Comscore Tracker

VIDEO: Resep Roti Canai, Bikin Quality Time Keluarga Makin Hangat

Ditambah madu makin nikmat!

Banyak rumah makan dan kedai di Indonesia yang menjual roti canai. Roti yang identik dengan India ini berbentuk pipih, tapi tetap mengenyangkan.

Menemukan roti canai bisa dibilang gampang-gampang susah. Biasanya ada di kedai mie Aceh. Tapi tak semua kota memiliki banyak kedai mi Aceh. Kamu juga bisa menemukannya di kafe atau restoran tertentu.

Nah, daripada susah-susah mencari tempat makan yang menjual roti canai, mending kita membuatnya sendiri. Lebih hemat, lebih banyak pula. Kita juga bisa mengkreasinya sesuai selera.

1. Bahan membuat roti canai

VIDEO: Resep Roti Canai, Bikin Quality Time Keluarga Makin Hangatinstagram.com/kulinergresik

Sebelum mulai membuat roti canai, kamu perlu mengumpulkan dulu beberapa bahannya di bawah ini. Gak susah ditemukan kok!

  • 300 gram tepung terigu
  • 150 ml susu cair
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml minyak goreng
  • 1 butir telur
  • 40 gram mentega

Baca juga: VIDEO: Resep Chicken Alfredo Lasagna, Cocok untuk Bekal Ngantor

2. Langkah-langkah  membuat roti canai

VIDEO: Resep Roti Canai, Bikin Quality Time Keluarga Makin Hangatthehappyfoodie.co.uk

Sudah terkumpul semuanya? Yuk, ikutin langkah-langkah membuat roti canai di bawah ini!

  1. Siapkan wadah untuk mencampur adonan.
  2. Campurkan telur, susu cair, dan 50 ml minyak goreng ke dalam wadah tersebut. Aduk hingga merata.
  3. Masukkan adonan pada mixer dan tambahkan tepung terigu. Campur hingga tekstur adonan menjadi kental.
  4. Tambahkan gula pasir dan garam. Gunakan mixer untuk mencampurnya hingga merata.
  5. Gunakan tangan untuk menguleni adonan dan bagilah menjadi beberapa bagian.
  6. Bentuk adonan tadi menjadi bulat dan masukkan dalam suatu wadah.
  7. Masukkan minyak goreng ke wadah berisi adonan tersebut dan diamkan selama satu jam.
  8. Setelah satu jam berlalu, ambil masing-masing adonan dan gunakan rolling pin  untuk menipiskannya.
  9. Oleskan sedikit mentega pada adonan yang ditipiskan, gulung kecil-kecil.
  10. Lakukan langkah nomor 8 dan 9 lagi pada semua adonan.
  11. Kalau sudah, gunakan rolling pin kembali untuk melebarkan adonan.
  12. Masak adonan di atas wajan tanpa minyak hingga kecokelatan.
  13. Roti canai siap dinikmati! Lebih nikmat lagi kalau ditambah gula, madu, susu, atau saus kari.

3. Masih susah membayangkan gimana cara membuatnya? Simak video ini, yuk!

Gimana, gampang kan bikinnya? Bisa dinikmati bareng keluarga dan sahabat nih, sambil nonton film kesayangan di rumah.

Baca Juga: Cara Membuat Bumbu Sate Kacang ala Yummy yang Sedap dan Gurih

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You