Comscore Tracker

5 Manfaat Sehat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Jangan Kaget! 

Banyak dijual di swalayan besar, lho

Apel, jeruk, pisang, semangka, mangga, stroberi, melon, itu adalah beberapa buah yang umum dikonsumsi sehari-hari. Namun, pernahkah kamu makan buah kesemek atau dikenal dengan Oriental persimmon?

Menurut data FoodData Central dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 168 gram kesemek mengandung: 118 kalori, 0,3 gram lemak, 1,7 mg sodium, 31 gram karbohidrat, 6 gram serat, 21 gram gula, dan 1 gram protein.  

Sering kali ditemukan di swalayan, sayangnya buah yang satu ini jarang dilirik. Padahal, buah ini tak kalah menyehatkan, lho, bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Mencegah kanker 

5 Manfaat Sehat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Jangan Kaget! unsplash.com/mani arab

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali di dalam tubuh manusia. Kanker dapat menyerang siapa pun, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, pola hidup sehat sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesemek karena buah ini mengandung antioksidan.

Menurut sebuah laporan dalam World Journal of Gastroenterology tahun 2017, buah-buahan berwarna oranye dan kuning, termasuk kesemek, telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada perempuan.

Selain itu, kandungan beta-karoten dalam kesemek juga diyakini dapat mengontrol pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Buah kesemek juga merupakan sumber serat yang baik, yang mana ini penting untuk mendukung pencernaan yang baik dan pembuangan racun dari tubuh secara teratur.

2. Menjaga kesehatan mata 

5 Manfaat Sehat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Jangan Kaget! unsplash.com/Kalea Jarielle

Menjaga kesehatan mata sangat penting, apalagi di masa sekarang yang sering kali memaksa kita harus memandangi layar komputer dan smartphone selama berjam-jam.

Nah, melansir Verywell Fit, kandungan lutein dan zeaksantin, yaitu dua bentuk beta-karoten yang terakumulasi di retina, bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi matamu dari kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula.

Selain itu, kandungan vitamin C dan E dalam kesemek juga dapat melindungi tubuhmu dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Luar Biasa Khasiatnya, 6 Buah dan Sayur yang Mirip Organ Tubuh

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

5 Manfaat Sehat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Jangan Kaget! Buah kesemek yang sudah dikeringkan. pixabay.com/ally j

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Penyebabnya beragam, mulai dari pola hidup yang tidak sehat, faktor keturunan, kolesterol yang tak terkontrol, dan sebagainya.

Untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung di kemudian hari, kamu bisa mulai mengonsumsi buah kesemek.

Menurut laporan dalam International Journal of Epidemiology tahun 2017, buah dan sayuran memegang peran penting dalam mendukung kesehatan jantung. Dikatakan bahwa 10 porsi buah dan sayuran per hari dapat menekan risiko penyakit jantung sebanyak 28 persen dan risiko kematian dini sebesar 31 persen.

Selain itu, kandungan potasium dalam buah kesemek dapat menurunkan tekanan darah, sementara kandungan folat dan vitamin C dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

5 Manfaat Sehat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Jangan Kaget! unsplash.com/Dwi Agus Prasetiyo

Kekebalan tubuh harus senantiasa dijaga setiap hari agar kita terlindungi dari berbagai penyakit. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya, tentu saja buah kesemek!

Melansir Health Benefit Times, kesemek membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C. Buah kesemek menyediakan 80 persen dari kebutuhan harian vitamin C per hari, yang mana itu dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih.

5. Menurunkan kadar gula darah 

5 Manfaat Sehat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Jangan Kaget! unsplash.com/Kate

Melansir Healthline, buah kesemek mengandung serat yang penting kesehatan pencernaan sekaligus dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan kaya serat larut seperti kesemek memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Ini tentunya dapat mencegah lonjakan gula darah.

Menurut sebuah studi yang meneliti 117 orang dengan diabetes dan diterbitkan dalam jurnal Experimental and Therapeutic Medicine tahun 2016, peningkatan konsumsi serat larut menyebabkan perbaikan kadar gula darah yang signifikan.

Selain itu, menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients tahun 2017, serat dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di usus, yang mana ini akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan.

Nah, itu dia lima manfaat sehat buah kesemek bagi kesehatan. Lain kali, kalau kamu melihatnya di pasar maupun di swalayan, jangan cuma dilirik saja, ya! Pasalnya, konsumsinya secara rutin dan dalam porsi wajar dapat menyehatkan dan mencegah penyakit.

Baca Juga: 5 Fakta Sehat Buah Mangga: Nutrisi, Manfaat, dan Profil Alerginya 

06 Rico Deandra Pratignyo Photo Writer 06 Rico Deandra Pratignyo

Sang jendela dunia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya