Comscore Tracker

Resep Soesmaker Isi Abon yang Super Lembut dan Ringan, Anti Seret!

Nikmatnya bikin susah nolak

Kenikmatan jajanan jadul memang terkadang bikin rindu, terlebih saat ini mulai jarang dijumpai. Salah satu kue legendaris yang dulunya favorit masyarakat adalah kue soesmaker. Kira-kira apa yang pertama terlintas dalam pikiranmu mendengar nama ini? 

Kue soesmaker ini basic-nya adalah sponge cake dengan variasi isi seperti abon atau ragout ayam. Sekilas memang mirip cupcake, tapi bedanya kue soesmaker memiliki citarasa gurih. Penasaran gimana cara bikinnya? Yuk, intip resep soesmaker isi abon, jajanan jadul yang super lembut dan ringan!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Soesmaker Isi Abon yang Super Lembut dan Ringan, Anti Seret!ilustrasi bahan tepung (pexels.com/Katerina Holmes)

Bahan kue :

  • 75 gram tepung protein rendah
  • 5 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifer / SP
  • 50 gram margarin, lelehkan
Bahan isian dan topping:
  • abon sapi secukupnya
  • daun bawang,  potong serong 
  • cabe merah, potong serong

2. Kocok telur dan gula pasir terlebih dahulu

Resep Soesmaker Isi Abon yang Super Lembut dan Ringan, Anti Seret!ilustrasi mengocok telur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Siapkan mangkok untuk membuat adonan. Masukkan kuning telur dan putih telur, lalu kocok dengan mixer speed rendah agar adonan tidak muncrat. 

Kemudian, masukkan gula pasir sambil dikocok dengan mixer hingga larut. Naikkan speed mixer, kocok terus hingga adonan mengembang dan kental berjejak. 

Baca Juga: Resep Kue Putri Mandi, Jajanan Pasar Jadul dan Ngangenin!

3. Lelehkan margarin dan masukkan ke adonan

Resep Soesmaker Isi Abon yang Super Lembut dan Ringan, Anti Seret!ilustrasi melelehkan butter (freepik.com/serhii_bobyk)

Nyalakan api kompor, lalu letakkan teflon di atasnya. Jika sudah panas, masukkan margarin ke dalam teflon. Lelehkan dengan api kecil, tapi cukup sampai mentega meleleh sebagian. 

Segera matikan api, lalu aduk margarin yang belum meleleh. Kemudian, tuang lelehan margarin ke dalam adonan telur sambil diaduk balik dengan spatula. 

4. Tuang ke dalam cetakan muffin

Resep Soesmaker Isi Abon yang Super Lembut dan Ringan, Anti Seret!ilustrasi menata loyang cetakan (pexels.com/Felicity Tai)

Jika adonan kue sudah menyatu, tuang adonan ke dalam cetakan muffin. Masukkan adonan setengah dahulu, lalu beri isian abon. 

Kemudian, tuang sisa adonan di atasnya hingga penuh. Tambahkan topping abon diatasnya, serta irisan daun bawang dan cabai. 

5. Panggang kue hingga matang

Resep Soesmaker Isi Abon yang Super Lembut dan Ringan, Anti Seret!ilustrasi memanggang di oven (pexels.com/cotton bro)

Nyalakan oven, lalu tunggu selama 10–15 menit hingga panas. Jika oven sudah panas, segera masukkan loyang ke dalam oven. 

Panggang selama 20 menit di atas suhu 180°C. Kematangan kue juga tergantung dengan oven masing-masing, ya. Lakukan tes tusuk untuk mengecek kematangan kue. Jika sudah tidak lengket, keluarkan dan matikan oven. 

Soesmaker isi abon ini rasanya bikin nostalgia dengan jajanan jadul tempo dulu. Cocok banget kalau dinikmati sambil ngopi atau ngeteh saat sore hari yang santai. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Kue Soesmaker, Kudapan Jadul Gurih yang Kian Langka

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya