Comscore Tracker

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmu

Terutama postur ketika duduk, nih!

Kita pasti sering dimarahi orang tua kita untuk berdiri tegak atau kalau duduk jangan bungkuk. Itu memang sangat menyebalkan, terlebih ketika kita sudah nyaman-nyamannya. Namun perkataan orang tua tersebut bukan tanpa arti.

Ternyata hasil-hasil studi membuktikan bahwa postur tubuh yang tegap membawa dampak kesehatan tersendiri bagi mereka yang melakukannya. Percaya gak? Dilansir berbagai sumber, coba kita cek yuk apa saja yang disebabkan postur yang tidak baik dan bagaimana cara memperbaikinya.

1. Fondasi gerakmu

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuunsplash.com/jtylernix

Mungkin kamu tidak sadar, tetapi postur tubuhmu merupakan dasar dari seluruh gerakan yang kamu lakukan. Berjalan, berfoto, berenang, postur tubuhmu lah yang menjadi penopang semuanya itu. Jika kamu tahu lebih mendalam lagi, gerakan itu sebenarnya memberikan tekanan terhadap tubuh kita.

Sebagai contoh, tekanan itu datang ketika kita membawa barang-barang berat dan duduk dalam posisi yang tidak baik. Selain itu, jangan lupa: gravitasi. Tanpa postur tubuh yang baik, tekanan tersebut malahan akan merusak tubuh. 

2. Membuat ototmu terbebani

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmucarehospitals.com

Karena postur tubuhmu yang tidak benar dan akibat tekanan dari luar, ototmu bekerja lebih keras untuk membuatmu tetap seimbang dan tegap. Hal itu membuat ototmu lebih tegang dan tidak fleksibel. Lama kelamaan jika hal tersebut dibiarkan, kualitas fisikmu akan berkurang akibat ditekan terus, oleh energi-energi tersebut. 

3. Mencederai sendi dan ligamen

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmumedicalnewstoday.com

Hal pertama yang diserang dari tekanan yang tidak dapat ditopang oleh postur tubuhmu adalah sendi dan ligamen. Melemahnya kedua hal itu membuatmu lebih mudah pegal dan lelah, hingga pada akhirnya membuatmu mudah mengalami kecelakaan dan mampu melarikanmu ke rumah sakit. Menjadi lebih parah lagi ketika persendianmu ternyata berdampak pada paru-paru dan organ lain yang akhirnya tidak berfungsi secara efektif.

4. Penyebab awal terjadinya scoliosis

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuwaldegraveclinic.co.uk

Scoliosis adalah kondisi di mana tulang punggungmu memiliki kondisi yang tidak seharusnya di mana tulang punggungmu melengkung dalam kondisi tidak normal. Scoliosis ini dapat menyebabkan adanya kegagalan di jantung dan paru-paru, serta rasa sakit di punggung dan perubahan bentuk tubuh. Ini juga dapat menyebabkan kepala sakit karena aliran darah yang tidak lancar. 

5. Mempengaruhi kesehatan mentalmu

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuunsplash.com/alexiby

Memang tidak mudah dipercaya, tetapi ternyata postur tubuhmu mempengaruhi emosi jiwa. Kamu akan menjadi lebih mudah marah lantaran kamu tidak nyaman dengan postur tubuhmu. Selain itu, kamu juga menjadi lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Membuatmu Mudah Pingsan

6. Umumnya disebabkan kondisi duduk yang tidak normal

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuunsplash.com/shamimnakhaei

Hal ini sering terjadi di kehidupan sehari-hari jaman modern ini. Sebagai contoh adalah posisi dudukmu yang harus menyesuaikan tempat karena berhimpit di bus atau angkutan kota, atau posisi dudukmu ketika menggunakan laptop sewaktu bekerja dan memaksamu menatap ke bawa terus menerus. Hasil studi menunjukkan bahwa postur tubuh orang di zaman sekarang menjadi lebih parah ketimbang sebelum-sebelumnya.

7. Postur yang baik adalah yang tegak

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuyoutube.com Ted-Ed

Jika kamu melihatnya dari depan, postur yang baik harus mampu menunjukkan bahwa tulang punggung orang tersebut lurus, tanpa adanya lekukan satu pun. Sedangkan dari sisi samping, harus ada tiga lekukan: satu berada di daerah leher, satu di daerah bahu dan satu lagi di punggung. FYI, kita tidak terlahir dengan tulang belakang berbentuk S, melainkan C, tetapi itu berubah ketika kita memasuki umur 12 hingga 18 bulan, saat kita merangkak dan mulai menatap ke atas. 

8. Menahan tenaga gravitasi

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuunsplash.com/tunagraphy

Postur yang baik akan membuat gravitasi tertopang pada satu titik dan membuat gerakanmu menjadi lebih efisien. Hasilnya, kamu tidak mudah lelah lantaran hanya karena bergerak karena kamu tidak menggunakan lebih kekuatan ototmu.

9. Tegaplah secara vertikal

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuunsplash.com/clarisaguerra

Agar postur tubuhmu terawat, ketika duduk janganlah menghadap ke bawah. Posisikan kepalamu untuk terus menghadap vertikal, namun juga tidak terlalu menatap ke depan.

Bahumu juga harus santai dengan kondisi lenganmu sejajar di daerah tubuh. Kakimu juga harus tegak, sesuai dengan telapak kaki yang menjejak di tanah. 

10. Tidurlah dalam posisi miring

10 Fakta Kesehatan Pentingnya Menjaga Postur Tubuhmuunsplash.com/brucemars

Tidur juga menjadi salah satu aspek yang membuat postur tubuhmu terawat. Cobalah sebisa mungkin untuk tidur secara miring. Gunakan bantal atau sesuatu untuk menyangga lehermu dan area kakimu.

Tambahan informasi, gunakan alas kaki dengan kondisi low heels dan baik dalam menyokong bagian telapak kakimu, serta gunakan headset ketika menerima telepon. Berdiri tegap itu bagus, tetapi jika terus menerus tanpa bergerak juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sudah tahukan pentingnya menjaga postur tubuh? Selain berguna untuk kesehatan, sebenarnya postur tubuh yang mantap juga menarik lawan jenismu, lho. Jadi tidak ada salahnya kan untuk menjaga postur?

Baca Juga: Mengkonsumsi 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Hidup Lebih Lama

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya