Comscore Tracker

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmu

Sangat penting, terlebih ketika kamu sedang berolahraga

Hampir di setiap waktu, hampir di setiap jalan, kita pasti mendengarkan musik. Entah itu memang dari playlist yang kita buat ataupun tidak sengaja kita dengarkan lewat keadaan sekitar. Tetapi apakah kamu tahu bahwa musik ternyata cukup membawa pengaruh untuk kesehatan?

Jika kamu pernah mendengar, terdapat istilah healing music yang memang dipergunakan untuk terapi kesehatan yang berisikan lagu-lagu menenangkan. Ini menarik, mengingat musik sudah sejak zaman dahulu digunakan sebagai medium penyembuhan, terbukti dari teknik yang digunakan oleh para biksu. Berikut ini adalah fakta-fakta musik yang berhubungan dengan kesehatan.

1. Mengurangi rasa sakit

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmuunsplash.com/madbe

Layaknya obat bius, ternyata musik dapat dapat mengurangi rasa sakitmu kala perawatan. Hal ini berlaku untuk musik favorit dikarenakan adanya pelepasan hormon opioids pada otak ketika mendengarkan lagu tersebut. Opiods merupakan morfin alami pada tubuh.

2. Meningkatkan detak jantung dan adrenalin

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmuunsplash.com/mroz

Jika kamu mendengarkan lagu-lagu yang bersemangat, memiliki hentakan keras secara cepat, secara otomatis tubuhmu akan bersemangat. Itu karena musik mengirimkan sinyal ke tubuh untuk memproduksi adrenalin yang juga mempercepat detak jantung, membuatmu bersemangat dalam berolahraga.

3. Mempercepat meningkatkan istirahat

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmuunsplash.com/faustogarmen

Sebuah studi menunjukkan musik memberikan relaksasi hingga bisa memaksimalkan istirahatnya tubuh yang kelelahan. Umumnya musik lambatlah yang memberikan relaksasi, tetapi sepertinya segala jenis musik dapat membantu proses istirahat tersebut. Bahkan musik klasik dipercaya dapat membantu mereka yang mengalami insomnia untuk tidur.

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Kamu Dapatkan Ketika Menikmati Musik Metal

4. Mengurangi makan

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmuunsplash.com/willianwest

Dengan memainkan musik lambat serta mengondisikan ruangan untuk memiliki penerangan yang tak terlalu terang, hal itu dapat membuat seseorang menjadi lebih lambat dalam makan. Selain itu, orang tersebut akan makan dengan porsi yang lebih sedikit. Mungkin karena itulah restoran-restoran ternama selalu menyajikan musik-musik yang lambat dengan penerangan yang sedikit remang.

5. Memperlancar aliran darah

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmuunsplash.com/priscilladupreez

Ilmuwan menemukan fakta bahwa emosi pasien yang terpengaruh musik memiliki efek menyehatkan untuk aliran darahnya. Musik membuat partisipan merasa lebih bahagia dan sebagai hasilnya aliran darah mereka menjadi lebih lancar.

6. Membuatmu fokus

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmuunsplash.com/leferme

Mendengarkan musik lambat memasukkanmu secara otomatis kepada situasi meditasi. Itu dikarenakan musik mengubah kecepatan gelombang otak, menciptakan aktivitas otak yang setara kamu bermeditasi dan menjadikan otak dalam mode fokus setiap saat. Dalam dunia kesehatan, hal ini juga dapat dipergunakan untuk mengurangi migrain.

7. Memudahkan penyembuhan bagi penderita stroke

Mengejutkan, Ini 7 Fakta Bahwa Musik Favoritmu Memengaruhi Kesehatanmuunsplash.com/rawpixel

Ilmuwan di Finlandia menemukan fakta bahwa penderita stroke yang mendengarkan musik dua jam dalam sehari memperoleh peningkatan memori verbal. Selain itu mereka juga memiliki mood yang lebih baik, jika dibandingkan dengan penderita yang tidak mendengarkan musik.

Mengesampingkan selera musikmu, sangat jelas sekali bahwa lagu-lagu memiliki dampak positif ke dalam hidup dan kesehatanmu. Sekarang kamu punya alasan mengapa kamu harus memutar keras-keras musik di dalam kamarmu.

Baca Juga: Dengarkan Musik Hip Hop Mampu Kurangi Gejala Depresi 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You