Comscore Tracker

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akar

Meski pahit tapi memiliki banyak manfaat

Seperti yang kita ketahui bahwa buah maja memiliki rasa yang sangat pahit. Kitapun tau bahwa nama buah ini juga dipakai oleh kerajaan Majapahit. Oleh karena rasanya yang pahit, mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa ternyata buah ini punya banyak manfaat bagi kesehatan lho. Bahkan manfaatnya terdapat pada semua bagian dari pohon buah ini mulai dari daun, batang, buah, hingga akarnya sekalipun. Wih, hebat banget yah!.

Kira-kira manfaat seperti apa yang dimiliki oleh pohon maja ini? Berikut adalah daftar tujuh manfaat pohon maja bagi kesehatan!

1. Mengobati diare dan disentri

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akarinstagram.com/nurulfazlifairuzfarish

Ternyata buah pohon maja sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diare dan disentri lho. Buah yang dipakai untuk dijadikan obat adalah buah maja yang sudah kering dan tidak memiliki biji, kemudian dihaluskan dan diminum dua kali sehari. Ingat, takarannya adalah satu sendok bubuk buah maja halus dicampurkan dengan air segelas, dijamin deh diare dan disentrispun hilang.

2. Untuk mengobati darah tinggi

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akarinstagram.com/exclusivebyadiracollection

Selain buah dari pohon maja ternyata bagian daun dari pohon ini juga bermanfaat sebagai pengobatan darah tinggi juga lho. Cara mengolahnya pun sangat mudah, cukup ambik beberapa lembar daun maja kemudian hancurkan dan campurkan dengan madu kemudian buat sebagai jus untuk dimunum setiap pagi. Simple banget kan?

3. Mengatasi rasa mual dan muntah yang berlebihan selama masa kehamilan

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akarunsplash.com/Suhyeon Choi

Untuk ibu hamil, buah maja memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi rasa mual dan muntah yang berlebihan selama masa kehamilan lho. Cukup dengan memakan satu sendok teh daging buah maja yang masih mentah dan segar setiap hari maka akan mengurangi rasa mual dan muntah yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Efek Samping Makan Buah Semangka Berlebihan, Salah Satunya Diare

4. Sebagai obat untuk mempercepat pemulihan luka dalam maupun luar

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akarunsplash.com/Sharon McCutcheon

Ramuan yang paling sederhana untuk mengobati luka dalam maupun luar seperti infeksi usus, luka lambung dan penyakit lever. Cara meramu obat herbal yang telah dipakai turun temurun ini adalah dengan satu buah maja segar, ditambah daun dan akar dengan takaran yang sama. Kemudian cuci dan buatlah menjadi jus dan tambahkan dua sendok teh madu.

5. Mengobati sakit asma

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akarinstagram.com/obatherbalpromo

Daun pohon maja ternyata juga bermanfaat dalam mengobati penyakit asma lho. Daun yang dipakai haruslah daun yang sudah kering, kemudian ambilah 5 gram daun maja kering dan campurkan dengan 1 sendok teh madu dan minum dalam jangka waktu dua kali sehari. Gampang kan?

6. Mengobati anemia

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akarunsplash.com/LuAnn Hunt

Buah maja yang sudah kering juga ternyata bisa mengobati penyakit anemia. Cukup ambil buah maja yang sudah kering kemudian campurkan dengan segelas susu sapi dan minum secara teratur yaitu sebanyak dua kali sehari.

7. Meningkatkan konsentrasi

7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akarunsplash.com/Olav Ahrens Røtne

Khasiat lain dari bagian buah pohon maja ternyata bisa dikonsumsi untuk meningkatkan konsentrasi. Buah maja yang dipakai adalah buah maja yang sudah matang kemudian dicampurkan dengan mentega tawar dan gula pasir, dan kemudian dikonsumsi sekali sehari.

Seluruh bagian dari pohon maja ini ternyata sudah dijadikan sebagi olahan ramuan tradisional sejak ribuan tahun di India lho. Semoga artikel ini bermanfaat ya!.

Baca Juga: 5 Khasiat Buah Mundu, Si Bulat Kaya Manfaat yang Kini Terlupakan

Abdi Maunino Photo Community Writer Abdi Maunino

Menulis dan membaca adalah cara terbaik untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda. - fb: Abdi Mauninho - ig: @abdimauninho - Youtube: TMore Pictures

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You