Comscore Tracker

Resep Klapertart Buko Pandan, Makanan Penutup Kreasi Terbaru!

Perpaduan yang unik

Klapertart adalah dessert khas Manado warisan Belanda. Bahan dasarnya berupa kelapa, susu, telur, margarin, dan tepung terigu. Sementara, buko pandan adalah makanan manis asal Filipina yang berbahan dasar agar-agar, kelapa, air kelapa, susu, dan pasta pandan. Kedua dessert yang sama-sama memanfaatkan kelapa ini bukan tidak mungkin dipadukan menjadi kreasi dessert  yang baru, yakni klapertart buko pandan.

Penasaran seperti apa rasanya jika klapertart dan buko pandan dipadukan? Langsung saja coba resep kedua dessert yang sama-sama memanfaatkan kelapa ini!

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Resep Klapertart Buko Pandan, Makanan Penutup Kreasi Terbaru!ilustrasi buah kelapa (pexels.com/Pixabay)

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat klapertart buko pandan:

  • 40 gr maizena
  • 10 gr tepung terigu
  • 125 ml susu cair
  • 150 gr susu kental manis putih
  • 3 kuning telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt pasta pandan
  • 450 ml air kelapa
  • 45 gr margarin
  • 2 putih telur
  • 30 gr gula halus
  • Daging kelapa muda
  • Sagu mutiara
  • Agar-agar hijau
  • Keju parut

2. Buat vla 

Resep Klapertart Buko Pandan, Makanan Penutup Kreasi Terbaru!ilustrasi vla (youtube.com/dapurumi)

Siapkan wadah, kemudian masukkan 150 gr kental manis putih, 3 kuning telur, 40 gr maizena, 10 gr tepung terigu, 1/2 sdt vanili bubuk, dan 125 ml susu cair. Aduk hingga semuanya tercampur dan tidak ada gumpalan. Setelah itu tambahkan 1 sdt pasta pandan, lalu aduk kembali. 

Selanjutnya, panaskan 450 ml air kelapa dengan api sedang. Sebelum mendidih, masukkan campuran bahan vla yang telah dibuat. Jangan berhenti aduk hingga mengental dan meletup-letup. Tambahkan 45 gr margarin, lalu aduk kembali sampai tercampur. Kemudian, matikan kompor.

Baca Juga: Resep Buko Pandan Khas Filipina, Segarnya Bisa Bikin Semangat

3. Campur vla dengan isian, lalu masukkan ke dalam cup

Resep Klapertart Buko Pandan, Makanan Penutup Kreasi Terbaru!ilustrasi meratakan isian dan vla di dalam cup (youtube.com/dapurumi)

Masukkan vla ke dalam sebuah wadah. Lalu tambahkan daging kelapa muda, sagu mutiara yang telah direbus, dan agar-agar hijau yang telah dipotong dadu. Kamu bisa sesuaikan sendiri takaran isiannya. Setelah itu, aduk sampai merata. 

Selanjutnya, masukkan buko pandan ke dalam cup aluminium foil, jangan sampai penuh. Lalu ratakan bagian atasnya sambil sedikit ditekan.

4. Buat meringue, lalu oleskan di bagian atas buko pandan

Resep Klapertart Buko Pandan, Makanan Penutup Kreasi Terbaru!ilustrasi setelah meringue dioleskan (youtube.com/dapurumi)

Selanjutnya, masukkan 2 putih telur ke dalam wadah, lalu kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai terlihat berbusa. Kemudian, masukkan 30 gr gula halus secara bertahap sambil dikocok dengan mixer kecepatan tinggi. Kalau teksturnya sudah seperti cream dan menimbulkan jejak, kamu bisa matikan mixer

Ambil meringue secukupnya, lalu oleskan di bagian atas buko pandan. Ratakan hingga permukaannya benar-benar halus.

5. Panggang, kemudian siap dinikmati

Resep Klapertart Buko Pandan, Makanan Penutup Kreasi Terbaru!ilustrasi klapertart buko pandan (youtube.com/dapurumi)

Beri sedikit air panas pada loyang oven kurang lebih setinggi 1 cm. Setelah itu, letakkan cup di loyang tersebut. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 15 menit pada suhu 170-180 derajat celcius.

Setelah 15 menit, keluarkan dari oven, lalu beri parutan keju di atasnya. Panggang kembali selama 10-15 menit atau hingga permukaannya terlihat kecokelatan. Setelah itu, keluarkan dari oven. Sisihkan sebentar hingga dingin. Akhirnya, klapertart buko pandan siap untuk dinikmati.

Itulah resep klapertart buko pandan yang bisa kamu buat dengan mudah. Dijamin keluarga pasti suka dengan kreasi buko pandan yang satu ini. Kamu pun bisa membuatnya menjadi ladang bisnis yang menguntungkan, lho!

Baca Juga: Resep Puding Buko Pandan, Kreasi Dessert yang Cantik dan Harum 

EL Photo Verified Writer EL

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya