Comscore Tracker

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!

Batas sehatnya adalah tidak lebih dari satu kilo seminggu

Masalah berat badan yang turun terlalu cepat tidak bisa diabaikan. Gejala ini bisa jadi datang dari penyakit parah yang didapatkan oleh tubuh. Lebih dari itu, penurunan berat badan terlalu cepat juga bisa disebabkan karena nutrisi tubuh yang tak terpenuhi.

Menurut healthline.com, penurunan berat badan yang sehat dan wajar berkisar di bawah angka satu kilogram dalam kurun waktu satu minggu. Lebih dari itu angka penurunan tersebut dianggap tidak wajar.

Umumnya berat badan turun yang terlalu cepat akan menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satu tanda gangguan kesehatan ini bisa kamu amati lewat mata. Berikut ini adalah beberapa gejala tersebut.

1. Tidak bisa menjaga pola makan sehat dalam waktu lama

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!askdrnandi.com

Dalam jurnal dari NCBI, disebutkan jika mereka yang menjalani program penurunan berat badan sering kali hanya bertahan sampai dengan satu tahun saja. Setengah dari berat badan yang telah hilang kembali lagi. Malahan mereka yang menjalani diet sehat yang ketat rata-rata mendapatkan kembali seluruh beratnya setelah tiga hingga lima tahun.

2. Mudah terasa lapar

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!menshealth.com

Jika kamu berusaha dengan sangat keras menahan suara perutmu demi menurunkan berat badan, bisa jadi tubuhmu kekurangan nutrisi. Dikatakan oleh pakar nutrisi Erica Larson dalam artikel sparkpeople.com jika penurunan berat badan yang baik seharusnya bertahap dan tidak akan membuat seseorang merasa lemas. Jika seperti itu, maka artinya tubuhmu mengalami malnutrisi.

3. Rambut rontok

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!verywellhealth.com

Rambut rontok adalah hal yang lumrah, tetapi jika jumlahnya tidak masuk akal, itu berarti ada yang salah dengan tubuhmu. Salah satu aspek yang bisa dicurigai adalah penurunan berat badan yang terlalu cepat. Gejala ini dianggap oleh loveandfirenutrition.com sebagai tanda parah jika tubuhmu mengalami defisiensi protein, vitamin atau mineral.

4. Tidak bisa berhenti memikirkan makanan

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!organicnet.co

Berhubungan dengan poin mudah lapar, rasa tersebut ternyata tak hanya dirasakan secara fisik tetapi juga mental. Jika kamu sudah makan secukupnya tetapi tetap merasa lapar juga maka bisa jadi itu pertanda adanya gangguan pola makan. Hal ini sering tampak oleh mereka yang berat badannya turun dengan cepat.

Baca Juga: 9 Kesalahan Setelah Olahraga Ini Bikin Sakit & Susah Turun Berat Badan

5. Kepala sering pusing

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!keckmedicine.org

Ini juga menjadi salah satu efek defisiensi nutrisi tubuh akibat kehilangan banyak berat badan dengan cepat. Nutrisi dan kalori yang masuk ke dalam tubuh mempertahankan kadar gula di tubuhmu.

Tanpa adanya asupan yang seimbang dan cukup, hal ini menyebabkan gula darah menjadi rendah. Gula darah yang rendah akan menyebabkanmu sering pusing.

6. Hormon tubuh tidak teratur

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!timesofindia.indiatimes.com

Entah timbul jerawat yang tak terkontrol, perubahan mood yang tak biasa, depresi, gangguan tidur, dan lain sebagainya, penurunan berat badan yang terlalu cepat akan mengacaukan produksi hormonmu. Yang paling sering merasakan masalah ini adalah wanita.

Ada fenomena yang dinamakan amenorrhea, sebuah fenomena yang langka menurut jurnal dari JAAPA karena hanya menyerang satu sampai dua persen wanita saja. Gangguan ini menyebabkan seorang wanita melewatkan siklus menstruasinya.

7. Tubuh kehilangan energi

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!news.harvard.edu

Salah satu yang paling tampak mata dari berat badan turun terlalu cepat adalah tubuh yang tampak kurus dan tidak bertenaga. Dalam penjelasan di healthline.com, tubuh yang tampak kurus tersebut bukan dikarenakan karena hilangnya lemak, melainkan hilangnya massa otot. Kalori yang seharusnya dibutuhkan tubuh oleh makanan tidak terpenuhi karena melakukan diet ketat dan tubuh pun berakhir mengambil kalori tersebut lewat otot.

8. Permasalahan pencernaan

8 Dampak Berat Badanmu Turun Terlalu Cepat, Akibatnya Buruk loh!listentoyourgut.com

Bisa jadi gejalanya ditunjukkan oleh sembelit, mual dan muntah-muntah, hingga asam lambung yang tinggi. Sembelit bisa terjadi jika tubuh kekurangan cairan dan serat yang biasanya datang dari makanan. Sedangkan masalah perut sakit bisa datang karena gesekan dinding lambung yang terjadi karena tidak adanya makanan yang bisa dicerna.

Tidak masalah kamu menjalankan program penurunan berat badan, tetapi hal itu perlu diatur sedemikian rupa. Jangan sampai program tersebut malahan menyakiti tubuhmu. Para pakar nutrisi banyak menyarankan lebih baik mengalami penurunan berat badan sedikit demi sedikit tapi konsisten ketimbang cepat. 

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Itu Tidak Sehat, Ketahui Alasannya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You