Comscore Tracker

Resep Gethuk Lindri, Jajanan Pasar yang Manis dan Legit!

Tampilannya cantik meski tanpa cetakan!

Gethuk lindri adalah jajanan pasar dengan bahan utama dari singkong yang dihaluskan dan dibentuk berlapis-lapis, kemudian disantap dengan parutan kelapa. Gethuk lindri memiliki cita rasa yang legit dan manis. Untuk memberikan rasa yang manis, biasanya jajanan ini dicampur dengan gula merah atau gula pasir.

Tidak perlu cetakan, membuat gethuk lindri yang berlapis-lapis bisa memanfaatkan alat seadanya, kok. Bahan dan bumbunya pun sangat sederhana. Mari, simak resep gethuk lindri ini, jajanan pasar berbahan dasar singkong yang manis dan legit!

1. Bahan membuat gethuk lindri

Resep Gethuk Lindri, Jajanan Pasar yang Manis dan Legit!singkong yang sudah dikupas (instagram.com/patriscairby22)

  • 1kg singkong yang sudah dikupas kulitnya
  • 1 butir kelapa parut setengah tua
  • 12 sendok makan gula pasir (sesuai selera)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 bungkus kecil bubuk vanili
  • 2 sendok makan margarin

2. Kukus singkong sampai empuk

Resep Gethuk Lindri, Jajanan Pasar yang Manis dan Legit!mengukus singkong (instagram.com/blackapron.saladmaster)

Singkong yang sudah dibersihkan, kemudian dipotong-potong pendek agar cepat matang. Siapkan kukusan dan tunggu airnya mendidih. Kukus singkong kira-kira 20 menit lebih atau sampai singkong empuk.

Saran, gunakan singkong yang mudah empuk seperti singkong mentega. Jangan gunakan bagian pangkal singkong yang cenderung keras dan berserat. Pastikan singkong sudah benar-benar empuk, baru diangkat agar mudah dihaluskan.

Baca Juga: Resep Dadar Gulung, Jajanan Pasar yang Legit dan Manis

3. Haluskan singkong yang sudah dikukus

Resep Gethuk Lindri, Jajanan Pasar yang Manis dan Legit!menghaluskan singkong (instagram.com/nieagoestiono)

Langkah berikutnya, langsung haluskan singkong yang masih panas dengan menggunakan ulekan atau garpu. Sebelumnya tambahkan gula pasir, garam dan vanili. Haluskan singkong sampai lumat dan gula pasir menjadi larut dalam singkong.

Apabila singkong sudah lumat, tambahkan margarin. Lapisi tangan dengan sarung tangan plastik, kemudian aduk-aduk agar margarin menyatu dengan singkong. Uleni sebentar agar adonan semakin lumat dan kalis. 

4. Cetak adonan singkong

Resep Gethuk Lindri, Jajanan Pasar yang Manis dan Legit!gethuk lindri (instagram.com/alas_outbound_sidoarjo)

Berikutnya, siapkan matras atau plastik untuk menata adonan. Jika ingin membuat warna yang bervariasi, bagi-bagi adonan dan beri pewarna makanan sesuai selera. Selanjutnya pipihkan adonan, tapi jangan terlalu tipis agar tidak mudah robek saat diangkat. Rapikan bagian pinggir adonan dengan pisau hingga membentuk persegi panjang.

Selanjutnya tekan-tekan pisau pada adonan, membentuk garis-garis sejajar yang agak rapat. Potong adonan kira-kira satu telunjuk searah dengan garis-garis tadi dan timpakan pada potongan berikutnya. Potong kembali tumpukan potongan menjadi beberapa bagian, kali ini berlawanan dengan arah garisnya, ya. 

5. Sajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya

Resep Gethuk Lindri, Jajanan Pasar yang Manis dan Legit!Gethuk lindri (instagram.com/tulungagungtourism)

Setelah adonan gethuk selesai dipotong-potong, selanjutnya tinggal menyiapkan kelapa parut. Saran, gunakan kelapa yang masih setengah tua agar rasanya tidak terlalu keset di lidah. Jika ingin lebih awet, kukus kelapa sejenak agar tidak cepat basi.

Sajikan gethuk lindri dengan taburan kelapa parut di atasnya. Jika ingin lebih manis, bisa beri tambahan taburan gula pasir lagi di atasnya. Gethuk lindri siap dinikmati, menemani santai sore atau sarapanmu. 

Membuat gethuk lindri yang berlapis-lapis tidak melulu harus pakai cetakan khusus, bukan? Kamu bisa membuatnya jajanan pasar yang manis dan legit ini di rumah dengan peralatan seadanya. Pastinya rasa dan tampilannya tidak akan kalah dengan yang dijual di pasar.

Baca Juga: Resep Grontol Jagung, Jajanan Jadul yang Manis dan Ngangenin!

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya