Comscore Tracker

Ikuti 5 Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Risiko Kena Kanker Pankreas

Kamu bisa melakukannya tanpa keluar biaya kok

Kalau kamu sudah terkena kanker pankreas, mau tidak mau kamu harus menjalani pengobatan yang panjang, lama dan melelahkan. Mulai dari kemoterapi hingga diet ketat. Tentunya kamu tidak mau mengalami hal itu kan?

Ikuti 5 Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Risiko Kena Kanker PankreasIDN Times/Sukma Shakti

Oleh karena itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hadirnya kanker pankreas di tubuh kamu. Ingat, kanker pankreas juga diturunkan oleh keluarga sehingga tips ini tidak bisa sepenuhnya mencegah kanker pankreas. Tips ini hanya untuk mengurangi resikonya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 di antaranya!

1. Jangan merokok

Ikuti 5 Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Risiko Kena Kanker Pankreasunsplash.com/thisisflik

Sebuah tips simpel yang semenjak dulu telah disarankan dokter-dokter. Di dalam rokok terdapat zat-zat berbahaya, yang jika terakumulasi akan meningkatkan kanker pankreas. Dengan tidak merokok, atau setidaknya menguranginya, zat-zat tersebut tidak akan berakhir di tubuhmu yang berarti juga telah mengurangi resikomu terkena kanker ini.

2. Berolahraga lah

Ikuti 5 Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Risiko Kena Kanker Pankreasunsplash.com/justynwarner

Tidak ada yang lebih baik untuk mencegah penyakit dengan melatih tubuhmu agar tetap segar bugar. Tubuh yang tidak fit membuat imun melemah, yang artinya tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Sedangkan kanker pankreas sendiri adalah pembunuh yang bergerak diam-diam dan sulit untuk terdeteksi yang berarti besar kemungkinannya akan menyerang ketika tubuhmu tidak siap. Jadi, persiapkan tubuhmu selalu.

Baca Juga: Waspadai Sejak Dini, 7 Penyebab Timbulnya Kanker Pankreas

3. Menjaga berat tubuh sealami mungkin

Ikuti 5 Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Risiko Kena Kanker Pankreasunsplash.com/brookelark

Mereka yang terkena obesitas sangatlah rentan akan penyakit ini, maka dari itu dietlah sangat diperlukan. Diet di sini bukan berarti kamu tidak makan 40 hari 40 malam, melainkan lebih mengatur pola makan menjadi makanan yang lebih sehat dan teratur. Buah dan sayur tetap menjadi bahan diet utama.

4. Hindari penggunaan bahan kimia

Ikuti 5 Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Risiko Kena Kanker Pankreasunsplash.com/isaiahrustad

Pankreas adalah bagian tubuh yang tugasnya adalah untuk menghasilkan enzim pencernaan serta hormon-hormon endokrin. Oleh karena itu, dirinya sangat sensitif terhadap unsur-unsur kimiawi.

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan mampu merusak pencernaanmu yang berarti juga melukai pankreasmu. Berhati-hatilah jika kamu sudah terkena radang pankreas karena itu menjadikan tubuhmu lebih rentan terhadap kanker.

5. Kurangi minum alkohol

Ikuti 5 Cara Paling Mudah untuk Mengurangi Risiko Kena Kanker Pankreasunsplash.com/vorosbenisop

Alkohol benar merusak fungsi hati jika terlalu banyak diminum, bukan pankreas, tetapi perlu diingat juga kalau liver letaknya sebelum pankreas. Itu artinya jika livermu rusak, maka zat kimia yang terdapat dalam minuman alkoholmu akan diteruskan kepada pankreas dan itu berarti akan melukai pankreasmu juga.

Gampang kan caranya? Kayak rekomendasi untuk menghindarkan diri dari penyakit-penyakit lainnya dan pastinya bisa kamu lakukan tanpa perlu keluar biaya banyak.

Baca Juga: Berhati-hatilah, Ada 7 Gejala Kanker Pankreas Yang Bisa Kamu Amati!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You