Comscore Tracker

Resep Schotel Peyem Tape, Ide Sajian Tradisional dengan Gaya Barat

Cocok buat selingan ngemil saat di rumah

Olahan dari tape singkong memang sangatlah beragam, mulai dari kue, bolu, hingga kreasi tak kalah unik, yaitu schotel peyem tape. Cara mengolah kudapan ini memang cukup kekinian, apalagi dengan bahan utamanya berupa tape singkong. 

Tentunya bikin penasaran banget, gimana jadinya kalau tape diolah jadi kreasi hidangan yang creamy. Cukup dengan bahan seadanya dan bisa dibikin di rumah, yuk intip resep lengkapnya dibawah ini. 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Schotel Peyem Tape, Ide Sajian Tradisional dengan Gaya Baratilustrasi bahan untuk adonan (freepik.com/freepik)

Bahan-bahan utama:

  • 25 gram butter
  • 25 gram tepung terigu
  • 250 ml susu cair UHT
  • 450 gram tape singkong
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt vanila bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram kismis
  • 3 butir telur, kocok lepas

Bahan-bahan untuk lapisan atas:

  • 1 butir telur utuh, kocok lepas

Topping:

  • Keju cheddar, parut

2. Lelehkan mentega terlebih dahulu

Resep Schotel Peyem Tape, Ide Sajian Tradisional dengan Gaya Baratilustrasi melelehkan mentega (freepik.com/serhii_bobyk)

Nyalakan api kompor, letakkan teflon di atasnya. Panaskan sebentar, lalu masukkan mentega ke dalam teflon. 

Panaskan dengan api kecil hingga setengah bagian mentega meleleh. Kemudian, segera matikan api, lalu aduk. Cara ini bertujuan agar mentega tidak mudah gosong. 

Baca Juga: Resep Macaroni Schotel Rice Cooker yang Lezat dengan Bahan Seadanya 

3. Campurkan dengan bahan lainnya

Resep Schotel Peyem Tape, Ide Sajian Tradisional dengan Gaya Baratilustrasi mencampur adonan (freepik.com/master1305)

Campurkan mentega yang sudah meleleh dengan terigu dan vanili. Panaskan kembali sambil di aduk sebentar, lalu matikan kompor. 

Tambahkan gula pasir dan garam, aduk hingga rata. Tuang susu cair sedikit demi sedikit, aduk kembali hingga adonan menyatu. 

4. Tata dalam cup dan tambahkan topping

Resep Schotel Peyem Tape, Ide Sajian Tradisional dengan Gaya Baratilustrasi menata loyang cetakan (pexels.com/Felicity Tai)

Siapkan cetakan untuk memanggang schotel tape, lalu tata tape singkong dan kismis di atasnya. Biarkan singkong dalam bentuk bongkahan, jangan dipotong. 

Kemudian, tuang adonan saus di atas tape singkong. Kocok lepas telur hingga rata, siram untuk lapisan atasnya. Lalu, taburi dengan parutan keju. 

5. Panggang dalam oven hingga matang

Resep Schotel Peyem Tape, Ide Sajian Tradisional dengan Gaya Baratilustrasi memanggang kue dengan oven (pexels.com/cottonbro)

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum digunakan agar mencapai suhu yang stabil. Tunggu kurang lebih selama 10-15 menit hingga oven panas. 

Kemudian, masukkan adonan ke dalam oven. Panggang di atas suhu 180 derajat Celsius selama 35 menit. Sesuaikan kematangannya dengan oven masing-masing hingga schotel tape berwarna kecokelatan. 

Daripada bosan dengan olahan tape yang itu-itu saja, coba kreasikan dengan resep di atas. Siapa tahu bisa jadi hidangan favorit keluarga selanjutnya, kan? 

Baca Juga: Resep Mudah Schotel Tapai, Sajian Manis dan Legit untuk Lebaran

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya