Comscore Tracker

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Ini

Semuanya sudah teruji secara ilmiah

Tanggal 21 Mei adalah hari meditasi sedunia. Sudah selayaknya kamu mencoba melakukan kegiatan tersebut. Terlihat membosankan sih karena tampak hanya duduk-duduk, diam dan memikirkan banyak hal.

Akan tetapi sebenarnya banyak manfaat baik untuk kesehatan yang bisa didapatkan dari hal itu lho. Berikut ini adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut yang telah teruji oleh para peneliti.

1. Mengurangi stres

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Inimindful.org

Ini adalah alasan mayoritas orang memulai meditasi. Pada umumnya, tekanan baik pada fisik maupun mental dapat meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh.

Hormon ini menyebabkan orang susah tidur, terkena depresi dan kecemasan, meningkatkan tekanan darah hingga menimbulkan kelelahan. Dengan mengurangi kadar stress lewat meditasi, otomatis kamu juga menghindarkan diri dari masalah-masalah kesehatan tersebut.

2. Mengurangi risiko terkena memori jangka pendek

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Inivariety.com

Ada salah satu metode meditasi yang bernama Kirtan Kriya. Itu adalah metode meditasi yang mengombinasikan mantra dengan gerakan jari yang berulang agar terfokus. Hal ini meningkatkan kemampuan mengingat. Setidaknya ada 12 studi yang berhasil membuktikan kemujaraban meditasi dalam meningkatkan kemampuan otak.

3. Membantu menghadapi kecanduan

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Inihealthline.com

Jika kamu seorang pecandu obat-obatan atau makanan yang tidak bisa berhenti mengonsumsi, meditasi seharusnya bisa membantumu mengatasi masalah tersebut. Riset menunjukkan meditasi dapat mengalihkan perhatian dari sesuatu dan membantu untuk fokus serta menguatkan tekad.

Ada studi yang melakukan riset terhadap 19 alkoholik. Mereka belajar meditasi dan hasilnya mereka lebih dapat mengontrol kecanduannya tersebut.

Baca Juga: Gak Cuma Menenangkan, Meditasi Juga Bisa Bikin Berat Badanmu Turun!

4. Meningkatkan tidur

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Inispineuniverse.com

Ada fakta yang menunjukkan jika setengah dari populasi manusia mengalami imsomnia alias gangguan tidur. Karena itulah dilakukan riset yang mengajak dua grup penderita insomnia. Satu grup diajarkan bagaimana caranya bermeditasi dan yang satunya tidak. Mereka yang bermeditasi tidur lebih cepat, lebih lelap dan lebih lama.

5. Membantu mengontrol rasa sakit

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Inipracticalpainrelief.org

Rasa sakit berhubungan dengan respons di otak. Sebuah studi lewat metode MRI melihat aktivitas otak para partisipan. Beberapa di antaranya melakukan meditasi dan yang lain tidak. Pasien yang bermeditasi menunjukkan adanya aktivitas otak yang lebih bisa mengontrol rasa sakit. Pasien tersebut juga melaporkan mereka lebih tahan rasa sakit.

6. Mengurangi tekanan darah tinggi

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Initoday.com

Tadi sudah dijelaskan di poin pertama jika rasa stres yang berkurang dapat menurunkan tekanan darah. Dalam koneksi tersebut, tekanan darah yang tinggi mampu menyebabkan berbagai penyakit. Bisa stroke, dementia hingga serangan jantung. Meditasi dapat membantu masalah tekanan darah ini dengan cara menenangkan sistem saraf yang berhubungan langsung dengan fungsi jantung.

7. Meningkatkan imunitas

Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Inihollandandbarrett.com

Terdapat sebuah studi yang dibuat oleh Ohio State University menunjukkan jika otot yang relaks karena pikiran yang tenang mengurangi risiko seseorang terkena kanker payudara. Ada pula studi yang menunjukkan jika pasien berumur mendapatkan peningkatan sel imun setelah mencoba meditasi.

Itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermeditasi. Dicoba dulu aja. Siapa tahu meditasi yang tampaknya membosankan itu memang cocok untuk dirimu.

Baca Juga: Lagi Stres? Ini 6 Cara Asyik Tenangin Diri Tanpa Meditasi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You