Comscore Tracker

Sakit Punggung Bawah? Coba Lakukan 8 Gerakan Ini untuk Menguranginya

Lakukan secara ringan saja, jangan berat-berat

Sakit punggung adalah salah satu permasalahan kesehatan paling umum yang terjadi pada tiap orang. Jurnal dari NCBI menyebutkan jika kasus sakit punggung ini meningkat dua kali lipat dibanding satu dekade yang lalu. Kasusnya menyerang pria maupun wanita dari berbagai etnis dan terus meningkat seiring berjalannya umur.

Banyak faktor yang mempengaruhi sakit punggung. Salah satu yang dikatakan bisa memunculkan rasa sakit tersebut adalah masalah mental. Stres, depresi hingga kecemasan bisa memicu hal tersebut. Oleh karena itu dalam menyembuhkannya diperlukan diagnosis dokter terlebih dahulu. Tapi kamu bisa mengurangi rasa sakitnya dengan beberapa gerakan ini yang disarankan onhealth.com.

1. Partial Crunches

https://www.youtube.com/embed/Xyd_fa5zoEU

Gerakannya tak jauh berbeda dengan sit-up. Bedanya kamu tidak membangunkan tubuhmu sampai seperti sit-up. Kamu hanya melakukan gerakan kecil untuk bagian perut. Sit-up malah hanya akan menyakiti pinggang punggungmu.

2. Harmstring streches

https://www.youtube.com/embed/g5ZO7X5wTd4

Pemanasan harmstring mengurangi rasa sakit di punggung bagian bawah karena melemaskan oto-otot bagian itu.

3. Wall sits

https://www.youtube.com/embed/y-wV4Venusw

Selain menguatkan otot perut, wall sits bisa mengurangi rasa sakit punggung. Lakukan ini ketika beristirahat dari duduk di sofa.

4. Press up back extensions

https://www.youtube.com/embed/tIZppe-RB0g

Salah satu gerakan utama untuk mengurangi rasa sakit di punggung.

Baca Juga: 5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Pinggang yang Mengganggu

5. Bird dog

https://www.youtube.com/embed/wiFNA3sqjCA

Bird dog adalah gerakan untuk melatih otot perut. Tetapi karena gerakannya juga bergantung pada otot punggung, bird dog bisa merelaksasi punggung.

6. Knee to chest

https://www.youtube.com/embed/7xy99ZgARVA

Latihan ini berfokus pada area bagian punggung bawah serta kaki dan merupakan latihan yang ringan sehingga tidak membebani otot punggung bagian bawah.

7. Pelvic tilt

https://www.youtube.com/embed/lTX15Qk1xTM

Gerakan ini dirancang khusus untuk menguatkan pinggang. Di satu pelvic tilt sangat berguna melemaskan otot-otot area punggung bagian bawah.

8. Latihan aerobik

Sakit Punggung Bawah? Coba Lakukan 8 Gerakan Ini untuk Menguranginyasnowbowl.ski

Latihan aerobik meliputi berenang, bersepeda, berjalan dan lainnya yang sekiranya bisa meningkatkan detak jantungmu dan membuatmu bergerak. Staminamu juga akan bertambah seiring berjalannya waktu melakukan latihan.

Perhatikan satu hal: lakukan gerakan ini dengan perlahan-lahan dan ringan saja. Jangan melakukannya dengan intens karena itu malahan akan memperparah sakit punggung. Latihan-latihan ini sejujurnya jauh lebih baik dilakukan sebelum menderita sakit punggung sehingga bisa menghindarkanmu dari masalah kesehatan tersebut.

Satu lagi: tetap periksakan diri ke dokter. Bisa saja rasa sakit itu datang dari penyakit kronis yang perlu kamu waspadai.

Baca Juga: 10 Pose Yoga untuk Menghilangkan Sakit Punggung

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya