Resep Mango Cheese Mousse Cake, Dessert dengan Cita Rasa Kaya

Lembut di mulut dengan rasa manis, gurih, dan segar

Mangga adalah buah yang punya beragam manfaat untuk tubuh. Buah mangga juga bisa diolah menjadi dessert yang unik, seperti mango cheese mousse cake.

Memadukan antara mousse dan cheese cake yang diberi campuran buah mangga, menciptakan rasa manis, gurih, dan segar yang bisa kamu dapatkan kala mencicipi dessert satu ini. Tertarik untuk membuatnya? Langsung saja simak resep mango cheese mousse cake di bawah ini, yuk!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Mango Cheese Mousse Cake, Dessert dengan Cita Rasa Kayailustrasi mangga (pixabay.com/luhaifeng279)

Bahan-bahan sponge cake:

  • 2 butir telur
  • 15 gram minyak sayur
  • 20 gram susu
  • 60 gram tepung terigu
  • 60 gram gula halus
  • 2 ml air perasan lemon
  • 2 ml ekstrak vanila

Bahan-bahan mango puree:

  • 1 buah mangga
  • 15 gram gula halus
  • 10 ml air perasan lemon

Bahan-bahan mousse:

  • 250 gram whip cream
  • 25 gram gula halus
  • 125 gram cream cheese
  • 8 gram gelatin lembaran
  • 75 ml susu panas
  • 40 ml air panas

2. Buat sponge cake, lalu panggang sampai matang

Resep Mango Cheese Mousse Cake, Dessert dengan Cita Rasa Kayailustrasi sponge cake (youtube.com/La Passion Sucrée)

Ambil 2 butir telur, lalu pisahkan bagian kuning dan putihnya. Masukkan 2 putih telur dan 2 ml air perasan lemon ke dalam wadah besar. Kemudian mixer sampai berbusa dan berwarna putih. Jangan lupa tambahkan 60 gram gula halus secara bertahap sambil di mixer. Setelah itu, masukkan 2 kuning telur, 2 ml ekstrak vanila, 15 gram minyak sayur, 20 gram susu, dan 60 gram tepung terigu ke dalam campuran putih telur. Sebaiknya ayak tepung terigu terlebih dahulu agar tidak ada gumpalan, lalu aduk kembali sampai adonannya rata. 

Selanjutnya siapkan loyang yang sudah diberi baking paper, lalu masukkan adonan sponge cake ke dalamnya. Panggang di dalam oven selama kurang lebih 45 menit dengan suhu 140 derajat celcius. Setelah matang, keluarkan segera dari oven dan lepaskan dari baking paper. Dinginkan sejenak sebelum dibelah menjadi dua bagian.

Baca Juga: Resep Mudah Mango Misu, Inovasi Dessert dari Mangga

3. Buat mango puree sebagai topping

Resep Mango Cheese Mousse Cake, Dessert dengan Cita Rasa Kayailustrasi mango puree (youtube.com/La Passion Sucrée)

Siapkan 1 buah mangga, kemudian ambil dagingnya menggunakan fruit ball scoop sebanyak empat sendok. Sedangkan untuk sisanya, blender sampai mangga benar-benar halus. Masukkan mangga yang telah dihaluskan ke dalam panci, lalu tambahkan 10 ml air perasan lemon dan 15 gram gula halus.

Masak mango puree dengan api sedang selama 8 menit. Jangan berhenti diaduk sampai selesai. Setelah itu sisihkan hingga dingin.

4. Buat mousse sebagai filling

Resep Mango Cheese Mousse Cake, Dessert dengan Cita Rasa Kayailustrasi mousse (youtube.com/La Passion Sucrée)

Untuk membuat mousse, masukkan 125 gram cream cheese, 250 gram whip cream, dan 25 gram gula halus ke dalam sebuah wadah. Selanjutnya mixer sampai berbusa dan meninggalkan jejak.

Kemudian masukkan 6,5 gram gelatin lembaran ke dalam 75 ml susu panas, aduk hingga gelatinnya meleleh. Setelah itu, masukkan 3/4 mango puree beserta campuran gelatin dan susu ke dalam mousse. Aduk perlahan menggunakan spatula.

5. Susun tiap lapisan, lalu masukkan ke kulkas sebelum dinikmati

Resep Mango Cheese Mousse Cake, Dessert dengan Cita Rasa Kayailustrasi mango cheese mousse cake (youtube.com/La Passion Sucrée)

Cetakan yang akan digunakan berbentuk persegi. Masukkan satu lapis sponge cake di permukaan bawah cetakan, tambahkan 1/3 adonan mousse di bagian atasnya, lalu ratakan dengan spatula. Kemudian tambahkan lagi 1/3 adonan mousse, ratakan kembali. Selanjutnya tutup dengan plastic wrap, lalu masukkan ke dalam freezer selama setengah jam. Setelah mengeras, masukkan lagi satu lapis sponge cake dan sisa adonan mousse di bagian atasnya. Masukkan kembali ke dalam freezer.

Selanjutnya masukkan 1,5 gram gelatin lembaran dan sisa mango puree ke dalam 40 ml air panas, lalu aduk sampai gelatinnya meleleh. Setelah dingin, tuang di permukaan atas cake sebagai topping. Dinginkan di chiller kulkas selama 3 jam agar teksturnya padat. Terakhir hias menggunakan mangga yang telah diambil sebelumnya. Mango cheese mousse cake siap disajikan.

Ternyata cara pembuatan mango cheese mousse cake di atas tidak begitu sulit. Yuk, buat kreasi dessert dengan buah mangga ini. Kamu bisa sajikan untuk tamu atau nikmati bersama keluarga, lho!

Baca Juga: Resep Oreo Cheese Cake, Enak dan Bikin Ngiler! 

Lia Kim Photo Verified Writer Lia Kim

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya