Comscore Tracker

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrah

kalau usia sudah tua masih bisa dimaklumi

Lupa adalah hal yang wajar bagi seseorang, tetapi terlalu sering lupa bisa sangat menyebalkan dan mengkhawatirkan. Bukan tanpa alasan, kelupaan bisa disebabkan oleh banyak hal: terlalu banyak pikiran, daya ingat yang lemah hingga terjangkitnya penyakit parah yang menyerang otak.

Itu semua bisa dijelaskan secara ilmu kesehatan. Hal yang lumrah pula jika orang-orang tua mudah lupa, tetapi bagaimana jika yang mudah lupa ini anak-anak muda, termasuk kamu? Berikut ini adalah kemungkinan-kemungkinan masalah yang menyebabkanmu sering lupa.

1. Kurang tidur

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahmedicalnewstoday.com

Para peneliti di University of California, Berkeley pernah melakukan uji coba kepada orang-orang yang kurang tidur. Hasilnya mereka memiliki daya memori yang kurang kuat. Setelah diselidiki, penyebabnya gelombang otak yang tidak teratur. Gelombang otak ini berjalan lancar ketika kamu tidur dan pada saat itu memori terkumpul dengan maksimal.

2. Menggunakan obat

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahfortunespharmacy.ie

Beberapa obat memang punya efek samping mengurangi daya ingat dan menyebabkan penggunanya sering lupa. Menurut health.harvard.edu, beberapa obat tersebut adalah paroxetine, simetidin, oxybutynin, amitriptyline, hingga obat untuk demam yang biasanya mengandung brompheniramine, chlorpheniramine, atau diphenhydramine.

3. Permasalahan tiroid

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahthesun.co.uk

Ada kondisi bernama hypothyroidism, situasi di mana kelenjar tiroidmu tidak aktif. Ini menyebabkan kamu memiliki memori yang lemah serta gangguan tidur. Untuk mengetahui masalah hypothyroidism kamu perlu cek darah terlebih dahulu.

4. Konsumsi alkohol

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahmedicalnewstoday.com

Berdasarkan NIAAA, alkohol mengganggu otak dalam mengembangkan fungsinya untuk membuat memori baru. Itu artinya mereka para peminum kelas berat akan lupa apa yang terjadi ketika mereka minum, tetapi mengingat kejadian sebelumnya. Jika ini terjadi berkali-kali otak akan melemah.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajam

5. Stres

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahproactiv.com

Journal of Neuroscience menuliskan jika stres tak hanya berdampak pada masalah emosional saja, tetapi juga memori. Itu dikarenakan stres berdampak besar terhadap dua area otak, yaitu hipokampus dan amygdala yang mana dua area tersebutlah yang menjaga kemampuan memorimu. Akibatnya saat stres kamu akan sering melupakan sesuatu.

6. Depresi

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahnbcnews.com

Segala sesuatu yang mengganggu otak bisa menyebabkan kelupaan dan hal itu termasuk pada gangguan mental. Malahan sering lupa bisa menjadi gejala dari depresi. Penjelasan termudah mengapa orang depresi mudah lupa adalah karena mereka susah fokus.

7. Trauma di kepala

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahbiancakeeley.co.za

Tidak hanya dari segi mental, gangguan fisik yang mencederai kepala bisa jadi penyebab kamu mudah lupa. Memang tidak tampak terluka, namun bisa jadi luka itu terjadi di dalam kepala. Karena itu kasus sering lupa akibat trauma di kepala bisa berlangsung sangat lama atau permanen dan hal ini tidak bisa disinyalir dalam waktu bulanan.

8. Kekurangan vitamin B12

8 Penyebab Mudah Lupa di Usia Muda, Jangan Sepelekan karena Tak Lumrahthedoctorweighsin.com

Vitamin B12 berperan penting dalam perkembangan otak. Menurut saga.co.uk, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan penyusutan otak yang membuat seseorang mudah bingung hingga mudah lupa.

Bagaimana? Apa ada salah satu hal ini yang kamu rasa penjadi penyebab sering lupamu? Segeralah diatasi sebelum berimbas kepada permasalahan yang lain. Kamu tidak mau dimarahi karena kelupaan hal-hal yang remeh kan? Lupa tanggal jadian, lupa gak mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

Baca Juga: Meditasi sampai Berolahraga, Ini 7 Cara Melatih Otak agar Tetap Sehat

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya