Comscore Tracker

6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, untuk Anak Kantoran!

Duduk dari jam 9 pagi sampai 5 sore, jelas berisiko lah...

Sudah bekerjakah kamu? Apakah kamu bekerja kantoran? Apakah kamu menghabiskan waktu dari jam sembilan pagi hingga lima sore untuk duduk di depan layar komputer? Sebaiknya itu diminimalisir lho karena tidak sehat untuk tubuhmu.

Studi menunjukkan duduk terlalu lama akan membebani tubuhmu. Oleh karena itu, dilansir dari berbagai sumber, baiknya kamu mencoba enam kebiasaan ini yang tak hanya menyehatkan fisikmu, tetapi juga mentalmu.

1. Jadwalkan latihan

6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, untuk Anak Kantoran!unsplash.com/rawpixel

Tidak ada hari yang sepenuhnya untuk bekerja. Layaknya rapat, kamu sebaiknya menjadwalkan sebuah latihan olahraga untuk menjaga agar tubuhmu tetap fit.

Jika kamu mendapatkan pekerjaan yang fleksibel, kamu bisa menjadwalkannya saat istirahat siang untuk berolahraga di gym. Tetapi jika tidak, kamu bisa mencoba berolahraga sendiri di rumah setelah atau sebelum bekerja.

2. Mencoba meja berdiri

6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, untuk Anak Kantoran!thehouseoftrade.com

Studi menunjukkan jika pekerja lapangan lebih aktif ketimbang pekerja kantor. Karena di lapangan lebih sedikit gangguan ketimbang di kantor (obrolan rekan kerja, bos yang suka berjalan).

Karena itu untuk meredakan kejenuhan terhadap gangguan itu, kamu bisa mencoba hal berbeda, seperti menggunakan meja berdiri. Selain mendapatkan pengalaman berbeda, kakimu bisa sedikit beraktivitas agar lebih sehat mengingat studi menunjukkan duduk terus menerus juga tidak sehat.

3. Mengadakan rapat berjalan

6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, untuk Anak Kantoran!unsplash/@rawpixel

Mungkin ini adalah hal yang susah untuk dilakukan jika kantormu memiliki budaya yang kaku, namun jika ada kesempatan cobalah sesekali mengadakan rapat di luar. Suasana yang berbeda dari kantor menyebabkan kamu mendapatkan ide-ide yang lebih segar.

Tak hanya itu, produktivitasmu juga dapat meningkat. Namun jika rekan kerjamu tak bisa diajak keluar, kamu juga bisa mencoba untuk tetap terhubung dengan mereka lewat ponselmu sambil berjalan-jalan.

Baca Juga: Minum Sambil Berdiri Ternyata Punya 7 Dampak Buruk yang Gak Main-main!

4. Berganti lingkungan

6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, untuk Anak Kantoran!unsplash.com/clarisaguerra

Kamu tidak perlu keluar dari kantor untuk masalah ini. Kamu cukup berpindah lantai jika kantormu gedung bertingkat atau mencoba ruang yang berbeda. Tetapi jika kantormu lebih bebas daripada itu, coba jadwalkan hari di mana kamu bisa bekerja sambil berjalan-jalan.

Di pagi hari kamu bisa mencoba pergi ke coffee shop. Lalu lanjut ke perpustakaan untuk mengerjakan pekerjaanmu atau bisa ke tempat lain yang sekiranya nyaman untukmu.

5. Gunakan bola gym

6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, untuk Anak Kantoran!unsplash.com/mrleecanburn

Ada bola gym di kantormu? Gunakan itu. Bola itu ada di sana bukan tanpa sebab. Alat itu diberikan kantormu untuk kamu berelaksasi. Dengan duduk di bola gym itu, kamu dapat melatih keseimbanganmu untuk dapat duduk lurus sesuai layar komputermu. Itu juga melatih perutmu sehingga kamu bisa mendapatkan postur tubuh yang lebih baik.

6. Tetap terjaga

6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, untuk Anak Kantoran!unsplash.com/goumbik

Di sini bukan maksudnya kamu terbangun terus menerus, melainkan kamu sadar akan kondisi tubuhmu. Dalam kondisi fokus ke pekerjaan, umumnya kamu akan bekerja sampai baru terasa sakit dan hal itu tidak baik. Akan lebih baik jika kamu menggunakan alarm untuk memberitahukan kamu kapan waktunya beristirahat. Dengan cara itu kamu menjaga tubuhmu.

Coba kebiasaan ini dilakukan sesegera mungkin dan sekonsisten mungkin ya. Percaya deh, itu akan baik bagi tubuhmu dan juga akan meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Baca Juga: 4 Kondisi Kantor Ini Ternyata Berpengaruh terhadap Kesehatanmu Lho! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya