Comscore Tracker

Resep Buncis Cah Ebi, Menu ala Rumahan yang Gak Bikin Kantong Jebol

Cocok jadi menu andalan akhir bulan, nih!

Buncis merupakan jenis sayuran hijau yang cocok dijadikan beragam olahan masakan ala rumahan, salah satunya cah. Buat kamu yang kebingungan inspirasi lauk untuk makan siang, buncis cah ebi ini bisa kamu coba praktikkan, lho!

Cukup dengan 2 bahan utama, berikut resep lengkap buncis cah ebi yang ekonomis dan super praktis. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Buncis Cah Ebi, Menu ala Rumahan yang Gak Bikin Kantong Jebolilustrasi buncis (healthline.com)

Bahan-bahan :

  • 250 gram buncis
  • 100 gram ebi / udang kering
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 cabai merah besar
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • gula secukupnya  
  • garam secukupnya

2. Potong buncis dan goreng hingga layu 

Resep Buncis Cah Ebi, Menu ala Rumahan yang Gak Bikin Kantong Jebolilustrasi memotong buncis (thehouseofelynryn.com)

Langkah pertama, siapkan buncis yang akan di masak terlebih dahulu. Buang serat di bagian sampingnya dengan cara memberi sayatan di kedua ujungnya terlebih dahulu, lalu tarik serat hingga terputus.

Tuangkan minyak ke dalam wajan. Nyalakan api dan tunggu beberapa saat hingga minyak mulai panas. Masukkan buncis ke dalam wajan dan goreng hingga layu. Kemudian, angkat dan tiriskan. 

3. Tumis ebi bersama bawang putih

Resep Buncis Cah Ebi, Menu ala Rumahan yang Gak Bikin Kantong Jebolilustrasi menumis bawang putih (hungryhuy.com)

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan untuk menumis. Masukkan ebi terlebih dahulu, lalu tumis hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Geprek bawang putih, lalu potong cincang. Kemudian, iris juga cabai menjadi potongan kecil. Jika sudah, masukkan kedua bahan ke dalam wajan dan tumis bersama ebi hingga wangi.

4. Tambahkan bumbu pelengkap 

Resep Buncis Cah Ebi, Menu ala Rumahan yang Gak Bikin Kantong Jebolilustrasi menambahkan bumbu (watergatebay.co.uk)

Jika tumis ebi dan bawang putih sudah mulai matang, saatnya tambahkan bumbu pelengkap agar rasanya kian nikmat. Masukkan saus tiram, lada bubuk, garam, dan gula. 

Aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Usahakan untuk menggunakan api kecil saat menumis. Jangan lupa koreksi rasa terlebih dahulu, jika di rasa masih kurang tambahkan bumbu hingga pas sesuai selera. 

5. Masukkan bunci dan tumis hingga matang

Resep Buncis Cah Ebi, Menu ala Rumahan yang Gak Bikin Kantong Jebolilustrasi menumis buncis (foodcanon.com)

Jika rasa tumis bumbu sudah pas, saatnya masukkan buncis yang telah di goreng tadi ke dalam wajan. Tumis bersama bahan lainnya hingga matang.

Aduk terus hingga buncis tercampur dengan bumbu secara merata. Kemudian, tambahkan sedikit air dan diamkan sesaat agar bumbu meresap sempurna ke dalam buncis. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan. 

Itulah salah satu resep sajian ekonomis buat menu andalan di akhir bulan. Kamu dapat menikmati olahan buncis cah ebi ini dengan sepiring nasi hangat untuk menu makan siangmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Cah Kangkung dan Tumis Kangkung yang Enak dan Gampang Bikinnya

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya