Comscore Tracker

Resep Grontol Jagung, Jajanan Jadul yang Manis dan Ngangenin!

Penuh kenangan!

Grontol jagung adalah jajanan jadul yang mungkin dulu sering dibuat oleh nenek dan kerap kita jumpai di pasar tradisional. Hampir setiap daerah mungkin mempunyai jajanan ini, dengan nama yang berbeda-beda.Terbuat dari olahan jagung yang dikukus dan parutan kelapa, jajanan ini mudah sekali dibuat sendiri di rumah.

Olahan jagung yang penuh kenangan ini, saat ini sudah sulit ditemui. Apalagi jika nenek sudah tidak ada, tentu saja jajanan ini akan meninggalkan kesan tersendiri bagi kita. Kamu tetap bisa kok, membuat jajanan jadul yang manis dan ngangenin ini di rumah. Yuk, simak resep grontol jagung di bawah ini!

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Grontol Jagung, Jajanan Jadul yang Manis dan Ngangenin!Jagung manis (Instagram.com/ehmjasuke)
  • 3 bonggol jagung (pilih yang belum terlalu keras)
  • 1 keping kelapa (pilih yang tidak terlalu tua)
  • Sejumput garam
  • 6 sendok makan gula pasir (sesuai selera)

2. Pipil jagung, kemudian kukus sampai matang

Resep Grontol Jagung, Jajanan Jadul yang Manis dan Ngangenin!Mengukus jagung (Instagram.com/ummudhira)

Langkah pertama siapkan kukusan dan cuci bersih jagung. Kemudian pipil semua jagung dari bonggolnya. Jika ingin lebih cepat bisa disisir menggunakan pisau, namun lebih enak jika dipipil dengan tangan karena saat dikunyah nanti akan muncul sensasi meletus di dalam mulut.

Setelah jagung siap dan air kukusan sudah mendidih, masukkan jagung kedalam kukusan. Gunakan loyang atau wadah yang tahan panas agar tidak meleleh. Kukus jagung sampai matang, kurang lebih 15 menit. Namun, bila jagung agak keras, kamu bisa mengukusnya lebih lama lagi.

Baca Juga: Resep Kue Putri Mandi, Jajanan Pasar Jadul dan Ngangenin!

3. Parut kelapa dan kukus sebentar

Resep Grontol Jagung, Jajanan Jadul yang Manis dan Ngangenin!Kelapa parut (Instagram.com/dapurdesy)

Setelah jagung masuk ke dalam kukusan, selanjutnya parut kelapa. Usahakan kerik terlebih dahulu bagian luar kelapa yang berwarna cokelat agar tampilannya lebih bagus. Beri garam secukupnya, aduk-aduk sampai merata. Usahakan garam tidak terlalu berasa, ya.

Berikutnya, kukus kelapa parut sebentar, kira-kira 5–10 menit. Tujuannya agar kelapa tidak cepat basi. Namun, jika tidak suka rasa kelapa yang dikukus dan lebih suka yang fresh, kelapa parut sudah bisa langsung digunakan. 

4. Campurkan jagung dan kelapa parut

Resep Grontol Jagung, Jajanan Jadul yang Manis dan Ngangenin!Mencampur jagung dan kelapa (Instagram.com/hoki_kuliner)

Setelah jagung matang dan kelapa parut juga sudah dikukus sejenak. Angkat dan keluarkan kedua bahan dari kukusan. Diamkan sejenak dalam suhu ruang. Selanjutnya ambil mangkuk atau piring, campurkan jagung, kelapa parut, serta tambahkan gula pasir sesuai selera.

Jika tidak ada gula pasir, kamu juga bisa mengganti dengan gula merah yang dicairkan. Aduk-aduk perlahan agar semua bahan tercampur rata. Jangan lupa koreksi rasanya juga, ya. Grontol jagung siap disajikan.

5. Tips membuat grontol jagung yang lebih enak

Resep Grontol Jagung, Jajanan Jadul yang Manis dan Ngangenin!Grontol jagung (Instagram.com/ri3n.da)

Biasanya grontol jagung tidak hanya terbuat dari jagung muda, tetapi ada juga yang menggunakan jagung tua dan keras. Jagung tua ini biasanya dikukus cukup lama sampai merekah. Namun, jika ingin mendapatkan rasa yang lebih enak, disarankan menggunakan jagung manis atau jagung yang masih muda. Jagung muda rasanya lebih manis dan teksturnya lebih enak di mulut. 

Selain itu, penggunaan kelapa juga berpengaruh. Kelapa yang sudah tua cenderung rasanya lebih keset di lidah, serta kurang enak di tenggorokan. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan kelapa muda yang tempurungnya masih berwarna cream dan isinya belum terlalu keras. 

Grontol jagung saat ini memang sudah sangat jarang ditemui. Padahal pasti banyak banget yang kangen akan jajanan penuh kenangan ini. Yuk, buat sendiri jajanan jadul ini di rumah, untuk mengobati rasa kangenmu!

Baca Juga: Resep Sate Ongol-ongol, Jajanan Jadul yang Manis nan Gurih

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya