Comscore Tracker

Resep Cold Tronchetto, Dessert Khas Italia yang Enak Banget!

Sensasi dinginnya menambah kenikmatan

Tronchetto Freddo Ciliegino atau lebih sering disebut Tronchetto ialah sebuah hidangan penutup khas Italia. Bahan-bahan yang terbilang sedikit dan cara pembuatan yang mudah tidak akan membuat rasanya mengecewakan.

Saat ini, Tronchetto sudah punya banyak varian, seperti Cold Tronchetto. Sensasi dingin di mulut membuat dessert ini semakin nikmat disantap.

Mau tahu apa saja bahannya dan bagaimana cara pembuatannya? Simak di bawah ini ya!

1. Sediakan bahan-bahan

Resep Cold Tronchetto, Dessert Khas Italia yang Enak Banget!ilustrasi bahan-bahan (youtube.com/Ricette dolci)

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 70 gr biskuit lady finger
  • 50 ml susu
  • 400 ml whipping cream
  • 150 gr yogurt ceri
  • 300 gr ceri

2. Tutupi pinggiran loyang dengan biskuit

Resep Cold Tronchetto, Dessert Khas Italia yang Enak Banget!proses menyusun biskuit ke pinggiran loyang (youtube.com/Ricette dolci)

Tutupi seluruh permukaan loyang dengan plastik wrap. Celupkan biskuit lady finger ke dalam susu. Kemudian, susun biskuit hingga menutupi seluruh pinggiran loyang.

Baca Juga: 6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! 

3. Buat cream isiannya

Resep Cold Tronchetto, Dessert Khas Italia yang Enak Banget!ilustrasi cream isian (youtube.com/Ricette dolci)

Masukkan whipping cream cair ke sebuah wadah. Mix dengan menggunakan mixer hingga mengental. Tambahkan yogurt ceri, lalu mix kembali hingga cream berjejak.

4. Tutupi cream dengan biskuit

Resep Cold Tronchetto, Dessert Khas Italia yang Enak Banget!proses menutupi cream dengan biskuit (youtube.com/Ricette dolci)

Masukkan cream ke dalam loyang yang telah disusun biskuit. Jika setengah loyang sudah tertutupi cream, kemudian taburkan potongan ceri di atasnya. Lalu tutupi kembali dengan cream hingga loyangnya penuh.

Tutupi bagian atas cream dengan biskuit yang telah dicelup ke dalam susu. Setelah itu, tutupi dengan plastik yang menempel di loyang. Masukkan ke dalam freezer selama 30-40 menit.

5. Hias dengan potongan cherry, lalu sajikan

Resep Cold Tronchetto, Dessert Khas Italia yang Enak Banget!cold tronchetto yang siap disajikan (youtube.com/Ricette dolci)

Siapkan piring, kemudian keluarkan dari loyang secara terbalik. Hiasi dengan potongan ceri hingga menutupi permukaan atasnya. Cold tronchetto siap disajikan.

Buat kamu yang punya bisnis kuliner atau pun baru ingin memulai, dessert ini cocok jadi salah satu menunya, lho. Karena hidangan penutup ini masih jarang ditemui di Indonesia, pasti konsumen penasaran dengan cita rasanya. Yuk coba resepnya!

Baca Juga: 5 Ragam Vacherin untuk Referensi Dessert Kaya Rasa dan Bikin Segar!

Lia Ardana Photo Verified Writer Lia Ardana

Belajar produktif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya