Comscore Tracker

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothies

#RamadanMasaKini nikmat kesegaran buah kaya akan nutrisi

Untuk kamu yang bingung memilih takjil untuk berbuka puasa, membuat smoothies bisa jadi pilihan menarik lho. Selain untuk menghilangkan dahaga, kandungan dalam segelas smoothies juga pasti kaya akan nutrisi. Sehingga kebutuhan nutrisi harian kamu akan tetap terpenuhi setelah seharian berpuasa.

Berbeda dengan jus, smoothies merupakan minuman dari buah-buahan yang diblender dengan tambahan yogurt atau susu. Karena itulah smoothies bisa jadi pilihan minuman yang lezat, menyegarkan, serta menyehatkan. Bahkan cocok juga untuk kamu yang sedang diet.

Untuk kamu yang tertarik membuat smoothies, kamu bisa mulai dengan buah-buahan segar yang mudah ditemui berikut ini. Penasaran apa saja? Simak yuk daftar dibawah ini.

1. Nanas

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothieseatthismuch.com

Dengan perpaduan rasa manis dengan sedikit asam, buah ini sangat banyak khasiatnya bagi kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi buah nanas antara lain, kalsium dan mangan yang baik untuk kesehatan tulang, kandungan bromelain yang ada pada nanas juga bisa mencegah perut kembung. Selain itu, buah nanas juga bisa mencegah kanker karena terdapat zat antikarsinogenik di dalamnya.

Cita rasa asam manis dari buah nanas bisa kamu nikmati dalam segelas smoothies dengan bahan bahan berikut. Sediakan 1 buah nanas matang potong kecil-kecil, madu, plain yogurt, dan air secukupnya. Campurkan semua bahan tadi dan blender hingga halus. Setelah itu tuangkan dalam gelas. Tambahkan  irisan kecil buah nanas dan siap dinikmati.

2. Melon

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothiesdiet.st

Buah segar ini sering dijadikan sebagai bahan salad ataupun sop buah. Meski mempunyai rasa manis, melon tetap menjadi salah satu buah yang rendah kalori sehingga cocok juga untuk kamu yang sedang diet. Kandungan nutrisi yang ada pada melon juga sangat beragam. Contohnya vitamin A, vitamin C, dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Untuk membuat smoothies dari melon, kamu bisa sediakan 1/4 buah melon, yogurt, krimer, es batu, dan air secukupnya. Kupas buah melon dan potong menjadi ukuran kecil. Campur semua bahan tadi ke dalam blender. Blender sampai sampai halus. Setelah itu tuangkan ke dalam gelas. Untuk mempercantik tampilan smoothies, bisa kamu tambahkan dengan potongan kecil buah melon di atasnya.

3. Apel

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothiesreciperunner.com

Biasa dimakan langsung tanpa diolah, buah apel sangat cocok kamu konsumsi ketika sedang diet. Hal itu dikarenakan apel banyak mengandung serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin A serta antioksidan pada apel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan memperkuat sistem imun tubuh.

Cukup mudah untuk membuat smoothies dari buah apel. Kamu hanya perlu sediakan 1 buah apel merah, susu cair, dan es batu secukupnya. Pertama, cuci buah apel. Lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil. Campur buah apel dengan bahan lainnya dan masukkan ke dalam blender. Blender hingga tekstur menjadi halus. Lalu tuangkan ke dalam gelas. Beri irisan buah apel pada smoothies untuk mempercantik tampilan.

Baca Juga: 11 Smoothies Lezat Super Cute, Gak Tega Mau Minum!

4. Buah Naga

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothieshappy-mothering.com

Buah yang termasuk dalam keluarga kaktus ini ternyata mengandung banyak manfaat. Selain rendah kalori, buah ini juga mengandung antioksidan hytoalbumin yang bisa mencegah pembentukan zat karsinogenik penyebab kanker. Kandungan B3 pada buah naga juga cocok untuk dikonsumsi penderita asma.

Kenikmatan dari buah naga dalam segelas smoothies bisa kamu buat dengan cara berikut ini. Cukup sediakan 1/2 buah naga beku, yogurt plain, madu, dan air secukupnya. Setelah semua bahan siap, campurkan semua bahan tadi ke dalam blender. Blender hingga halus. Lalu tuangkan ke dalam gelas. Dan segelas smoothies buah naga yang kaya manfaat bisa kamu nikmati.

5. Mangga

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothiesfarafena.com

Mangga mengandung vitamin A dan C yang menghasilkan kolagen untuk memperlambat proses penuaan. Selain itu, kandungan mangiferin pada buah mangga bisa membantu meredakan peradangan pada kulit.

Kenikmatan buah mangga bisa kamu kreasikan menjadi smoothies dengan cara berikut ini. Sediakan 2 buah mangga, susu, es batu, dan air secukupunya. Pertama, kupas buah mangga dan buang bijinya. Lalu masukkan mangga ke dalam blender dan campur dengan bahan lainnya. Blender hingga dirasa cukup halus. Setelah itu tuangkan ke dalam gelas dan tambahkan potongan kecil buah mangga.

6. Pir

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothiesfoodandnutrition.org

Pir mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperlambat penuaan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori pada buah ini bisa melancarkan pencernaan dan tentunya cocok untuk kamu yang sedang diet.

Untuk membuat smoothies yang nikmat dengan bahan dasar buah pir, kamu cukup sediakan 1 buah pir, low fat milk, es batu, dan air secukupnya. Blender semua bahan tadi hingga tekstur dirasa cukup halus. Sajikan dalam gelas, dan nikmati kesegarannya. 

7. Stroberi

Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothiestheblondcook.com

Buah dengan tampilan menarik nan menggugah selera ini terkenal dengan perpaduan rasa asam dan manis. Vitamin C pada buah ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta menjadi antioksidan yang efektif untuk mencegah kanker. Selain itu, kandungan serat pada stroberi juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan menurunkan kadar lemak.

Untuk membuat smoothies stroberi yang nikmat, sediakan 10 buah stroberi, susu cair, gula, dan es batu secukupnya. Blender semua bahan tadi hingga dirasa cukup halus. Tuang ke dalam gelas. Dan terakhir, tambahkan irisan kecil buah stroberi untuk mempercantik tampilan smoothies kamu. 

Itulah tadi rekomendasi buah-buahan segar yang bisa kamu olah menjadi segelas smoothies yang nikmat. Selain rasanya yang lezat, nutrisi harianmu akan tetap terjamin ketika berpuasa. Jadi mau buka puasa dengan smoothies buah yang mana nih? Semoga tetap lancar puasanya!

Baca Juga: Selain Menyehatkan, 5 Smoothies Ini Akan Buat Kulitmu Awet Muda 

Yanuar Ramadhan Photo Community Writer Yanuar Ramadhan

Try to be a Good Man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You