Comscore Tracker

Resep Daging Kambing Bakar ala Cairo, Sajian Idul Adha, nih!

Empuk di dalam, crunchy di luar!

Umumnya, daging kambing yang hendak disajikan menjelang Idul Adha kerap dimasak gulai kambing, tongseng kambing, hingga sate kambing. Jika kamu bosan dengan olahan daging kambing yang itu melulu, sepertinya kamu harus mencoba resep daging kambing bakar ala Cairo. 

Daging kambing bakar ala Cairo ini begitu istimewa. Sebab, olesan bumbunya siap menggoyang lidah siapa saja yang menyantap. Cocok disantap bersama keluarga, berikut resep daging kambing bakar ala Cairo.

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Daging Kambing Bakar ala Cairo, Sajian Idul Adha, nih!ilustrasi daging kambing (unsplash.com/alireza nikzad)

Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kambing bakar ala Cairo.

Bahan-bahan:

  • 500 gr paha kambing
  • 750 ml air
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm kecap manis
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe (haluskan)
  • 1 sdt garam

2. Marinasi daging kambing

Resep Daging Kambing Bakar ala Cairo, Sajian Idul Adha, nih!ilustrasi proses marinasi daging kambing (youtube.com/Yuda Bustara)

Pertama-tama, buat bumbu marinasi dengan memasukkan bawang putih, merica bubuk, garam, ketumbar, jahe, mentega, dan kecap manis ke dalam blender. Untuk takaran bahan-bahannya bisa dilihat pada poin pertama, ya. Tambahkan sedikit air agar bahan-bahannya lebih mudah halus. Setelah itu, blender hingga bumbu marinasinya benar-benar halus. 

Selanjutnya masukkan daging kambing ke dalam panci. Agar bumbu marinasi lebih menyerap, kamu bisa tusuk-tusuk dagingnya menggunakan garpu. Kemudian tuang bumbu marinasi di permukaan daging. Jangan lupa ratakan ke seluruh permukaan daging menggunakan tangan yang bersih. Setelah itu, diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.

3. Ungkep hingga empuk

Resep Daging Kambing Bakar ala Cairo, Sajian Idul Adha, nih!ilustrasi daging kambing setelah diungkep (youtube.com/Yuda Bustara)

Setelah dimarinasi, tambahkan 750 ml air atau hampir menutupi seluruh permukaan daging kambing di dalam panci. Lalu tutup pancinya. Nyalakan kompor lalu ungkep selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga daging kambing menjadi empuk. 

Daging kambing terkenal alot jika tidak diproses dengan baik. Maka dari itu, pastikan daging empuk diungkep sampai matang dan empuk, ya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Rabeg, Olahan Daging Kambing Tanpa Santan Khas Banten

4. Bakar daging kambingnya

Resep Daging Kambing Bakar ala Cairo, Sajian Idul Adha, nih!ilustrasi daging kambing yang siap dibakar (youtube.com/Yuda Bustara)

Setelah diungkep dan dagingnya benar-benar empuk, sisihkan daging kambing terlebih dahulu. Sedangkan kuahnya tetap dimasak hingga mengental. Kuahnya akan digunakan sebagai olesan daging kambing sebelum dibakar. 

Kemudian oleskan kuahnya ke seluruh permukaan daging. Kamu bisa oleskan berulang kali agar nanti bumbunya lebih terasa. Setelah itu kamu bisa mulai membakar daging kambingnya. Gunakan air fryer, teflon, ataupun pembakaran pada umumnya.

5. Siap disajikan

Resep Daging Kambing Bakar ala Cairo, Sajian Idul Adha, nih!ilustrasi kambing bakar (youtube.com/Yuda Bustara)

Kalau bagian luarnya sudah crunchy dan caramelized, maka kambing bakarnya sudah siap. Bagian dalamnya yang empuk dan luarnya yang crunchy membuat siapa saja yang menyantapnya jadi ketagihan. Sajikan bersama acar timun dan sambal kecap agar terasa lebih nikmat. 

Ketika persediaan daging kambing sedang banyak, resep daging kambing bakar ala Cairo di atas cocok untuk kamu praktikan, nih. Sajian Idul Adha akan semakin berwarna dengan menu baru.

Baca Juga: Resep Tongseng Daging Kambing, Olahan Masakan ala Idul Adha

EL Photo Verified Writer EL

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya