Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Pagi agar Gak Bad Mood

Baru bangun mood sudah rusak? Mungkin kamu melakukan hal ini

Pagi merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan segala macam rencana yang akan dilakukan pada hari itu. Sehingga dibutuhkan mood yang baik untuk memulainya.

Mengawali hari dengan mood yang buruk bukan saja akan mempengaruhi emosi dan fokusmu saja, tapi juga akan berdampak pada tingkat produktivitasmu di sepanjang hari.

Tapi tahukah kamu, bahwa ada kegiatan-kegiatan yang mesti kamu hindari saat pagi hari agar moodmu tetap stabil. Apa saja kegiatan tersebut? Simak di bawah ini:

1. Langsung melakukan olahraga

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Pagi agar Gak Bad MoodSteve Buissinne from Pixabay

Saat baru bangun tidur, hindari untuk langsung buru-buru olahraga. Berikanlah waktu sejenak untuk tubuhmu rileks terlebih dahulu. Kamu bisa "ngulet-ngulet" di kasur atau sekadar mengambil nafas.

Setelah tubuh terasa rileks, barulah Anda mulai untuk berolahraga ringan seperti yoga, pilates, push up, dan sebagainya. Cukup dengan aktivitas ringan saja sudah cukup untuk meningkatkan mood dan juga energimu.

2. Memeriksa ponsel

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Pagi agar Gak Bad MoodStockSnap from Pixabay

Sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang ketika bangun tidur langsung bermain dengan ponsel. Entah untuk memeriksa pesan masuk, notifikasi, cek email, dan sebagainya.

Tapi tahukah kamu kalau kegiatan tersebut justru dapat merusak moodmu, loh. Ketika kamu memeriksa ponsel, kamu akan melihat berbagai macam pekerjaan yang justru membuatmu kepikiran.

Baca Juga: Lebih Disiplin, Ini 5 Tips Jitu agar Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarm

3. Bangun dengan terburu-buru

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Pagi agar Gak Bad MoodMax Titov on Unsplash

Saat bangun tidur, bagian-bagian otot tubuh kita akan menjadi kaku. Sehingga dibutuhkan peregangan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas. Kamu bisa meregangkan otot-otot yang kaku dengan melakukan gerakan ringan seperti merentangkan tangan atau gerakan-gerakan pemanasan lainnya.

Gerakan-gerakan sederhana tersebut dapat membantu membuat badan kamu menjadi lebih rleks dan mampu untuk meningkatkan mood dan kepercayaan diri.

4. Meminum segelas kopi

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Pagi agar Gak Bad MoodToa Heftiba on Unsplash

Kopi merupakan minuman yang tinggi dengan kafein, sehingga sering diminum sebagai penghilang rasa kantuk. Tetapi, hal ini sebaiknya kamu hindari karena dapat mempengaruhi hormon stress kortisol.

Waktu yang tepat untuk meminum kopi adalah saat jam-jam ngantuk seperti pukul 09:30. Namun, lebih baik lagi jika kamu memulai hari dengan meminum air putih.

5. Tidak sarapan pagi

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bangun Pagi agar Gak Bad MoodPhoto by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Apakah kamu sering melewatkan sarapan pagi? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang kamu hindari hal tersebut. Mengawali pagi tanpa sarapan akan berdampak buruk pada mood dan produktivitasmu.

Rasa lapar yang datang saat bekerja akan sangat menggangu konsentrasi sehingga akan membuatmu sangat sulit untuk bisa fokus bekerja.

 

Itulah tadi beberapa hal-hal yang harus kamu hindari saat bangun pagi agar moodmu tidak berantakan lagi. Dari list di atas, mana yang pernah bahkan sering kamu lakukan?

Baca Juga: 6 Penyebab Dysania, Kondisi yang Bikin Kamu Sulit Bangun Pagi

Abdul Muhajir Photo Writer Abdul Muhajir

I am a Blogger. My interests range from technology to design. I am also interested in entrepreneurship, writing, and web development. You can visit my website in https://abdulmuhajir.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya