

Ide suguhan spesial saat kumpul bareng keluarga

Roll cake merupakan kue gulung dengan isian krim yang cara bikinnya gak jauh berbeda seperti cake pada umumnya. Kreasi roll cake sendiri cukup bervariasi, salah satunya pandan tiger roll cake yang harum dan nikmat ini.

Teksturnya yang lembut dan moist, jadi pelengkap yang pas buat suguhan minum teh. Apalagi dinikmati pas lagi rame-rame, dijamin bikin suasana makin hangat. Yuk, langsung bikin resep pandan tiger roll cake yang moist di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Pandan Tiger Roll Cake yang Moist, Cara Bikinnya Mudah Banget!ilustrasi menyiapkan bahan (freepik.com/DCStudio)

Bahan roll cake :

  • 4 butir telur
  • 80 gram gula pasir
  • 90 gram tepung terigu
  • 30 gram SKM
  • 1 sdt SP
  • 100 gram margarin
  • 1 sdt pasta pandan
  • selain coklat
Bahan tiger skin : 
  • 6 kuning telur
  • 30 gram gula halus
  • 13 gram maizena
  • 15 gram minyak goreng

2. Kocok telur dan gula hingga soft peak

Resep Pandan Tiger Roll Cake yang Moist, Cara Bikinnya Mudah Banget!ilustrasi mengocok krim (pexels.com/Katerina Holmes)

Masukkan telur ke dalam wadah, lalu kocok dengan mixer hingga setengah mengembang. Tambahkan gula sambil dikocok terus hingga larut. 

Naikkan kecepatan mixer secara bertahap. Kocok hingga teksturnya soft peak. Lalu, masukkan SP dan terigu sambil diayak, aduk kembali hingga rata. 

Turunkan kecepatan mixer, masukkan SKM dan pasta pandan. Mixer sebentar, lalu matikan. Masukkan margarin cair, lalu aduk balik dengan spatula hingga rata. 

Baca Juga: Resep Taro Cheese Roll Cake, Begini Caranya biar Mengembang!

3. Panggang cake hingga matang

Resep Pandan Tiger Roll Cake yang Moist, Cara Bikinnya Mudah Banget!ilustrasi orang yang memanggang kue (pexels.com/cottonbro)

Tuang cake ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas baking. Ratakan dengan spatula, lalu hentakkan loyang perlahan agar tidak ada gelembung udara dalam adonan. 

Panggang kue dalam oven dengan suhu 180°C selama 20 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Lakukan tes tusuk, jika adonan tidak menempel berarti sudah matang. 

Tunggu beberapa saat hingga kue mulai dingin, lalu keluarkan dari loyang. Olesi dengan selai cokelat sesuai selera. Gulung kue dan padatkan, lalu simpan di dalam kulkas hingga set. 

4. Campur semua bahan untuk adonan tiger skin

Resep Pandan Tiger Roll Cake yang Moist, Cara Bikinnya Mudah Banget!ilustrasi mencampur adonan (freepik.com/master1305)

Mixer kuning telur dan gula hingga mengembang dan kental berjejak. Kemudian, matikan mixer dan masukkan tepung maizena. Aduk rata dengan spatula. Tuang sedikit minyak goreng, lalu aduk kembali. 

Selanjutnya, siapkan loyang yang sudah dialasi kertas baking. Tuang adonan tiger skin ke dalam loyang. Ratakan dengan spatula ke setiap sisi loyang. Hasil adonan memang tipis karena hanya untuk lapisan kulit roll cake saja.

5. Panggang di dalam oven hingga matang

Resep Pandan Tiger Roll Cake yang Moist, Cara Bikinnya Mudah Banget!ilustrasi memanggang kue (freepik.com/ArthurTersembunyi)

Panaskan oven dahulu dengan suhu 210–220°C selama 10–15 menit. Kalau sudah panas, masukkan loyang ke dalam oven. Panggang kue selama 5–7 menit hingga warnanya kecokelatan. 

Keluarkan lapisan kulit dari loyang. Olesi dengan sedikit SKM sebagai perekat, lalu taruh roll cake di atas tiger skin. Gulung sambil dipadatkan, lalu simpan kembali dalam kulkas hingga set. Potong sesuai selera saat akan disajikan. 

Pandan tiger roll cake ini wajib banget dicoba buat kamu yang suka baking. Apalagi kegiatan ini bisa jadi selingan untuk mengisi waktu luang saat weekend. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Mocha Roll Cake, Aroma dan Rasa Kopinya Menggoda

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya