Comscore Tracker

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napas

Yang punya kerabat penderita asma, bisa perhatikan ini

Asma adalah serangan pernapasan yang dapat menyerang secara tiba-tiba karena penumpukan lendir di area paru-paru dan merupakan bawaan genetik. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan umumnya mereka yang lebih sering mendapat serangan asma adalah anak-anak. Banyak hal yang dapat memicu hal ini, tetapi dipastikan itu berhubungan dengan udara di sekitar.

Untuk mereka yang memiliki anggota keluarga atau kerabat yang memiliki asma, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menekan risiko terkena serangan asma tersebut. Tidak sulit dan tidak mahal untuk melakukan semua hal itu. Hanya perlu sedikit konsistensi.

1. Melapisi kasur

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napasrealsimple.com

Memberikan dan melapisi kasur dengan sprei akan sangat membantu penderita asma. Debu-debu yang harusnya menempel di kasus tertempel di sprei yang dapat diganti dan dibersihkan keetimbang di kasur sendiri. Tapi jangan lupa untuk mencucinya saja.

2. Meminum espresso

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napasroastycoffee.com

Percaya tidak percaya, minuman berkafein cukup membantu untuk mereka penderita asma yang ringan. Kandungan kafeinnya sendiri merupakan bronchodilator yang artinya memiliki kemampuan untuk membuka jalan udara si peminum. Masih dilakukan studi lebih lanjut, tapi ada hasil yang menagtakan jika paru-parumu bekerja lebih baik selama kurang lebih empat jam setelah minum kopi.

3. Mandi air hangat

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napasthecomfybuddy.com

Banyak orang berasma yang merasa udara hangat itu melegakan. Karena itu dengan mandi air hangat yang memberikan banyak uap dapat membantu, terlebih untuk mengeluarkan lendir yang membuat susah bernapas. Sauna juga bisa dilakukan, tapi perlu diingat beberapa penderita malahan merasa panas membuat mereka susah bernapas. Penting untuk mengetahui apa yang memancing asma.

4. Batasi ruangan hewan peliharaan

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napaspetmd.com

Beberapa peliharaan mampu memicu serangan asma, khususnya hewan-hewan yang berbulu. Bukan bulunya yang menjadi masalah, melainkan sel kulit mati, saliva dan urinnya yang memicu hal itu. Jaga beberapa ruang di rumah dari peliharaan tersebut, seperti kamar tidur, dan jangan lupa mandikan mereka dua kali seminggu.

Baca Juga: 5 Teknik Pernapasan Mudah Ini Bisa Membantumu Turunkan Berat Badan

5. Tidak ada yang merokok di sekitar

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napasnewsnetwork.mayoclinic.org

Asap rokok dapat memicu serangan asma dan malahan membuatnya tambah parah. Anak-anak lebih rentan akan hal ini karena paru-parunya belum cukup berkembang sehingga membuat mereka bernapas lebih cepat. Bahkan bau dari asap rokok yang menempel di baju pun dapat membuat asma tambah parah.

6. Makan makanan berempah, meski jangan yang terlalu tajam rasanya

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napaslegit.ng

Jahe dan bawang putih memiliki komponen anti inflamasi yang mampu meredakan asma. Kamu bisa memasukan bahan-bahan ini ke dalam makanan ataupun menjadikannya minuman. Jahe hangat adalah minuman yang akan sangat membantu.

7. Bergerak dan lebih banyak bergerak, meski tak berlebihan

7 Tips Alami Ini Dapat Membantu Penderita Asma Biar Tidak Sesak Napasunsplash.com/acharki95

Berolahraga dapat membuat paru-parumu lebih kuat, tetapi jika terlalu berat juga dapat memicunya. Mulailah dari bergerak atau olahraga ringan untuk menjaga tidak terjadi serangan asma. Agar tetap aman, bicarakan hal ini ke dokter untuk menanyakan apakah perlu meminum obat terlebih dahulu sebelum kegiatan tersebut.

Sebenarnya yang paling dapat membantu para penderita asma sejujurnya adalah udara segar. Dengan membawa mereka ke tempat-tempat seperti dataran tinggi atau gunung yang segar dan sejuk, penderita asma dapat terhibur dan merasa lega. Jadi yang punya kerabat penderita asma, bersiap-siaplah untuk jalan-jalan ke luar tempat asri terus.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Sangat Dianjurkan Untuk Penderita Asma

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya