Comscore Tracker

Resep Windsor Bread yang Lembut Tanpa Diuleni, Pemula Wajib Coba!

Cocok buat mengisi waktu di rumah sambil belajar baking

Kamu lagi pengen bikin camilan yang gampang dan gak ribet? Eits, gak perlu bingung. Sebab, kamu bisa coba bikin windsor bread tanpa ribet menguleni tapi teksturnya tetap lembut, lho! 

Gak hanya cocok buat camilan, roti ini juga gak kalah bikin kenyang di perut. Tertarik coba bikin olahan satu ini? Let's check this out! 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Windsor Bread yang Lembut Tanpa Diuleni, Pemula Wajib Coba!ilustrasi bahan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Bahan :

  • 330 gram tepung terigu protein tinggi
  • 30 gram gula
  • 10 gram susu bubuk
  • 2 kuning telur
  • 4 gram ragi
  • 200 ml susu cair
  • 25 gram butter
  • 5 gram garam

2. Campurkan semua bahan roti

Resep Windsor Bread yang Lembut Tanpa Diuleni, Pemula Wajib Coba!ilustrasi mencampur adonan (pexels.com/RODNAE Productions)

Pertama, campurkan tepung, gula, garam, dan susu bubuk. Aduk rata dan jangan lupa saring terlebih dahulu agar teksturnya lebih lembut.

Kemudian, siapkan bahan basah, seperti kuning telur dan susu cair. Lalu, masukkan kedua bahan ke dalam adonan kering. Terakhir, tambahkan juga ragi instan. 

Baca Juga: Resep Japanese Milk Bread, Roti Sobek ala Jepang yang Lembut di Mulut

3. Aduk hingga rata dengan spatula

Resep Windsor Bread yang Lembut Tanpa Diuleni, Pemula Wajib Coba!ilustrasi mencampur adonan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika semua adonan sudah masuk ke dalam wadah, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Pastikan sudah tidak ada adonan yang masih menggumpal.

Kemudian, masukkan mentega ke dalam adonan, aduk rata. Tips saat membuat roti tanpa diuleni, usahakan kamu menggunakan wadah plastik agar lebih mudah, ya! 

4. Diamkan hingga adonan mengembang

Resep Windsor Bread yang Lembut Tanpa Diuleni, Pemula Wajib Coba!ilustrasi adonan (pexels.com/Katerina Holmes)

Pastikan semua adonan sudah menyatu dan benar-benar tercampur rata. Uleni sebentar dengan tangan. Lipat-lipat adonan, lalu bentuk menjadi satu bulatan. 

Letakkan di dalam wadah, lalu tutup dengan kain lap atau plastik wrap. Istirahatkan kurang lebih selama 15 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat. 

Kempiskan adonan untuk membuang udara di dalamnya. Lalu, potong menjadi 8 bagian sama rata. Bentuk menjadi bulatan, lalu diamkan hingga mengembang. 

5. Panggang di dalam oven hingga matang

Resep Windsor Bread yang Lembut Tanpa Diuleni, Pemula Wajib Coba!ilustrasi menyusun adonan di loyang (pexels.com/Felicity Tai)

Selanjutnya, kempiskan kembali adonan, lalu pipihkan. Gulung memanjang dan susun di atas wadah yang telah diolesi mentega. Olesi permukaan atas dengan mentega. 

Tutup dengan plastik wrap, lalu diamkan kembali adonan selama 40 menit. Taburi dengan icing sugar. Panggang di dalam oven dengan suhu 170°C di atas selama 15 hingga 17 menit. 

Gak perlu khawatir roti buatanmu gagal, cukup perhatikan tips dan cara bikinnya dijamin windsor bread buatanmu gak bakal bantet. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Mushroom Bread yang Empuk Tanpa Diuleni, yuk, Coba Bikin!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya