Comscore Tracker

6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang Terbaik

Tapi kamu bisa mencegahnya terlebih dahulu dengan olahraga

Apakah kamu pernah melihat adanya kondisi urat-urat yang tampak di tangan atau di kaki? Itu bisa jadi gejala varises. Varises sendiri adalah kondisi di mana pembuluh balik atau vena melebar dan tidak lurus.

Pelebaran di situ bisa terjadi oleh banyak hal, seperti terlalu tegangnya otot akibat mengunakan hak tinggi atau bahkan kehamilan.

Varises yang dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi. Bukan tidak mungkin juga adanya luka yang terbuka. Karena itu sebaiknya kasus varises segera diobati. Ada dua cara penanganan varises yang bisa dilakukan, yaitu dengan bantuan tim medis dan secara mandiri.

Untuk perawatan mandiri, secara luasnya adalah membiasakan tubuh untuk hidup sehat, seperti: rajin berolahraga, menjaga berat badan dan banyak lagi.

Berbeda dengan prosedur medis yang lebih mengarah ulasan ke teknis. Berikut ini IDN Times kasih rangkuman yang dilansir dari berbagai sumber tentang beberapa tips atau cara menghilangkan varises dengan prosedur medis teknis terbaik.

Penasaran seperti apa? Cek di bawah ini ya penjelasan lengkapnya!

1. Operasi laser

6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang Terbaikridgewoodvet.com

Operasi ini cocok dilakukan untuk kasus varises di kondisi awal. Tidak ada bahan kimiawi yang dimasukkan ke dalam tubuh, tidak ada luka besar pula yang sekiranya mampu terlihat. Itu karena prosedur ini menggunakan kemampuan laser untuk membuat varises mengecil.

2. Mikroskleroterapi

6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang Terbaikclimed.com.tr

Alternatif untuk kondisi varises awal lainnya adalah dengan teknik ini. Di sini, jarum yang sangat tipis dimasukkan ke vena dan dalam dosis kecil, cairan kimiawi dimasukkan pula.

Cairan tersebut akan menutup varises yang terjadi. Untuk benar-benar memberikan hasil maksimal, mikroskleroterapi perlu dilakukan beberapa kali.

3. Terapi ablasi vena

6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang Terbaikthyroidnosurgery.com

Mirip dengan operasi laser. Terapi ini menggunakan sinar laser untuk menyembuhkan varises yang muncul di tubuh, yang mana panas hasil laser akan dapat menghilangkan varises.

Namun tidak selalu laser. Bisa jadi gelombang radiolah yang digunakan untuk memanaskan varises.

Baca Juga: Operasi Bedah Jadi Solusi Terbaik Tangani Kanker Usus Besar

4. Flebektomi

6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang TerbaikProf. Dr. Uğur Bengisun

Sebelum melakukan prosedur, dokter akan memberikan bius lokal lalu melakukan sayatan kecil di kulit. Setelah itu proses pembuangan varises bisa dilakukan. Teknik flebektomi digunakan untuk menghilangkan varises kecil yang dekat dengan permukaan kulit.

5. Mengelupaskan vena

6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang Terbaikmedicalnewstoday.com

Ini adalah teknik untuk kasus varises yang parah. Inti metodenya adalah membuang vena yang panjang dan mengganggu tubuh. Di sini pasien akan mendapatkan bius total dan diperkirakan memiliki waktu pemulihan satu hingga empat minggu.

6. Bedah endoskopi vena

6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang Terbaikcolumbusveincenter.com

Ini juga menjadi teknik untuk menangani kasus varises yang sudah terlalu parah. Operasi ini diawali dengan membuat sayatan kecil di dekat vena yang terkena varises, lalu memasukkan tabung kecil berkamera di ujungnya. Dari situ dokter akan melihat bagian mana saja yang perlu dibuang.

Itulah beberapa prosedur medis yang digunakan untuk bagaimana cara menghilangkan varises. Apakah kamu penderita varises? Jika iya, segeralah ke dokter untuk berkonsultasi apa yang harus kamu lakukan.

Baca Juga: Varises hingga Tumor, 5 Dampak Fatal Terlalu Sering Memakai High Heels

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You