Comscore Tracker

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korban

Tidak pernah baik dari segi kesehatan

Manusia suka menantang dirinya sendiri. Lihat saja bagaimana adanya Guinness World Record yang menunjukkan rekor-rekor dunia. Yang ditantang tak hanya masalah mental saja, tetapi begitu pula dengan fisik seseorang. Oleh karena itu tidak kaget jika ada acara yang memberikan tantangan-tantangan tertentu yang rasanya tidak masuk akal.

Namun tantangan tersebut terkadang tidak baik bagi kesehatan, khususnya jika yang ditantang adalah daya tahan tubuh. Contoh saja maraton. Dalam tulisan BBC yang mencoba menguak efek maraton pada tubuh, dituliskan jika tantangan fisik yang kuat itu mampu merusak jaringan tubuh akibat gerakan dan menyebabkan kecelakaan.

Ada beberapa tantangan fisik macam itu yang cukup aneh dilakukan di dunia ini. Beberapa di antaranya malahan merenggut korban. Dilansir dari Listverse, berikut ini adalah beberapa tantangan super fisik yang aneh.

1. Menyentuh truk

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korbantelegraph.co.uk

Tantangannya tampak sederhana, tapi tantangan menyentuh truk ini punya satu peraturan yang cukup ekstrem, yaitu penantang tidak boleh tertidur. Tantangan yang diadakan pada 2001 di Inggris ini berhasil mendapatkan pemenang bernama Jerry Middleton dengan rekor 81 jam, 43 menit dan 31 detik.

2. Menahan pipis

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korbanthehealthy.com

Tantangan menahan pipis yang diadakan pada 2007 ini berujung pada kematian pesertanya. Jennifer Strange mengikuti lomba menahan pipis untuk memenangkan konsol Nintendo. Untuk membuatnya semakin sulit, panitia memaksa para peserta tantangannya untuk meminum air tiap 15 menit.

Selesai perlombaan dengan posisi juara kedua, Jennifer absen kerja dengan alasan sakit dan setelah itu meninggal dunia. Setelah diperiksa, Jennifer mati dikarenakan keracunan air akibat terkumpulnya elektrolit dalam tubuh.

3. Danceathon

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korbanthesun.co.uk

Sesuai namanya, di sini kamu diuji untuk terus berdansa. Pada pertengahan 1920 hingga 1930an, tantangan ini sangat populer di Amerika hingga hampir di tiap sudut kota akan ada maraton ini.

Berdansa berjam-jam membuat banyaknya foto menarik yang ditangkap, seperti tertidur di pelukan. Tercatat dalam sejarah ada orang yang meninggal setelah 87 jam menari.

Baca Juga: 7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauh

4. Perlombaan sauna

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korbanslowfinland.fi

Di Finlandia, bersauna merupakan hal serius hingga berakhir menjadi sebuah kontes pada 1999. Namun semua itu berubah ketika ada tragedi.

Pada 2010, Timo Kaukanen, pemenang kontes 2009, harus diseret keluar dari sauna dengan luka bakar setelah panitia melihat ada yang tidak beres. Ada satu peserta lagi yang diseret keluar bernama Vladimir Ladyzhenskiy, namun dirinya tak selamat.

5. Menahan dingin

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korbanchinadaily.com.cn

Dikatakan menahan dingin itu rasa sakitnya bisa disetarakan dengan terbakar. Oleh karena itu rasa dingin bisa membunuh seseorang. Tapi tentu saja ada tantangan gila terkait hal ini.

Josef Koeberl adalah pemegang rekor menahan dingin paling. Dalam kotak berisi es melapisi tubuh, Josef dapat bertahan hingga dua jam, delapan menit dan 47 detik hanya dengan celana renang.

6. Tidak berhenti berbicara

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korbanyoumatter.suicidepreventionlifeline.org

Tantangan ini pernah dilakukan pada 1928 di New York. Para peserta dipersilakan berbicara selama mungkin tanpa perlu membicarakan sesuatu yang memiliki arti.

Bahkan pidatonya bisa tidak masuk akal, tapi itu tak masalah asalkan mereka terus berbicara. Acara ini diakhiri dengan antiklimaks dikarenakan tidak adanya pemenang. Pada akhirnya acara ini tak pernah dilangsungkan lagi.

7. Ciuman terlama

7 Tantangan Daya Tahan Tubuh Paling Aneh, Beberapa Memakan Korbandnaindia.com

Rekor terlama tantangan ini dipegang oleh Ekkachai dan Laksana Tiranarat dari Thailand. Mereka mampu berciuman selama 58 jam, 35 menit dan 58 detik ketika hari Valentine 2013.

Perlu kamu ketahui saja, tantangan ini tidak membolehkan salah satu pasangan tertidur dan penggunaan popok untuk masalah buang air. Jadi kalau ingin kencing atau buang air besar, pasangan harus tetap berciuman sambil ditemani panitia.

Seperti yang dituliskan di atas, tidak selalu tantangan macam ini baik. Ada kalanya tantangan yang menantang batas ketahanan manusia mampu memunculkan korban. Ada baiknya, jika mengikuti lomba macam ini, tetap mengetahui batasan yang kamu miliki. Lebih baik kalah daripada harus sakit atau malah mati.

Baca Juga: Apa yang Harus Dimakan Sebelum, Saat dan Setelah Lari Maraton?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya