Comscore Tracker

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangun

Bangun telat ternyata bukan tanda seorang pemalas

Tidur adalah kegiatan yang dapat menentukan kesehatan seseorang. Kurang tidur tak hanya bisa menyebabkan gangguan kesehatan secara fisik saja, tetapi juga secara mental. Sebaliknya kelebihan tidur bisa juga menjadi tanda atau gejala keberadaan penyakit yang parah.

National Sleep Foundation memberikan data bahwa orang dewasa memiliki waktu tidur 7 hingga 9 jam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Berbeda dengan bayi yang waktu tidurnya bisa mencapai 15 jam. Lebih dari 9 jam atau mencapai 10 jam, orang dewasa itu mengalami oversleeping atau kelebihan tidur.

Fenomena kelebihan tidur disebut pula hipersomnia. Healthline memberikan data 2 persen orang di dunia ini mengalami permasalahan hipersomnia.

Ada banyak permasalahan yang bisa menjadi penyebab kelebihan tidur. Mulai dari gangguan kelenjar tiroid dan penyakit jantung, hingga masalah depresi sampai efek obat.

Terlepas dari gangguan kesehatan fisik, gaya hidup juga bisa menyebabkan orang tidur sangat lama. Berikut ini beberapa kiat agar kamu bisa memiliki tidur yang sehat.

1. Cobalah mengatur jadwal tidurmu

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangunsleepmdnyc.com

Permasalahan paling sering yang membuatmu punya kualitas tidur yang jelek adalah tidak teraturnya pola tidurmu. Mungkin kamu sering begadang atau bisa jadi aktivitasmu mendukung untuk sering berubahnya jadwal tidur.

Secara teori, mengatasi oversleeping termudah adalah dengan mengatur jadwal tidur. Pastikan kamu tidur teratur pada jam-jam tertentu sehingga jam biologismu menjadi teratur dan kualitas tidur terjaga.

2. Upayakan untuk tidak tidur di akhir minggu

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangunheartfoundation.org.au

Sabtu dan Minggu sering menjadi momen seseorang melampiaskan kelelahannya dengan bertidur ria. Kenyataannya memperlama dan menambah waktu tidur pada hari libur ini mengganggu jadwal tidur biologismu.

Ketimbang tidur, ada baiknya kamu tetap terbangun saat hari libur itu dengan melakukan banyak kegiatan fisik. Entah bersepeda atau berolahraga. Toh kegiatan fisik itu juga membantu menjamin tubuhmu tetap fit.

3. Coba ubah kebiasaan alarmmu

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangunthespruce.com

Situs Dreams menyebut alarmmu bisa menjadi penyebab pengganggu jadwal tidurmu. Ketimbang bangun karena alarm, ada baiknya mencoba membiasakan diri dengan terbangun secara alami. Disarankan pula untuk segera beranjak dari tempat tidur untuk menghindari godaan tertidur kembali.

Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Mimpi Buruk, Awas Makin Susah Tidur!

4. Atur kembali suasana kamarmu

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Banguninternational-move-quote.com

Ada kalanya hal yang membuatmu malas bangun berasal dari faktor eksternal, yaitu kondisi ruangan yang tidak mendukung. Penuh dengan barang, kotor, bisingnya suara dan lain sebagainya bisa membuatmu malas terbangun. Mengatasi masalah-masalah ini dengan membersihkan kamar, menyediakan alat yang memberikan suasana tenang dan lain sebagainya akan mengatur suasana hatimu untuk tidak lagi malas bangun.

5. Matikan peralatan elektronikmu

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangunelemental.medium.com

Di zaman sekarang, yang paling banyak menjadi penyebab gangguan tidurmu adalah keberadaan gawai yang selalu menyala. Perhatian akan notifikasi menyebabkanmu terbangun di tengah-tengah tidur, mengganggu kualitas tidurmu dan menyebabkan kelelahan.

Matikan peralatan elektronik itu atau setidaknya jauhkan dari tempat tidurmu. Jangan lupa matikan pula lampumu, karena suasana gelap membantumu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

6. Hindari tidur siang jika tidak diperlukan

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangunforbes.com

Tidur siang memang dinilai baik bagi kesehatan. Tetapi itu berlaku jika tidur siangmu tidak berdurasi lebih dari dua jam. Jika tidak benar-benar mendesak, sebaiknya hindari tidur siang dan lebih baik mengisinya dengan kegiatan lain.

7. Catat kebiasaan tidurmu lewat jurnal atau buku harian tidur

7 Tips Efektif agar Tidur Tak Kebablasan atau Terlambat Bangunnbcnews.com

Mungkin kebiasaan ini susah dilakukan. Akan tetapi ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kegiatan ini.

Mencatat kebiasaan tidurmu setiap hari membuatmu dapat melihat pola tidur yang kamu lakukan. Ini bisa menjadi petunjuk yang baik bagi dokter dan kamu untuk mencari solusi terbaik meningkatkan kualitas tidurmu agar tidak malas bangun.

Tips ini berlaku untuk oversleeping yang diakibatkan gaya hidup yang tidak baik. Jika tips ini tidak membantumu tidur lebih baik, ada baiknya segera ke dokter untuk memeriksakan diri. Bisa jadi kelebihan tidurmu datang dari masalah kesehatan yang mendekam dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Fakta soal Jam Tidur, Tidur Kamu Sudah Cukup atau Belum?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya