Comscore Tracker

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Peroleh

Bersyukurlah karena kamu bisa hidup sehat secara alami

Kesehatan adalah salah satu sektor utama terpenting dalam suatu negara dan sering kali menjadi tolok ukur bagaimana kemajuan negara tersebut. Sayangnya, Indonesia tidak masuk dalam 10 besar negara paling sehat di dunia.

Alasannya beragam: teknologi yang belum terlalu maju, sumber daya manusia yang kalah saing, dan sebagainya. Apa benar begitu?

Sebetulnya kalau dipikir-pikir lagi, Indonesia punya banyak keunggulan yang tidak dimiliki banyak negara lain, khususnya dalam hal alam. Manfaat-manfaatnya sering dirasakan, tapi tidak kita sadari. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat Indonesia adalah negara yang patut ditinggali karena dapat mendukung kesehatanmu.

1. Punya banyak flora yang dapat digunakan sebagai obat

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Perolehtebmedtourism.com

Bahan utama dari suatu obat seringnya datang dari tanaman. Bicara tentang tanaman obat alias herbal, Indonesia bisa dibilang adalah jagonya.

Dalam sebuah ulasan berjudul “Jamu: Indonesian traditional herbal medicine towards rational phytopharmacological use” dalam "Journal of Herbal Medicine" tahun 2014, disebutkan bahwa keragaman hayati di negara ini memunculkan berbagai pengobatan alternatif alami. Salah satunya adalah jamu. Ada banyak ragam tanaman sebagai bahan jamu dengan manfaat berbeda. Misalnya jintan putih yang bisa menjadi minyak esensial untuk mengatasi masalah perut dan masih banyak lagi.

Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir atau kebingungan mencari obat. Cukup mencari jamu yang racikannya sesuai untuk mendukung kesehatanmu. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun menyarankan untuk mengonsumsi obat-obatan herbal yang secara harga lebih terjangkau.

2. Paparan sinar matahari yang bagus bagi tubuh

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Perolehbabbel.com

Indonesia masuk dalam negara tropis, yang artinya bersuhu hangat dan disinari oleh sinar matahari sepanjang tahun. Baru-baru ini terdapat penelitian yang mengungkap jika sinar matahari berperan langsung dalam kesembuhan pasien COVID-19 di Indonesia.

Penelitian yang masuk dalam jurnal "Science of The Total Environment" volume 729 yang terbit pada 10 Agustus lalu menyebutkan, paparan sinar matahari yang lebih lama terhadap pasien COVID-19 akan membantu mempercepat penyembuhan.

Walaupun sinar matahari tidak membunuh virusnya, tapi itu dapat mendukung kondisi kesehatan pasien COVID-19 untuk pulih lebih cepat. Hal itu dikarenakan sinar matahari mendukung peningkatan sistem imun, menyuplai produksi vitamin D dalam tubuh, hingga melepas hormon endorfin yang meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Durasi siang dan malamnya seimbang

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Perolehbotani.com.au

Ada fenomena bernama midnight sun, yang mana matahari tetap terbit walau sudah menjelang malam, menjadikan area itu tetap terang. Sedikit banyak ini dapat mengganggu jam biologis terganggu, sehingga berimbas pada kesehatan. Beruntung Indonesia tidak mengalami hal itu.

Berada di garis khatulistiwa, Indonesia selalu mendapatkan siang dan malam yang berimbang. Itu membuatmu dapat beraktivitas dan beristirahat dengan seimbang pula. Dilansir The Atlantic, terganggunya siklus alami di kita akan menimbulkan beberapa masalah.

Sebagai contoh, meningkatkan risiko terkena serangan jantung akibat ritme jantung yang ikut tidak teratur, hingga imunitas tubuh yang menurun karena tubuh kurang istirahat.

Baca Juga: 7 Penyakit Ini Paling Sering Menyerang Anak Indonesia, yuk Jaga Mereka

4. Bahan makanan yang beragam

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Perolehmedicaldaily.com

Selain keragaman hayati, Indonesia juga memiliki keragaman hewani. Tak hanya di darat, tetapi juga di laut.

Sebuah artikel dalam "Food and Nutrition Research" tahun 2016, ikan memiliki kandungan vitamin D, beta-karoten, dan folat, sedangkan daging merah menyimpan energi dan zat besi yang tinggi. Nah, bagi ikan maupun daging merah, keduanya banyak dijumpai di Tanah Air.

Dengan mengonsumsinya secara seimbang, maka kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat.

5. Kelembapan udara yang terjaga

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Perolehbcbstwelltuned.com

Kelembapan udara area Indonesia rata-rata berkisar di angka 30 derajat Celcius. Dalam beberapa laporan di berbagai media beberapa waktu lalu, ada informasi kalau kelembapan udara memengaruhi perkembangan COVID-19 dan dianggap tidak ideal bagi virus penyebabnya, yaitu SARS-CoV-2. 

Dalam laman SensorPush, disebutkan bahwa kelembapan udara yang rendah membuat virus bertahan lebih lama di udara dan itu mengindikasikan adanya risiko yang lebih tinggi untuk terpapar penyakit.

Selain itu, mata hingga kulit juga lebih mudah mengering dan memberi sensasi gatal yang mengganggu. Jadi, beruntunglah kamu yang hidup di Indonesia karena kelembapan udaranya tak terlalu kering, tapi juga tak terlalu basah.

6. Akses air bersih yang memadai

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Perolehwvpublic.org

Salah satu hal yang menjadi kunci utama dari tingkat kesehatan yang tinggi adalah ketersediaan air bersih. Beberapa negara masih mengalami kesulitan mendapatkan air karena area yang tandus.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membeberkan beberapa fakta unik terkait air bersih, seperti satu dari empat fasilitas kesehatan di dunia masih kesusahan untuk mengakses air bersih. Jika menggunakan air kotor atau yang telah terkontaminasi, kesehatan tentunya bisa terganggu.

7. Hutan hujan di Indonesia sangat banyak

Hidup di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Perolehvox.com

Jangan menyepelekan elemen ini. Berdasarkan data dari organisasi ekologi WWF, hutan hujan sangat berpengaruh kepada kesehatanmu. Tak hanya sebagai penyumbang oksigen dunia, keberadaan hutan hujan memberikan banyak berbagai sumber yang dapat digunakan untuk obat-obatan.

Lihat saja suku-suku pedalaman yang mendiami area di beberapa hutan hujan. Mereka masih menggunakan hewan dan tumbuhan yang terdapat di hutan itu untuk mengobati penyakit, bukan bergantung pada pengobatan modern.

Selain itu, keberadaan hutan hujan juga memberikan dampak dalam menjaga perubahan iklim. Iklim yang berubah pasti akan membuatmu jatuh sakit, mengingat tubuhmu harus beradaptasi dengan kondisi sekitar.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dibanggakan dari Indonesia, yang bisa berdampak bagi pada kesehatan tubuh. Kamu cuma harus jeli, karena sering kali kamu tidak menyadarinya.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Bikin Tidur Nyenyak, 6 Tanaman Hias Ini Hasilkan Oksigen di Malam Hari

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya