Comscore Tracker

Bisa Bikin Lemas, Ini 5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Seenggaknya makan 3 porsi buah dan sayur untuk memenuhinya

Vitamin adalah satu dari sekian banyak komponen yang bisa menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Tubuh yang kekurangan vitamin bisa mudah sakit atau mengalami masalah. Nah, vitamin C adalah salah satu vitamin yang kebutuhannya harus dipenuhi demi mendukung kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari. Yuk, simak!

1. Vitamin C penting untuk menguatkan metabolisme tubuh

Bisa Bikin Lemas, Ini 5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin CKiwi adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. unsplash.com/K8

Menurut keterangan dari National Institutes of Health, vitamin C adalah jenis vitamin yang larut dalam air dan dapat ditemui dalam beragam makanan serta pada suplemen diet. Komponen yang nama lainnya adalah asam L-ascorbic ini tidak bisa diproduksi sendiri dalam tubuh, sehingga pemenuhannya mengandalkan dari apa yang kamu makan.

Kegunaan dari vitamin C sendiri adalah untuk menguatkan kolagen, komponen yang penting untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi di tubuh.

2. Vitamin C yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda

Bisa Bikin Lemas, Ini 5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin CCabai hijau juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. unsplash.com/Jonas Dücker

Kebutuhan vitamin C harian setiap orang bisa berbeda-beda. Lengkapnya seperti ini:

  • Usia 0-6 bulan: 40 mg
  • Usia 7-12 bulan: 50 mg
  • Usia 1-3 tahun: 15 mg
  • Usia 4-8 tahun: 25 mg
  • Usia 9-13 tahun: 45 mg
  • Usia 14-18 tahun: 75 mg (laki-laki) dan 65 mg (perempuan)
  • Usia > 19 tahun: 90 mg (laki-laki) dan 75 mg (perempuan)
  • Ibu hamil: 85 mg
  • Ibu menyusui: 120 mg
  • Perokok: penambahan sebesar 35 mg dari anjuran normal

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., yang akrab disapa Prof. Tati, dari Perhimpunan Nutrisi Indonesia mengatakan:

"Asupan vitamin C dari makanan bisa mencapai 200 mg/hari, tapi bila Anda termasuk anak muda yang aktif dan sering melakukan latihan fisik, jumlah tersebut belum bisa mencukupi. Setidaknya Anda membutuhkan suplementasi mulai dari 500-1,000 mg/hari untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan,” kata Prof. Tati secara tertulis dalam sebuah rilis.

Baca Juga: 6 Dampak Buruk akibat Kelebihan Asupan Vitamin, Kadang Bisa Fatal

3. Asupan vitamin C banyak datang dari buah dan sayur

Bisa Bikin Lemas, Ini 5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin Cmehrparvar.com

Berdasarkan rilis dari Minute Maid, mencari sumber asupan vitamin C itu tidak sulit. Cukup dengan konsumsi sayur dan buah di sekitarmu saja. Misalnya jambu biji, kandungan vitamin C-nya adalah sekitar 125 mg per buah, sementara pada jeruk adalah sekitar 70 mg per buah, 80 mg pada brokoli, dan 50 mg pada kol.

Siapa saja, sih, yang membutuhkan vitamin C?

“Yang banyak membutuhkan vitamin C adalah mereka yang sering mengonsumsi makanan yang tidak segar dan makanan yang tidak mengandung sumber vitamin C. Mereka yang pola hidupnya tidak sehat, seperti tidak pernah berolahraga, merokok, dan sering meminum alkohol juga memerlukan asupan vitamin C yang cukup. Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu serta ditambah dengan polusi, vitamin C menjadi penting untuk menjaga kondisi
tubuh,” lanjut Prof. Tati.

4. Defisiensi vitamin C menyebabkan kondisi mirip anemia

Bisa Bikin Lemas, Ini 5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin Cmedium.com

Kondisi defisiensi atau kekurangan vitamin C disebut sebagai scurvy atau skorbut. Pada zaman modern seperti sekarang, kondisi ini dikatakan jarang karena makan sumber vitamin C mudah ditemui dalam berbagai jenis makanan, termasuk roti atau sereal yang telah difortifikasi vitamin C. Meski demikian, kondisi ini tetap bisa terjadi pada orang-orang yang kurang asupan vitamin C.

Skorbut bisa menyebabkan anemia, kelemahan, kelelahan, perdarahan spontan, nyeri di tungkai, pembengkakan di beberapa bagian tubuh, dan kadang seriawan di gusi dan kehilangan gigi.

Melansir Medical News Today, lebih jauh lagi, kekurangan vitamin C juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, metabolisme kolesterol, dan fungsi tubuh yang penting lainnya.

5. Tiga porsi buah dan sayur bisa mencukup asupan vitamin C seseorang dalam sehari

Bisa Bikin Lemas, Ini 5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin Caipt.edu.au

Soal pemenuhan kebutuhan vitamin C, tak perlu bingung. Idealnya, kata Prof. Tati, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi tiga porsi sayur dan buah. Meski begitu, semuanya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan. 

“Bila dibutuhkan, kita dapat memperoleh vitamin C dari makanan dan minuman yang telah melewati proses penambahan mikronutrien. Misalnya seperti jus jeruk atau minuman yang mengandung jeruk dengan melihat label kemasannya untuk mengetahui kandungannya. Untuk dosis yang lebih tinggi, dianjurkan juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin C,” ujar Prof. Tati.

Itulah alasan pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin C harian, demi mendukung tubuh sehat dan kuat. Variasikan dengan makanan sehat lainnya supaya kebutuhan semua gizimu lengkap dan seimbang. Tak lupa, optimalkan dengan olahraga rutin, cukup tidur, dan kelola stres dengan baik agar daya tahan tubuhmu senantiasa prima.

Baca Juga: 5 Nutrisi Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya, Yuk Cari Tahu!

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya