Comscore Tracker

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarang

Kamu gak mau kan harus menjalani cuci darah terus

Dewasa ini banyak anak muda yang sudah terkena penyakit atau gangguan kesehatan yang mematikan. Salah satunya adalah gagal ginjal. Bisa dibilang gangguan kesehatan adalah salah satu yang paling tidak enak karena menyebabkan sang penderita harus mengikuti proses dialisis atau cuci darah.

Selain itu sang penderita juga tidak bisa seenaknya mengonsumsi makanan dan minuman. Harus ada diet yang sesuai dengan anjuran dokter dan sering kali itu sangat menyiksa sang penderita karena gaya hidup mereka menjadi terbatas. Berikut ini adalah penyebab gagal ginjal di usia muda yang harus kamu ketahui!

1. Diabetes

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangmedicalnewstoday.com

Ini adalah penyebab gagal ginjal yang paling umum terjadi. Diabetes membuatmu tidak dapat memproduksi hormon insulin yang berguna untuk mengubah gula yang kamu konsumsi menjadi energi. Dengan tidak adanya hal tersebut, kadar gula akan terus menumpuk dan pada akhirnya merusak pembuluh darah yang ada di ginjal dan membuatnya rusak.

2. Tekanan darah tinggi

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangheartfoundation.org.au

Jantung yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Gangguan ini umumnya disebabkan pola hidup yang kurang sehat, seperti kurangnya berolahraga atau karena konsumsi alkohol yang sangat tinggi.

3. Penyakit yang menyerang imun tubuh

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangyoutube.com Health Care Tips

Contohnya adalah lupus dan penyakit Berger. Pada kasus lupus, ginjal akan membengkak dikarenakan adanya serangan kepada sel-sel sehatmu dan makin lama hal tersebut akan makin melukai ginjal. Bahkan dapat memberikan goresan kepada lupus.

Sedangkan pada penyakit Berger, kemampuan menyaring yang dimiliki oleh ginjal lah yang dirusak. Itu semua dikarenakan adanya penumpukan protein dan membuat gumpalan pada penyaring.

4. Penyakit genetik

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangblog.pregistry.com

Ini adalah sesuatu yang susah dihindari mengingat penyakit tersebut sudah dibawa oleh keluargamu ataupun karena adanya mutasi genetik dalam tubuh. Salah satunya adalah polycystic kidney disease (PKD) yang mana membuat ginjal membesar. Pembesaran tersebut menyebabkan lapisan terluar dari ginjal itu sendiri terluka dan pada akhirnya dapat menciptakan gagal jantung.

Baca Juga: 10 Gejala Kanker Ginjal yang Jarang Disadari Orang Awam, Waspada!

5. Sindrom nefrotik

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangclinicaladvisor.com

Sindrom nefrotik adalah kumpulan gejala yang tampak ketika ginjalmu tidak berjalan dengan baik. Gejala-gejalanya meliputi terlalu banyak protein di air kencingmu, rendahnya tingkat protein dalam tubuh, tingginya tingkat kolesterol dan lemak dalam darah, serta kaki dan tangan yang membengkak.

6. Serangan jantung

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangmenshealth.com

Serangan jantung dapat menyebabkan fungsi ginjal berhenti secara tiba-tiba dan serangan ini bisa disebabkan dari konsumsi makanan yang kurang sehat. Seperti terlalu banyaknya memakan snack dengan kandungan garam yang tinggi.

7. Penggunaan obat-obatan terlarang

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangcapx.co

Ginjal merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun dan mengubahnya menjadi protein. Tentu saja penyaring itu pun tidak bisa menyaring seluruh racun yang ada dan juga tidak dalam jumlah yang banyak.

Dengan memberikannya obat-obatan yang memiliki kandungan kimiawi asing, tentu saja ginjalmu akan terkejut dan tidak bisa memprosesnya. Hasilnya, ginjalmu sendiri yang rusak.

8. Kurangnya darah yang mengalir ke ginjal

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangfi.edu

Masalah kelancaran darah ini bisa disebabkan karena kamu kurang minum air putih. Perlu diingat darah yang merupakan cairan juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Karena itu, jarang minum air putih dapat menyebabkan darah menjadi kental dan tidak dapat mengalir dengan lancar.

9. Masalah saluran kemih

9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarangherbalpharmacist.com

Ini juga berhubungan dengan konsumsi air. Jika kamu kurang minum, secara otomatis kamu kurang kencing dan kurang kencing akan menyebabkan adanya penumpukan protein di dalam ginjalmu. Penumpukan itu makin lama makin merusak organ dalam penyaring racun tersebut.

Pada dasarnya, selama kamu menjalani gaya hidup yang sehat dan tidak sembarangan makan dan minum, maka seharusnya kamu hampir tidak mungkin terkena gagal ginjal. Nah, itu dia penyebab gagal ginjal di usia muda dan sering-seringlah minum air putih agar ginjalmu berjalan dengan baik.

Baca Juga: Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 09:15:05

Progress: 759.857 dari 813.350 TPS (93.42313%)

Just For You