Comscore Tracker

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parah

Pokoknya jangan kena yang garis hitam di bawah kuku deh

Kuku jari tangan dianggap sebagai salah satu bagian tubuh yang tidak luput dari perhatian orang lain. Karena sebagai orang dengan tangan yang normal, kuku akan sering terlihat oleh orang lain. Tidak heran banyak gerai perawatan kuku telah dibuka di mana-mana. Namun, tanpa perlu dipermak menjadi lebih cantik, ada beberapa orang dengan kondisi kuku yang terlihat unik. Padahal, kuku yang bagi beberapa orang tampak cantik, ternyata maknanya tidak demikian.

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahgfycat.com

Tubuh kita adalah rangkaian puzzle yang merupakan satu kesatuan. Bermasalahnya satu bagian itu dapat mempengaruhi seluruh bagian tersebut, dan kuku merupakan salah satu rangkaian puzzle itu.

Lewat kuku, kamu dapat menebak bagaimana kondisi kesehatanmu saat ini. Berikut adalah arti-arti dari kondisi kukumu untuk masalah kesehatanmu. Ingat, ini tidak tampak jika kamu mewarnainya.

1. Kuku pucat

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahaarp.org

Kuku yang pucat bisa menjadi indikasi penyakit yang cukup mengganggu. Beberapa di antaranya adalah anemia, penyakit liver, malnutrisi, hingga risiko gagal jantung.

2. Kuku putih

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahhealthline.com

Jika kukumu berwarna putih dengan pinggiran hitam, ini bisa jadi indikasi adanya gangguan yang menyerang livermu. Salah satu contohnya adalah hepatitis.

3. Kuku kuning

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahescholarship.org

Salah satu permasalahan paling umum kuku kuning adalah infeksi jamur. Semakin parah infeksinya, maka kukumu dapat ditarik dan kukumu akan lebih tebal serta hancur. Untuk kasus langka, kuku kuning menjadi indikator penyakit tiroid, penyakit paru-paru, diabetes dan psoriasis.

4. Kuku kebiruan

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahcrazyvitamins.com

Warna kuku ini bisa menjadi bukti kamu kekurangan oksigen. Ini menjadi indikasi kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan paru-paru. Beberapa masalah jantung juga bisa diasosiasikan dengan kuku yang kebiruan.

Baca Juga: Kenapa di Kuku Kadang Ada Bercak Putih? Begini Penjelasannya!

5. Kuku beriak

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahfab.ng

Atau kukumu tidak halus mulus. Kuku seperti ini bisa jadi pertanda peradangan arthritis atau psoriasis. Adalah hal yang umum warna kulit di bawah kuku tampak berwarna coklat kemerah-merahan.

6. Kuku pecah

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahyoutube.com Tanya Chaudhary

Kuku yang kering dan sering kali pecah-pecah sering disangkutpautkan dengan penyakit tiroid. Jika kuku pecah-pecah dengan warna kekuning-kuningan, itu lebih dikarenakan karena infeksi jamur.

7. Garis hitam di bawah kuku

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahthesun.co.uk

Jika kamu mendapat tanda ini di kukumu, segera periksakan. Kemungkinan terbesar garis tersebut disebabkan oleh melanoma, kanker kulit paling berbahaya.

8. Kulit merah pada dasar kuku

Awalnya Dikira Punya Kuku Jari Unik, Ternyata Tanda Penyakit Parahcrazyvitamins.com

Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, itu adalah bentuk peradangan. Hal ini bisa diakibatkan karena adanya lupus atau gangguan lain. Infeksi ini bisa juga menjalar kepada lipatan kuku.

Hayo, kamu.. Iya, yang pakai pewarna kuku. Warna kuku normalmu apa? Jangan sampai kayak di atas. Jangan sampai kamu menderita penyakit. Coba dicek lagi kondisi kukunya, siapa tahu memang tidak sehat.

Baca Juga: Hati-hati dengan Kebiasaan Menggigit Kuku, Ini 8 Akibat Seriusnya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya