Comscore Tracker

Resep Lapis Susu Jentik Manis yang Lembut, Dijamin Semua Pasti Suka!

Rasa dan tampilannya menarik buat dicoba!

Kue lapis susu jentik manis merupakan salah satu kue asal Bangka Belitung yang legit dan nikmat. Ciri khas kue ini ada pada tampilannya yang unik, diolah dari adonan cokelat dan dibuat jentik pada tiap lapisannya. 

Gak hanya tampilannya yang menarik, lapis susu jentik manis juga wajib banget untuk dicicipi buat para pencinta kuliner lokal. Mau bikin sendiri di rumah pun juga bisa banget, apalagi kamu hanya cukup menyiapkan bahan baking sederhana.

Yuk, intip resep lapis susu jentik manis dan cara membuatnya di bawah ini yuk!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Lapis Susu Jentik Manis yang Lembut, Dijamin Semua Pasti Suka!ilustrasi bahan untuk adonan (pexels.com/Klaus Nielsen)

Bahan adonan :

  • 400 gram butter  200 gram margarin
  • 25 kuning telur
  • 8 putih telur
  • 350 gram gula halus
  • 200 gram tepung terigu 
  • 250 gram susu kental manis
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt vanili bubuk
  • cokelat bubuk atau pasta cokelat secukupnya

 

2. Aduk mentega dan gula hingga berwarna pucat

Resep Lapis Susu Jentik Manis yang Lembut, Dijamin Semua Pasti Suka!ilustrasi mencampur bahan (pexels.com/Taryn Elliott)

Campurkan mentega dan butter ke dalam wadah. Lalu, kocok dengan mixer hingga warnanya berubah menjadi pucat. 

Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Naikkan speed mixer. Kocok terus hingga gula larut dan adonan mengembang. 

Baca Juga: Resep Bolu Lapis Taro Vanilla, Kue dengan Tekstur Empuk dan Lembut 

3. Masukkan telur dan bahan kering

Resep Lapis Susu Jentik Manis yang Lembut, Dijamin Semua Pasti Suka!ilustrasi mencampur adonan (pexels.com/Ivan Samkov)

Kemudian, masukkan satu per satu kuning telur ke dalam adonan mentega. Aduk terus hingga tercampur rata. Tambahkan SKM, lalu kocok asal rata. Turunkan speed mixer, masukkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu matikan mixer

4. Panggang kue hingga matang

Resep Lapis Susu Jentik Manis yang Lembut, Dijamin Semua Pasti Suka!ilustrasi memanggang di oven (pexels.com/cotton bro)

Di wadah lain, kocok putih telur hingga mengembang dan berjejak. Adonan ini biasanya ditandai tidak mudah jatuh saat diangkat. 

Kemudian, campurkan ke adonan pertama secara bertahap. Aduk balik dengan spatula hingga rata. Sisihkan 5 sdm adonan untuk membuat motif tuang ke loyang, lalu panggang hingga warnanya agak kecokelatan. 

5. Beri motif pada kue, lalu oven kembali

Resep Lapis Susu Jentik Manis yang Lembut, Dijamin Semua Pasti Suka!ilustrasi memanggang dalam oven (freepik.com/unihuizifotografi)

Untuk motifnya, ambil 5 sdm adonan kue, lalu tuang pasta cokelat dan cokelat bubuk. Aduk rata dan masukkan ke plastik segitiga. Potong bagian ujungnya. 

Jika adonan kue sudah matang, keluarkan dari dalam oven. Beri motif cokelat melingkar seperti obat nyamuk, lalu panggang hingga kecokelatan. 

Untuk lapisan pertama, panggang dengan api atas bawah suhu 180°C selama 10 menit, tambah api atas 5 menit. Untuk lapisan kedua dan seterusnya, cukup gunakan api atas saja. 

Lapis susu jentik manis adalah kudapan nikmat yang bikin kenyang di perut. Makannya lebih enak kalau dibarengi dengan secangkir kopi. Selamat mencoba resep di atas!

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Kue Bolu, Rasanya Selezat Beli di Toko Kue

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya