Comscore Tracker

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahil

Wah, kalau dibiarin bisa gawat lho...

Makan ketika kamu lapar. Itu adalah sesuatu yang alami dan dialami oleh semua makhluk hidup. Tapi pernah kah kamu mengalami kondisi di mana kamu lapar terus menerus?

Padahal kamu merasa sudah makan secukupnya dan tidak kurang satupun. Itu mungkin dikarenakan beberapa faktor yang sebenarnya tidak kamu sadari. Mau tahu apa sajakah faktor-faktor tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini dia kumpulan penjelasan singkatnya.

1. Kurang protein

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/goumbik

Protein memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa lapar. Ia mampu membuatmu mengurangi konsumsi kalori. Studi menunjukkan 14 orang yang kelebihan berat badan mengalami pengurangan rasa lapar hingga 50 persen setelah 12 minggu mengonsumsi 25 persen kalorinya lewat protein.

2. Kurang tidur

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/minan1398

Tidur diperlukan untuk mengembalikan kinerja tubuh dan otak. Layaknya mesin, jika tidak istrirahat maka tubuh akan memerlukan lebih banyak energi untuk terus bergerak, yang berarti untuk memenuhinya diperlukan makanan lebih. Alhasil kamu pun lebih sering lapar dan membutuhkan makanan yang lebih banyak.

3. Terlalu banyak karbohidrat

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/dana-tentis-118658

Karbohidrat buatan banyak ditemukan pada makanan berbasis tepung, seperti roti dan pasta serta makanan-makanan yang mengandung gula buatan. Makanan macam itu sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga tubuhmu mudah terasa lapar.

4. Pola makanmu terlalu rendah lemak

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/dana-tentis-118658

Kita biasa menghindari makanan berlemak dengan alasan tidak ingin gemuk. Namun di sisi lain sebenarnya lemak memegang peranan penting dalam membuatmu merasa kenyang.

Karena tubuh lama mencerna lemak itu, tubuh pun menjadi susah lapar. Akan tetapi jika terlalu banyak lemak juga akan menyebabkan obesitas.

Baca Juga: Anti Lapar, 6 Tips Menurunkan Berat Badan Buat Kamu Yang Gak Suka Diet

5. Kurang minum air

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/pixabay

Tubuh yang terhidrasi penting untuk kesehatanmu. Selain menyegarkan kulit dan menyehatkan sistem pencernaan, air juga membuat otak bekerja lebih lancar.

Lebih dari itu, air cukup mengenyangkan dan memiliki potensi untuk mengurangi nafsu makan. Jadi jika kamu sudah cukup makan namun tetap lapar juga, ada baiknya kamu minum saja.

6. Kurang serat

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/foodie-factor-162291

Jika pola makanmu kurang serat, kamu akan lebih mudah merasa lapar. Dengan konsumsi banyak serat, selain pencernaanmu menjadi lebih lancar juga akan membuatmu kurang lapar karena serat yang susah dicerna hingga terus mengisi perut.

7. Makan sambil terdistraksi

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/mentatdgt-330508

Kesibukanmu mampu membuatmu merasa lapar lebih cepat. Bukan karena energi yang banyak terpakai, melainkan karena terdistraksi.

Kamu tidak sadar sedang makan untuk menghemat waktu. Hal itu juga membuat tubuh tidak sadar sehingga merasa tidak makan. Hasilnya kamu pun tetap merasa lapar.

8. Terlalu banyak berolahraga

8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahilpexels.com/pixabay

Olahraga baik untuk kesehatan, tapi di sisi lain juga membuatmu mudah lapar. Adanya pembakaran kalori yang lebih banyak mengharuskan tubuh untuk terus mengisinya. Sebenarnya hal ini cukup diperdebatkan. Beberapa penelitian menunjukkan olahraga mampu mengurangi rasa lapar, namun hasil studi yang lain malahan membuktikan jika olahraga malahan mampu menciptakan rasa lapar yang luar biasa.

Ternyata banyak hal ya yang harus diperhatikan dalam hal makan memakan agar kamu bisa benar-benar merasa kenyang. Makan yang kita selalu pikir sederhana itu ternyata lebih rumit dari yang kita pikirkan. Menurutmu apakah faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam hal makan?

Baca Juga: Suka Nahan Lapar? Hati-hati, Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Kamu

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You