Comscore Tracker

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!

Bisa buat mengangkat dua gajah kalau dikumpulin

Rambut itu hal yang menarik, karena benar-benar merupakan mahkota kita. Kemenawanan seseorang bisa tampak lewat dari rambut yang dia miliki. Tidak sedikit untuk mempercantik diri, banyak dari kita memotong atau bahkan mewarna rambutnya, yang mana kita tak terlalu habis pikir akan salah satu bagian tubuh kita tersebut. Padahal rambut sendiri banyak menyimpan rahasia yang tidak ketahui. Ini dia fakta-fakta yang telah terkuak.

1. Manusia memiliki 100 ribu hingga 150 ribu helai rambut

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!unsplash.com/danielapodaca96

Menariknya hampir tiap hari rambut kita rontok dari 50 hingga 150 helai rambut tiap hari. Namun karena pertumbuhan rambut yang begitu cepat (tercepat kedua setelah tulang sumsum), rambut di kepala tidak pernah habis. Dia dapat tumbuh langsung setelah rontok. FYI, umur tiap helai rambutmu adalah lima tahun.

2. Rambut berbahan yang sama dengan cula

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!unsplash.com/yoannboyer

Nama material itu adalah keratin. Selain cula, keratin juga membentuk paruh, cakar, bulu dan kuku. Karena itu dengan diameter yang sama, rambutmu lebih kuat ketimbang kabel tembaga.

Satu helainya dapat menahan beban hingga 100 gram. Jika dikalikan dengan jumlah rata-rata rambutmu, seluruh rambut di kepalamu dapat untuk menahan bobot dua ekor gajah sekaligus.

3. Rambut menyimpan banyak informasi

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!unsplash.com/elashv

Lewat sehelai rambut, kamu dapat dikenali dengan mudah. Itu karena rambut menyimpan informasi yang masuk ke darahmu. Salah satunya adalah informasi penggunaan narkoba. Karena itulah rambut sering digunakan forensik untuk mengenali identitas mayat. Hal yang tidak dapat dikenali adalah masalah seksual karena struktur rambut wanita dan pria sangat identik.

Baca Juga: 11 Cara Alami untuk Mencegah dan Mengobati Rambut Rontok, Yuk Coba!

4. Warna rambut merah adalah yang paling langka

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!unsplash.com

Di dunia ini rambut hitam adalah yang paling umum, sedangkan merah adalah yang paling langka. Hanya satu persen jumlah manusia di dunia ini yang memiliki warna rambut tersebut.

Sedangkan yang rambutnya pirang hanyalah dua persen. Tetapi rambut pirang memiliki jumlah helai rambut yang lebih banyak di antara semuanya dan merah adalah yang paling sedikit.

5. Rambut dapat tumbuh lebih cepat di tempat hangat

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!unsplash.com/xangriffin

Panas menstimulasi sirkulasi tubuh dan memicu rambut untuk tumbuh. Tentu saja hal ini berhubungan erat dengan genetik dan pola makan. Rata-rata rambut kita bertumbuh 0,3 hingga 0,5 mm per hari, 1,25 cm untuk per bulan dan 15 cm untuk tiap tahunnya.

6. Rambut memiliki kemampuan menyerap

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!unsplash.com/srz

Apakah kamu tahu kalau pada 2007, rambut digunakan untuk menyerap minyak yang tumpah ke lau dalam kasus Cusco Busan di San Fransisco?

Buktinya rambut dapat meregang hingga 30 persen lebih panjang ketika basah. Lebih dari itu, rambut juga dipergunakan sebagai perhiasan pada era Victoria.

7. Rambut terus bertumbuh

Rambutmu itu Spesial, Ini 7 Bukti Kekuatan Supernya yang Gak Disadari!unsplash.com/pminhai

Dikatakan rambut kita itu pada dasarnya mati, terkecuali rambut yang ada di lapisan epidermis kulit kepala. Namun rambut tetap terus tumbuh. 90 persen rambut kita tumbuh di saat bersamaan, sedangkan 10 persen lainnya beristirahat.

Anehkan rambut kita. Ribuan helai yang ada di kepala dan seluruh tubuh ini ternyata memiliki segudang fungsi dan rahasia yang tidak disangka-sangka. Apakah kalian tahu lagi fakta unik mengenai rambut kalian? Bagikan informasinya lewat kolom komentar ya.

Baca Juga: 5 Rambut di Tubuh Cewek yang Ternyata Gak Boleh Dicabut Sampai Akar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You