Comscore Tracker

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!

Fakta unik: alergi kedelai kemungkinan besar alergi susu

Alergi itu menyebalkan. Untuk tidak mendapatkan reaksinya, satu-satunya cara adalah dengan menghindari material penyebab alergi. Material itu ada banyak. Mulai dari serbuk bunga hingga sengatan lebah. Namun salah satu alergi paling umum yang diderita orang adalah alergi makanan.

Setidaknya berdasarkan jurnal NCBI, ada lima persen orang dewasa dan delapan persen anak-anak yang mendapatkan alergi makanan. Menariknya lagi, alergi ini kemungkinan muncul dari delapan makanan. Berikut adalah jenis makanannya.

1. Susu sapi

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!camelmilk.com

Paling banyak tampak pada bayi dan anak-anak. Menurut healthline.com sekitar dua sampai tiga persen bayi dan balita mendapatkan alergi ini, membuat alergi susu sapi menjadi alergi makanan yang paling sering diderita. Reaksi alergi akan muncul sekitar lima sampai tiga puluh menit.

2. Telur

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!eggs.ca

Makanan kedua yang paling banyak memiliki alergi setelah susu sapi. Hanya saja alergi ini kemungkinan besar akan hilang. 68 persen anak-anak tidak akan mengalami alergi telur lagi setelah 16 tahun berdasarkan data jurnal berjudul “The Natural History of Egg Alergy.”

3. Kacang pohon

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!healthywomen.org

Ini adalah makanan yang berbentuk kacang-kacangan atau merupakan biji pohon. Contoh makanannya adalah kacang Almond, kacang mete, kacang pinus, hingga kenari. Kandungan berisi kacang ini biasa terdapat pada selai kacang hingga minyak.

4. Kacang-kacangan

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!theproducenerd.com

Serupa dengan alergi kacang pohon, tetapi tidak sama. Itu karena kacang-kacangan masuk dalam kelompok polong. Tidak ada yang tahu bagaimana alergi kacang-kacangan bisa muncul, tetapi bisa ditebak orang yang memiliki keluarga dengan sejarah alergi kacang kemungkinan besar akan menderita alergi ini.

Baca Juga: 6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumah

5. Kerang

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!thefishsociety.co.uk

Alergi terhadap makanan ini datang akibat tubuh yang menyerang protein tropomyosin dari daging kerang yang masuk dalam tubuh. Alergi kerang meliputi makanan mengandung udang, lobster, cumi hingga kerang sendiri.

Reaksi alergi akibat makanan ini umumnya muncul dengan cepat. Perlu diketahui reaksi alergi ini cukup susah dibedakan dengan infeksi bakteri, virus atau parasit.

6. Gandum

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!britannica.com

Reaksi alergi dari gandum juga datang dari protein yang dimiliki makanan ini. Layaknya telur, alergi ini bisa hilang dan umumnya itu terjadi pada umur 10 tahun. Reaksi alergi gandum menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pencernaan, ruam, muntah-muntah, bengkak hingga mendapatkan anaphylaxis.

7. Kedelai

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!medicalnewstoday.com

Alergi kedelai berdasarkan jurnal dari NCBI menyebutkan diderita 0,4 persen anak-anak di dunia ini. Gejalanya adalah gatal, mulut yang keri, hingga hidung yang meler. Fakta menarik, beberapa kasus alergi susu sapi juga menderita alergi kedelai di saat bersamaan.

8. Ikan

8 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi, Hati-hati!swiggy.com

Salah satu makanan paling umum penyebab alergi. Dua persen orang dewasa menderita alergi ini berdasarkan jurnal NCBI. Kebalikan dari alergi pada umumnya, alergi ini malahan baru muncul biasanya saat beranjak dewasa. Penderita alergi ikan sering kali kebingungan karena mengira dirinya memakan ikan yang terkontaminasi bakteri, virus atau racun.

Kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu memiliki alergi makanan? Dikatakan ada satu cara yang bisa menyembuhkan alergi, bernama biohacking. Tekniknya adalah dengan pelan-pelan kamu mencoba mengonsumsi makanan yang alergi kepadamu dengan tujuan agar tubuh membiasakan diri. Silakan dicoba, tapi jangan memakannya terlalu banyak.

Baca Juga: Lakukan 8 Biohack Ini untuk Lebih Menyehatkan Tubuhmu, Gampang Kok!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You