Comscore Tracker

Resep Brownies Kopi yang Lembut dan Nyoklat, Auto Bikin Mata Melek!

Aroma kopinya menggugah selera

Kalau biasanya kita menikmati kopi dengan kue brownies, kali ini kamu bisa memadukan keduanya dalam satu kudapan, lho. Yup, brownies kopi merupakan kreasi kue brownies dengan perpaduan rasa kopi yang nikmat. 

Cocok banget kalau disajikan dengan secangkir kopi buat menemani waktu bersantai kamu. Cita rasa kopi dan manisnya kue brownies jadi perpaduan yang bikin kamu gak berhenti ngemil, deh. Yuk, coba resep brownies kopi ini di rumah!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Brownies Kopi yang Lembut dan Nyoklat, Auto Bikin Mata Melek!ilustrasi bahan tepung (pexels.com/Katerina Holmes)

Bahan :

  • 150 gram dark chocolate (DCC)
  • 100 gram margarin 
  • 2 butir telur
  • 135 gram gula halus
  • 1/2 sdt vanilla pasta/kopi pasta (optional)
  • 110 gr tepung terigu
  • 20 gram cocoa powder
  • 1 sachet cappuccino
  • 1 sachet kopi murni

2. Lelehkan DCC terlebih dahulu

Resep Brownies Kopi yang Lembut dan Nyoklat, Auto Bikin Mata Melek!ilustrasi coklat yang sudah dilelehkan (freepik.com/valeria_aksakova)

Pertama, siapkan panci berisi air di atas kompor. Nyalakan api, lalu panaskan air dengan api sedang. Masukkan potongan DCC ke dalam wadah tahan panas dan letakkan di dalam panci berisi air. Lelehkan dengan cara diaduk terus agar tidak gosong. 

Teknik ini bertujuan agar cokelat tidak meleleh langsung di atas api. Kemudian, masukkan butter dan aduk rata bersama cokelat. Jika cokelat sudah leleh, segera angkat dan dinginkan, ya.

Baca Juga: Resep Puding Brownies Kopi, Simpel dan Praktis Dibuat

3. Campurkan bahan untuk adonan brownies

Resep Brownies Kopi yang Lembut dan Nyoklat, Auto Bikin Mata Melek!ilustrasi mengocok telur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Dalam mangkuk, campurkan telur dan gula. Kocok dengan whisk cukup lama sampai gula larut. 

Masukkan lelehan DCC ke dalam adonan basah. Tambahkan pasta vanila, lalu aduk hingga tercampur rata. 

4. Masukkan bahan kering ke adonan

Resep Brownies Kopi yang Lembut dan Nyoklat, Auto Bikin Mata Melek!ilustrasi mencampur adonan (freepik.com/master1305)

Masukkan tepung dan kopi ke dalam adonan basah sambil diayak agar tidak menggumpal. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. 

Kemudian, siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas baking. Tuang adonan brownies ke dalam loyang sambil diratakan dengan spatula. 

5. Panggang brownies hingga matang

Resep Brownies Kopi yang Lembut dan Nyoklat, Auto Bikin Mata Melek!ilustrasi memotong brownies (freepik.com/rawpixel.com)

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum digunakan kurang lebih selama 10–15 menit. Masukkan loyang yang sudah berisi adonan ke dalam oven. 

Panggang brownies dengan suhu 160°C. Sesuaikan tingkat kematangannya tergantung oven masing-masing. Jika sudah matang, angkat dan keluarkan dari loyang. 

Kreasi resep brownies kopi satu ini bisa jadi cemilan favorit, deh. Perpaduan rasa pahit dari kopi dan manisnya cokelat brownies terasa pas dan nyatu di lidah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Biscoff Brownies Cheesecake yang Lembut dan Lumer, Bikin Yuk!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya