Comscore Tracker

Resep Kroket Singkong yang Lumer dan Gurih, Gak Bisa Berhenti Nyunyah!

Wajib nyobain, deh!

Kamu tentu tidak asing dengan jajanan bernama kroket. Di Indonesia, kroket identik dengan cemilan berbahan kentang yang ditumbuk dan diisi berbagai isian kemudian digoreng. Seiring berkembangnya zaman, kini telah banyak jenis kroket yang kita jumpai di pasaran, dari yang berisi keju lumer hingga isian coklat.

Gak cuma memanfaatkan kentang, kini juga banyak yang mengkreasikan kroket dengan bahan lain seperti ubi jalar, talas, dan juga singkong. Gak kalah enak, berikut adalah resep kroket singkong yang lumer dan gurih. Let's check this out!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kroket Singkong yang Lumer dan Gurih, Gak Bisa Berhenti Nyunyah!blog.amigofoods.com

Bahan kulit:

  • 180 gram singkong kukus, dihaluskan
  • 1 sdt susu bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1 sdt margarin

Bahan isian:

  • 50 gram keju quick melt

Bahan pelapis:

  • 1 butir putih telur
  • 50 gram tepung panir
  • 500 ml minyak goreng (untuk menggoreng)

Baca Juga: Resep Piza Singkong yang Gurih dan Nikmat, Kelezatannya Bikin Nagih!

2. Buat adonan kulit

Resep Kroket Singkong yang Lumer dan Gurih, Gak Bisa Berhenti Nyunyah!thespruceeats.com

Campur singkong kukus yang telah dihaluskan dengan susu bubuk, garam, lada bubuk, pala bubuk, dan margarin. Aduk semua bahan tersebut dan uleni hingga merata. Setelah tercampur rata, bagi adonan tersebut menjadi 6 bagian.

3. Isi adonan dengan keju

Resep Kroket Singkong yang Lumer dan Gurih, Gak Bisa Berhenti Nyunyah!elephantasticvegan.com

Setelah adonan dibagi dalam beberapa bagian, potong keju quick melt dengan ukuran sama besar. Pipihkan adonan kulit dan letakkan potongan keju di tengah-tengah. Tutup potongan keju tadi dan bentuk oval adonan. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan kroket habis.

4. Balur adonan kroket sebelum digoreng

Resep Kroket Singkong yang Lumer dan Gurih, Gak Bisa Berhenti Nyunyah!realfood.tesco.com

Setelah semua bahan telah dibentuk sempurna, balur adonan dengan bahan pelapis. Pertama-tama, gulingkan adonan di tepung panir. Kemudian, masukkan adonan ke putih telur yang telah dikocok.

Setelah semua bagian adonan tercelup putih telur, gulingkan lagi adonan tersebut di tepung panir. Agar bahan pelapis merekat dengan sempurna, simpan dulu adonan kroket yang telah dicelup bahan pelapis tadi di dalam freezer.

5. Goreng adonan dan sajikan

Resep Kroket Singkong yang Lumer dan Gurih, Gak Bisa Berhenti Nyunyah!thespruceeats.com

Terakhir, pindahkan adonan dari freezer dan panaskan wajan yang telah diisi minyak. Setelah wajan panas, celupkan adonan satu per satu hingga habis. Jangan terlalu sering dibolak-balik agar kroket tidak terlalu menyerap minyak.

Jika kroket telah berwarna kuning kecoklatan, angkat dan sajikan. Agar lebih menggugah selera, kamu bisa menyajikannya bersama saus sambal ataupun tomat.

 

Nah, itulah resep kroket singkong yang lumer dan gurih. Wajib dicoba, kamu dijamin gak berhenti ngunyah setelah mencicipi kelezatannnya. Yuk, praktikkan resepnya untuk camilan santai bersama keluarga tercinta!

Baca Juga: Resep Kroket Kentang Isi Ayam yang Rasanya Asin Gurih, Enak Banget!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya