Comscore Tracker

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehat

Kalau sembarangan, suaramu malah jadi jelek dan hilang

Siapa yang suka menyanyi di kamar mandi atau ikut paduan suara atau membuat band? Sekadar tambahan fakta saja, menyanyi itu memberikan keuntungan tersendiri bagi kesehatan. Laporan dari Sidney De Haan menyatakan jika menyanyi mempengaruhi mental maupun fisik seseorang. Salah satu testimoni yang diberikan oleh artikel tersebut adalah adanya pengakuan jika menyanyi menenangkan tubuh sekaligus mampu menyembuhkan seseorang dari trauma.

Namun tentu saja keuntungan itu akan kembali lagi kepada bagaimana cara menyanyimu. Ada beberapa proses melatih suaramu agar menjadi sehat. Beruntungnya cara-cara tersebut cukup sederhana dan bukan seperti teknik yang perlu dipelajari terlebih dahulu untuk bisa memahaminya. Berikut ini cara-cara agar kamu bisa menyanyi dengan sehat.

1. Melakukan pemanasan dan pendinginan

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehatwannalearnmusic.com

Layaknya olahraga, pita suaramu pun memerlukan pemanasan dan pendinginan. Memaksakannya untuk langsung menyanyi, terlebih jika menyanyi dengan cara teriak, malah akan merusak pita suaramu. Schoolofrock.com menyarankan untuk melakukan pemanasan selama 20 menit dengan cara bersenandung dan pendinginan lewat menguap selama 10 menit.

2. Banyak minum air putih

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehatpro-belle.com

Permasalahan tubuh yang terhidrasi atau dehidrasi juga mempengaruhi kesehatan suaramu. Menurut livescience.com tubuh yang terhidrasi membuat pita suaramu tetap basah sehingga bisa bergetar dengan cepat tanpa masalah. Sebaliknya jika tubuhmu dehidrasi, pita suaramu akan mengering sehingga produksi getaran suara yang dipaksakan untuk cepat akan merusak.

3. Cobalah untuk melakukan vocal naps

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehatmedium.com

Vocal naps adalah istilah untuk mengistirahatkan suaramu dengan cara tidak berbicara atau mengeluarkan suara selama beberapa waktu alias membisukan diri. Umumnya vocal naps cukup dilakukan selama 30 menit saja.

4. Hindari merokok

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehatmalaymail.com

Merokok meningkatkan risiko terkena kanker tenggorokan yang merusak pita suara. Namun sebelum ke tahap itu saja, kamu sudah merasakan tenggorokan yang serak. Hindari sebisa mungkin merokok, baik aktif maupun pasif.

Baca Juga: 5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan Penyebabnya

5. Jangan memaksakan suara yang dikeluarkan

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang SehatYoutube.com Jared Dines

Setiap orang memiliki batasan dalam mengeluarkan volume suara. Jika kamu merasa sudah memaksakan suaramu ketika bernyanyi, maka berhentilah sejenak atau turunkan volume suara. Umumnya gejala yang ditunjukkan ketika kamu terlalu memaksakan suaramu adalah tenggorokan yang terasa kering serta suara yang berakhir habis.

6. Perhatikan cara berbicara setiap hari

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehatvocalimpact.net

Livescience.com menyarankan untuk tidak terlalu banyak bicara dalam keseharian. Dikatakan ada kalanya kebiasaan berbicara tersebut malah merusak suaramu. Maka dari itu disarankan ketika berbicara, sebaiknya suara yang dikeluarkan adalah suara yang datang langsung dari pernapasan dan bukan dari pita suara.

7. Beristirahatlah ketika sedang sakit

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehattoricoltart-sportstherapy.co.uk

Kondisi tubuh yang tidak fit jelas akan mempengaruhi kualitas suaramu. Jika sudah seperti ini, jangan pernah memaksakan diri untuk menyanyi atau berlatih. Menyanyi hanya akan memperparah kondisi tersebut dan suaramu. Istirahatkan diri, perbanyak tidur. Minumlah air untuk meredakan tenggorokanmu jika terasa serak.

8. Lembapkan ruang rumahmu

Menyanyi pun Ada Caranya, Ini 8 Tip Mengeluarkan Suara yang Sehatonehourairftworth.com

Baik livescience.com maupun schoolofrock.com menyarankan untuk memasang humidifier atau alat pelembap di rumahmu. Walaupun tidak seefektif minum air, tetapi humidifier bisa membantu meningkatkan kelembapan pita suaramu. Selain itu, humidifier bisa membantu pernapasanmu dan mencegah suara kering.

Lebih dari ini, pelajari teknik menghasilkan suara. Teknik tersebut membantumu mendapatkan suara yang kamu inginkan tanpa perlu memaksakan pita suara. Tiap teknik pun berbeda-beda, jadi pilihlah sesuai dengan genre yang kamu mainkan. Ingat, menyanyi itu baik tapi jangan sampai memaksakan tubuhmu.

Baca Juga: Suka Menyanyi? Ini 7 Cara Merawat Pita Suara Kamu agar Prima dan Sehat

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You