Comscore Tracker

Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Tekstur Lembut dan Pulen

Jajanan khas Palembang yang manisnya melekat di lidah

Kue lumpang merupakan salah satu jenis kue basah tradisional khas Palembang yang punya cita rasa manis dan gurih dengan taburan kelapa parut di atasnya. 

Kue yang pada dasarnya terbuat dari tepung beras ini kerap diolah dengan beragam kreasi, salah satunya olahan kue lumpang dengan bahan dasar labu kuning. Berikut resep kreasi kue lumpang labu kuning yang patut kamu coba.

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Tekstur Lembut dan Pulenilustrasi labu kuning (finedininglovers.com)

Untuk membuat beberapa buah kue lumpang, kamu bisa persiapkan bahan-bahan di bawah ini, ya.

Bahan-bahan :

  • 250 gram labu kuning
  • 125 gram tepung beras
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 6 lembar daun pandan
  • 140 gram gula pasir 

Bahan topping :

  • 80 gram kelapa parut
  • 1/4 sendok teh garam 

2. Kukus labu hingga matang, lalu haluskan 

Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Tekstur Lembut dan Pulenilustrasi mengukus labu (japan.recipetineats.com)

Langkah pertama, kupas terlebih dahulu labu kuning, lalu potong ukuran sedang agar memudahkan saat di haluskan. Siapkan panci steamer di atas kompor untuk mengukus labu. 

Jangan lupa tunggu hingga panci mulai panas, kemudian masukkan labu. Tutup kembali panci dan kukus labu hingga matang selama kurang lebih 10 menit. Haluskan labu selagi panas menggunakan garpu, lalu diamkan beberapa saat hingga dingin. 

3. Campurkan adonan kue 

Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Tekstur Lembut dan Pulenilustrasi mencampur bahan (loveandlemons.com)

Jika labu sudah dingin, saatnya tambahkan tepung beras dan tapioka ke dalam labu yang telah di haluskan. Tuangkan air secukupnya secara bertahan sedikit demi sedikit hingga semua bahan tercampur merata. 

Selanjutnya, masak gula bersama daun pandan dan tambahkan sedikit air. Aduk terus hingga gula pasir mulai larut. Kemudian, saring air gula dan diamkan hingga benar-benar dingin. 

Tuang air gula yang telah dingin ke dalam adonan kue sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Jika sudah, saring adonan untuk menyisihkan bagian ampasnya. Adonan kue siap dikukus!

Baca Juga: 6 Kue Tradisional Khas Toraja yang Jadi Oleh-oleh Favorit

4. Kukus adonan hingga matang 

Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Tekstur Lembut dan Pulenilustrasi mengukus adonan (cookingwithnart.com)

Panaskan terlebih dahulu air yang ada di dalam alat kukus hingga mendidih. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang telah dilapisi dengan minyak terlebih dahulu agar memudahkan saat melepas kue dari cetakan.

Kukus kue lumpang selama kurang lebih 15 menit menggunakan api sedang. Usahakan saat mengukus bungkus terlebih dahulu tutupnya dengan kain agar uap air tidak menetes ke dalam adonan. 

5. Kue lumpang labu kuning siap disajikan!

Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Tekstur Lembut dan Pulenkue lumpang labu kuning (instagram.com/ dapurkayupoetih)

Jika dirasa sudah matang, keluarkan kue lumpang dari dalam alat kukus. Diamkan beberapa saat hingga uap panasnya hilang. Kemudian, lepas kue lumpang dari cetakannya.

Siapkan piring untuk menyajikan kue lumpang, lalu susun di atasnya. Kemudian, lumuri kue lumpang dengan campuran parutan kelapa dan garam sesuai selera. Kue lumpang labu kuning pun siap disajikan!

Cukup dengan 5 langkah mudah kamu dapat mempraktikkan olahan kuliner khas nusantara satu ini dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Klepon Ubi Ungu, Jajanan Tradisional yang Cocok untuk Dessert

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya