Comscore Tracker

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienis

Walaupun resikonya kecil, tetapi selalu ada kemungkinan kena

Toilet adalah salah satu tempat paling jorok di muka bumi. Jika tidak sering dibersihkan, ruang kecil tersebut bisa menjadi tempat ajang berkumpulnya berbagai penyakit yang cukup "populer". Berhati-hatilah untuk yang sering menggunakan toilet umum. Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang bisa kamu temui di toilet kotor.

1. Jerawat di pantat

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienismedicalnewstoday.com

Kamu tahu apa yang membuat adanya jerawat di pantat? Higienitas. Jika celana dalam yang kamu pakai tidak bersih, jerawat di pantat pun bisa kamu dapatkan. Itupun juga yang bisa terjadi jika dudukan toilet tidak bersih juga. Berhati-hatilah untuk yang menggunakan toilet umum.

2. Ebola

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienisface2faceafrica.com

Percaya tidak percaya, penyakit berbahaya yang sempat mewabah ini dikatakan bisa menular lewat toilet juga. Di Afrika sana, kedokteran setempat harus terus mewaspadai hal-hal yang digunakan atau dikenakan para penderita ebola. Mulai dari toilet hingga ujung sepatu, semuanya memiliki risiko untuk menularkan.

3. Hepatitis A

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienisabc6onyourside.com

Dikatakan ini adalah penyakit yang cukup umum menyerang para pengguna toilet kotor. Diikuti dengan gejala demam, mual hingga keram perut, penyakit bisa jadi hal yang berbahaya jika telat disadari dan diwaspadai. Virus hepatitis A sendiri sering ditularkan lewat kotoran dari orang yang terinfeksi.

Baca Juga: Cek Dulu Deh, 7 Jenis Bau Badan Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Lho!

4. Pilek dan flu

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienisvitalrecord.tamhsc.edu

Banyak penelitian menunjukkan jika gagang pintu hingga penyiram toilet merupakan area paling kotor di toilet, termasuk salah satunya dari virus influenza. Karena itu toilet umum sering menyebabkan kamu rentan terhadap penyakit flu.

5. Jamur kulit

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienissamadimd.com

Pernahkah kamu melihat iklan-iklan tentang salep pembersih jamur kulit? Di iklan tersebut selalu ditunjukkan lokasi kamar mandi atau toilet. Itu karena kelembapan ruangan itu memang faktor terbesar untuk meninggikan resiko hidupnya jamur, tak terkecuali jamur kulit yang biasa terdapat di kaki. Ini bisa terjadi jika mereka yang menggunakan toilet tidak mengenakan alas kaki.

6. Infeksi bakteri enteric

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienisgutmicrobiotaforhealth.com

Infeksi ini datang dari makanan terkontaminasi yang masuk ke dalam tubuh dan terbawa oleh feses serta muntahan yang dikeluarkan oleh mereka yang terinfeksi. Adapun itu adalah virus salmonella dan e.coli yang menyebabkan gejala-gejala macam diare, keram perut, mual dan muntah-muntah.

7. Penyakit pencernaan

7 Penyakit Ini Bisa Mengancam Kamu Kalau Pakai Toilet Tidak Higienisaarp.org

Penyakit-penyakit gangguan pencernaan juga bisa didapatkan oleh penggunaan toilet yang tidak higienis. Hal ini bisa datang dari mana saja. Mulai kontaminasi tangan yang datang dari menggunakan gagang pintu hingga dudukan toilet bekas penggunaan orang lain.

Semua penyakit ini bisa menular ke kamu jika tubuhmu tidak fit. Karena itu sering-seringlah berolahraga dan hidup sehat agar kalau suatu hari nanti kamu harus menggunakan toilet kotor, kamu tidak akan kenapa-kenapa.

Baca Juga: Waspadai 6 Penyakit Non-higienis yang Bisa Mewabah Pasca Bencana Alam

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You