Comscore Tracker

Resep Mango Pie Tart yang Anti Gagal, Segarnya Bangkitkan Mood!

Tekstur custard-nya creamy dan nyegerin

Pie merupakan jenis pastry yang cukup populer di Amerika Serikat sebagai hidangan penutup maupun jamuan biasa. Hidangan yang umumnya diolah dengan cara dipanggang ini telah ada sejak zaman Mesir Kuno. 

Hingga saat ini, pie telah menjadi salah satu pastry yang cukup terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan, kreasi pie dengan beraneka ragam isian pun cukup banyak diminati, mulai dari isian buah, custard, coklat, keju, dan daging. 

Buat kamu pecinta pie dengan isian custard, wajib coba nih inspirasi pie yang kekinian, yaitu mango pie tart. Tertarik dengan kreasi resep satu ini? Yuk, coba praktikkan resep lengkapnya berikut ini. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Mango Pie Tart yang Anti Gagal, Segarnya Bangkitkan Mood!ilustrasi bahan (jenreviews.com)

Bahan kulit pie :

  • 190 gram tepung serba guna
  • 4 sdm gula bubuk
  • 1 butir telur
  • 115 gram mentega, beku
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt ekstrak vanila

Bahan filling :

  • 2 buah mangga ukuran besar
  • 1 butir telur 2 kuning telur
  • 125 gram gula
  • 1 sdm jus lemon
  • 1 sdm lemon zest
  • 1 sdm ekstrak vanila 
  • 180 ml heavy cream

2. Campurkan bahan untuk kulit pie

Resep Mango Pie Tart yang Anti Gagal, Segarnya Bangkitkan Mood!ilustrasi membuat kulit pie (simplyrecipes.com)

Siapkan wadah untuk mencampur adonan kering. Masukkan tepung, gula, dan garam yang telah disaring halus untuk menghindari gumpalan. Lalu, tambahkan potongan margarin. Aduk merata dengan mixer

Jika ingin mengaduk dengan tangan, tekan beberapa kali adonan sambil dicampur dengan bahan kering. Aduk terus adonan hingga tercampur rata dan teksturnya membentuk butiran pasir. 

Kemudian, tambahkan telur dan ekstrak vanilla. Aduk rata menggunakan spatula. Tekstur akhir dari adonan kulit pie ini memang kasar agar lebih renyah dan tidak alot saat dipanggang. 

Baca Juga: 6 Pie Berbahan Unik dari Berbagai Negara, Ada Pie Kelapa Muda

3. Cetak adonan kulit pie

Resep Mango Pie Tart yang Anti Gagal, Segarnya Bangkitkan Mood!ilustrasi mencetak kulit pie (simplyrecipes.com)

Jika semua bahan sudah tercampur rata, letakkan adonan di atas telenan. Jangan uleni adonan, cukup tekan dan lipat terus-menerus hingga adonan menyatu atau tidak hancur seperti sebelumnya sehingga mudah untuk dicetak. 

Bungkus adonan dengan plastik wrap dan diamkan dalam kulkas selama 30 menit. Jika sudah, pipihkan kulit pie menggunakan rolling pin. Lalu, letakkan kulit pie di atas cetakan. 

Jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan minyak terlebih dahulu. Kemudian, ratakan adonan menyesuaikan bentuk cetakan. Tusuk bagian dasarnya dengan garpu. Diamkan kembali di kulkas selama 30 menit. 

4. Buat adonan untuk custard

Resep Mango Pie Tart yang Anti Gagal, Segarnya Bangkitkan Mood!ilustrasi menghaluskan mangga (thespruceeats.com)

Pertama, kupas kulit mangga dan ambil bagian daging buahnya. Jika sudah, masukkan ke dalam food processor. Haluskan hingga testurnya lembut. Lalu, sisihkan. 

Siapkan wadah untuk membuat custard. Masukkan telur dan gula, aduk dengan whisk. Tambahkan lemon zest, jus lemon, ekstrak vanila, dan buah mangga yang telah dihaluskan. Aduk hingga rata. Terakhir, masukkan heavy cream, aduk kembali. 

5. Panggang pie hingga matang

Resep Mango Pie Tart yang Anti Gagal, Segarnya Bangkitkan Mood!ilustrasi memanggang pie (barbarabakes.com)

Jika adonan custard sudah tercampur rata. Keluarkan kulit pie dari dalam kulkas, lalu tuang custard di atasnya. Panaskan oven terlebih dahulu. Jika sudah panas masukkan adonan pie. 

Panggang dengan suhu 200°C selama 8-10 menit. Kemudian, kurangi suhu oven hingga 160°C. Panggang selama 25-30 menit atau lebih hingga pie benar-benar matang. 

Jika pie sudah matang, matikan oven dan keluarkan pie dari dalamnya. Diamkan dalam suhu ruang hingga uap panasnya hilang kurang lebih selama 2 jam. Kemudian, potong pie menjadi beberapa bagian, lalu sajikan! 

Untuk lebih nikmat, kamu bisa menambahkan topping berupa potongan buah mangga di atasnya. Cita rasa segar dari mangga dan tekstur kue pie yang renyah bikin lumer di mulut. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Selain Pie Susu, Ini Dia 5 Kreasi Pie dengan Cita Rasa Gaya Barat

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya