Comscore Tracker

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!

Kesehatan mental itu juga salah satu faktornya

Apakah akhir-akhir ini ketika bersekolah atau bekerja tubuhmu mudah lelah, padahal sudah tidur? Mungkin saja itu karena waktu tidurmu kurang atau mungkin karena kamu kepikiran sesuatu sehingga mengurangi kualitas tidurmu.

Atau bisa jadi kamu minum kopi dahulu sebelum tidur. Banyak faktor sih yang membuat tubuhmu kelelahan. Mau tahu apa aja faktornya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini delapan di antaranya. Cekidot!

1. Kurangnya kegiatan fisik

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!unsplash.com/@jp_photography

Studi menunjukkan orang dewasa yang melakukan olahraga ringan rutin selama beberapa kali dalam kurun waktu enam minggu memiliki lebih banyak energi dan tidak mudah lelah. Mereka yang berolahraga juga dilaporkan tidur lebih lelap, walaupun jangka waktu tidurnya lebih pendek. Oleh karena itu, agar tidak kelelahan sebaiknya lelahlah ketika kamu berolahraga.

2. Minum kopi

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!unsplash.com/@drewcoffman

Memang minum segelas kopi dikatakan akan membantu pencernaanmu dan memiliki banyak manfaat bagi tubuhmu dan selain itu juga mampu membuatmu terjaga. Akan tetapi studi lain juga menunjukkan bahwa kopi membuatmu lebih mudah mengantuk.

Kandungan kafein yang ada di kopi ternyata malah men-block adenosine ke dalam otak, yang padahal unsur itu membuatmu mampu tertidur. Jika kamu meminum kopi di malam hari enam jam sebelum tidur, maka unsur adenosine itu akan terkumpul dan baru menuju otakmu pada pagi hari yang berarti kamu akan kelelahan di pagi hari.

3. Terkena dehidrasi

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!healthcautions.com

Studi juga menunjukkan kurangnya minum air mampu membuatmu mudah lelah. Berdasarkan hasil sebuah riset, berkurangnya kandungan air 1,5 persen di tubuh kita mampu membuat seseorang susah berkonsentrasi.

Darah menjadi lebih tebal dan memperlambat peredaran oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh kita, khususnya otot dan organ. Untuk lebih mudah apakah tubuhmu membutuhkan air atau tidak, coba perhatikan warna air kencingmu.

4. Minum minuman beralkohol

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!unsplash.com/@ewout

Minuman beralkohol ibaratnya memiliki dua sisi koin kesehatan. Sisi pertama mampu membuatmu lebih mudah untuk tertidur, sedangkan di sisi lain kualitas tidurmu berkurang sehingga membuatmu lebih lelah ketika terbangun. Intinya adalah minum alkohol mengurangi REM sleep yang kamu harusnya dapatkan. 

Baca Juga: Girls, Ternyata 5 Kebiasaan Ini Buruk Bagi Kesehatan Rambutmu Lho!

5. Pola tidur yang tak teratur

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!unsplash.com/@joanna_nix

Konsistensi di dalam jadwal tidur mampu memberikan kualitas tidur yang lebih mantap. Dengan bangun sesuai dengan jadwal, bahkan ketika di akhir minggu, akan membuat tubuhmu terasa lebih segar. Ditambah lagi dengan adanya waktu tidur pendek selama 20 menit, tubuhmu akan mampu mengisi ulang energi tanpa perlu mendapatkan tidur dalam. 

6. Kesehatan mental yang terganggu

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!unsplash.com/@alex_boyd

Kesehatan fisik ternyata sangat berhubungan dengan kesehatan mental. Mereka yang terkena anxiety disorder selalu merasa tegang akan pekerjaan dan keputusan-keputusan mereka. Hal tersebut membuat tubuh mereka terasa lebih mudah lelah dan membuat kualitas tidur berkurang. 

Mengerikannya adalah kelelahan juga menjadi salah satu penyebab utama terjadinya anxiety disorder. Begitu pula untuk kasus depresi di mana tidur tidak menyembuhkan apa-apa, malahan menyebabkan insomnia.

7. Kamu adalah manusia burung hantu

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!unsplash.com/@ebax

Tidak semua orang di dunia ini aktif di pagi hari. Beberapa di antaranya, tepatnya 20 persen manusia yang ada di bumi ini, malahan lebih aktif di kala malam hari. Adalah waktu yang salah untuk bekerja bagi tipe-tipe orang yang disebut manusia burung hantu ini yang menyebabkan mereka mudah lelah.

Dengan bekerja mulai jam sembilan pagi hingga lima sore, pola tidur mereka menjadi terganggu sehingga kualitas mereka pun berkurang. Fenomena ini disebut oleh para ilmuwan sebagai social jetlag, fenomena di mana manusia burung hantu hidup di waktu yang salah setiap hari.

8. Adanya penyakit-penyakit di dalam tubuhmu

Tubuhmu Mudah Lelah? Bisa Jadi 8 Faktor Inilah Penyebabnya, Guys!unsplash.com/@rawpixel

Bukan tidak mungkin juga kamu terjangkit oleh penyakit-penyakit, yang bisa jadi sudah serius. Mudahnya tubuhmu lelah merupakan tanda bahwa kondisi tubuhmu tidak beres dan ada sesuatu yang harus dibereskan. Jika sudah seperti itu, maka satu-satunya cara adalah dengan berkunjung ke dokter. Adapun penyakit-penyakit yang membuatmu mudah lelah adalah anemia, diabetes, thyroid, dan coeuac disorder

Nah kamu kan sudah tahu faktor-faktor yang menyebabkan tubuhmu mudah lelah tersebut. Kalau kamu mau tubuhmu terus fit, hindarilah faktor-faktor tersebut dan mulailah hidup sehat. Selamat menjalani hidup sehat!

Baca Juga: Hati-hati Saja, Secara Medis Ada 11 Hal Sepele Yang Mampu Membunuhmu!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You