Comscore Tracker

Resep Pisang Goreng ala Padang, Simpel dan Bikin Nagih!

Disantap dengan nasi ketan lebih mantap

Pisang goreng khas padang menjadi salah satu gorengan favorit banyak orang. Makanan yang satu ini sangat cocok disantap di pagi hari sebagai sarapan atau di saat kapan pun sebagai teman santai sambil ngopi. Sebagai pecinta pisang goreng, tentunya kamu sudah hapal dengan berbagai macam jenis pisang goreng dari berbagai daerah, dong? 

Pisang goreng khas padang memang cocok untuk menemani santap sarapanmu besok pagi. Mari kita intip resep membuat pisang goreng ala padang yang terkenal dengan keraknya yang krispi ini. Bumbunya sangat sederhana, tapi rasanya pasti bikin kamu ketagihan!

1. Bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan

Resep Pisang Goreng ala Padang, Simpel dan Bikin Nagih!Pisang kepok (instagram.com/rusmadewi07)

  • 1 sisir pisang kepok matang
  • 250gr tepung beras
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 1 bungkus kecil bubuk vanili
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kapur sirih
  • 1/2 sendok makan bawang putih halus
  • 1/2 sendok teh jahe halus
  • Air putih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng pisang

2. Buat adonan tepungnya

Resep Pisang Goreng ala Padang, Simpel dan Bikin Nagih!Tepung dalam toples (Pexels.com/Kaboompics .com)

Langkah pertama, ambil baskom atau mangkuk. Masukkan semua bahan kecuali pisang, minyak goreng dan air. Aduk-aduk menggunakan tangan atau sendok agar semua bahan tercampur. Selanjutnya, beri air sedikit demi sedikit. Aduk-aduk sampai tepung tidak ada lagi yang menggumpal.

Pastikan adonan tidak terlalu encer, namun juga tidak terlalu kental. Adonan yang terlalu encer tidak akan menempel pada pisang. Sementara, jika adonan terlalu kental, maka nanti keraknya tidak mengembang alias keras dan bantet. 

Baca Juga: 10 Camilan dari Pisang Paling Populer, Gak Cuma Pisang Goreng!

3. Panaskan minyak dan belah pisang

Resep Pisang Goreng ala Padang, Simpel dan Bikin Nagih!Belah pisang bentuk kipas (Instagram.com/lia_ungee)

Setelah adonan tepung selesai, untuk menghemat waktu memasak, panaskan minyak goreng. Pastikan minyak cukup untuk merendam pisang saat digoreng. Sementara menunggu minyak panas, kamu bisa menyiapkan pisangnya.

Kupas bersih kulit pisang. Kemudian, belah pisang jadi empat bagian dari pangkal kearah ujung, nanum jangan sampai putus. Selanjutnya, lebarkan pisang membentuk kipas. Lakukan hal yang sama sampai semua pisang habis. 

4. Celupkan pisang ke dalam adonan tepung, kemudian goreng

Resep Pisang Goreng ala Padang, Simpel dan Bikin Nagih!Menggoreng pisang (Instagram.com/daniaprilia93)

Setelah semua pisang selesai dibelah dan minyak sudah panas, ambil satu demi satu pisang. Kemudian, celupkan ke dalam adonan tepung. Cemplungkan pisang berlumur tepung basah ke dalam minyak panas. Pastikan api kompor tidak terlalu besar agar tidak cepat gosong. 

Untuk mendapatkan pisang goreng dengan kerak yang merekah dan krispi. Sebelum memasukkan pisang ke minyak panas, terlebih dahulu taburi secukupnya adonan tepung basah ke dalam minyak panas. Selanjutnya baru masukkan pisang berlumur tepung.

5. Goreng hingga matang dan tiriskan minyaknya

Resep Pisang Goreng ala Padang, Simpel dan Bikin Nagih!Pisang goreng padang (Instagram.com/dhee_fs)

Goreng pisang hingga sisi bagian bawahnya cukup keras, baru boleh balik pisang agar matang merata. Apabila kerak atau serundengnya sudah terlebih dahulu kering dan berwarna keemasan, boleh diangkat terlebih dahulu. Selanjutnya apabila dirasa pisang juga sudah matang, angkat dan tiriskan minyaknya.

Goreng semua pisang sampai habis. Apabila adonan tepung masih tersisa, bisa disimpan dalam kulkas untuk nanti digunakan kembali atau bisa digoreng begitu saja sebagai tambahan kerak atau serundeng. Pisang goreng hangat siap disajikan.

Pisang goreng ala Padang sangat cocok dijadikan sarapan pagi, apalagi ditemani nasi ketan dan parutan kelapa. Sekali coba, pasti bakal ketagihan, deh!

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Nanas ala Leeteuk Super Junior, Simpel Bikin Nagih

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya