Comscore Tracker

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!

Benarkah kotoran orang bisa menyehatkan kita?

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah transplantasi organ, seperti ginjal yang mana mengambil ginjal milik orang dan memindahkannya ke orang lain. Tapi bagaimana dengan transplantasi feses atau kotoran manusia? Tahukah kamu kalau ternyata hal tersebut bisa ditransplantasikan?

Terdengar menjijikkan memang, namun metode ini benar-benar ada dan memang bisa membantu seseorang. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh European Molecular Biology Laboratory, transplantasi feses ini mampu mentransfer bakteri dan mikroba yang berpengaruh besar terhadap kesehatan yang mendapatkan transplantasi tersebut. Jadi, seperti apakah transplantasi feses ini? Berikut ini penjelasannya.

1. Fokus metode ini adalah memindahkan bakteri dan mikroba dalam tubuh

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!designershitdocumentary.com

Perlu diketahui pertama bahwa transplantasi feses ini tidak serta merta memindahkan kotoran seseorang ke tubuh orang lain. Tujuan sesungguhnya atau transplantasi yang sebenarnya adalah transplantasi bakteri. Memang bakteri mampu menyebabkan penyakit macam kolera, tuberculosis dan lain sebagainya, tetapi ada juga bakteri yang memberikan manfaat pada tubuh.

2. Feses adalah hasil pencernaan tubuh manusia yang paling banyak memiliki bakteri

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!jezebel.com

Kamu pasti bertanya, mengapa harus feses dan bukan bagian tubuh yang lain mengingat bakteri ada di seluruh bagian tubuh manusia? Di seluruh bagian tubuh manusia, bakteri paling banyak hidup di dalam lambung serta organ pencernaan yang mana tugasnya adalah untuk mencerna makanan, mengambil nutrisinya dan mencegah infeksi. Karena itulah hasil pencernaan alias feses berisikan banyak sekali bakteri dan itu lebih mudah ditransplantasikan.

3. Transplantasi feses murah dan tidak berisiko besar dalam operasinya

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!frontrowseatsllc.com

Sisi positif metode ini adalah metode ini tidak membutuhkan banyak biaya serta tidak memiliki risiko yang dapat membunuh seseorang. Belum lagi metode transplantasi feses efektif untuk melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Tidak salah lagi jika para dokter dan peneliti mencoba mengembangkan metode ini. Bahkan dikatakan metode ini diupayakan untuk menyembuhkan diabetes hingga obesitas.

Baca Juga: 10 Bakteri Paling Bermanfaat di Tubuh Manusia, Punya Fungsi yang Baik

4. Metode transplantasi ini tidak melalui proses yang kotor

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!elitereaders.com

Tidak. Transplantasi ini tidak langsung mentransfer kotoran dari anus ke anus. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan. Pertama, dokter akan memeriksa pendonornya terlebih dahulu. Pendonor dengan sistem pencernaan bebas dari patogen akan dipilih. Setelah itu dokter akan lalu mengambil sampel pendonor tersebut dan membekukannya. Bisa juga donor feses itu langsung ditransplantasi selagi masih segar.

5. Menarik adalah metode transplantasi feses ini ternyata bisa melalui mulut dan hidung

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!dallasnews.com

Dikatakan oleh salah satu artikel di allthatsinteresting.com bahwa tranplantasi ini bisa dilewatkan hidung atau mulut. Proses lewat hidung membutuhkan tabung plastik dengan cara dimasukkan ke hidung dan nantinya akan turun ke perut. Sedangkan yang lewat mulut, hasil transplantasi feses itu akan dikemas dalam bentuk pil. Bahkan sekarang sudah ada yang menangani dan memproduksi pil feses itu. Namanya OpenBiome.

6. Metode ini sering digunakan untuk mengatasi diare

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!bgr.com

Diare adalah salah satu penyakit yang paling susah disembuhkan. Penyakit itu bisa disebabkan oleh infeksi Clostridium difficile dan umumnya penanganan diare ini menggunakan antibiotik. Menurut para dokter penanganan antibiotik memiliki masalah tersendiri karena obat itu turut membunuh bakteri sehat yang ada dalam tubuh.

Teorinya dengan transplantasi feses dari orang sehat, bakteri sehat dari feses tersebut akan melawan bakteri penyebab diare. Beberapa studi mendukung teori tersebut dengan memberikan fakta jika 87 sampai 90 persen metode transplantasi feses benar-benar menyembuhkan.

7. Tetapi bukan tidak mungkin jika tranplantasi feses ini berujung membawa penyakit

Transplantasi Feses: Metode Kesehatan yang Viral, Simak Penjelasannya!womenhealthier.com

Seperti yang sudah dituliskan pada poin sebelumnya, dokter perlu memilih pendonornya dengan saksama. Bukan tanpa alasan kurasi ketat diperlukan dalam metode ini. Layaknya memberikan bakteri sehat, metode ini memungkinkan mentransfer bakteri penyakit. Bukannya semakin bugar, kamu bisa jadi mendapatkan diare jika pendonormu sebenarnya terkena diare.

Metode ini cukup viral di dunia ilmu kesehatan, tapi tidak bisa dimungkiri bahwa ini adalah terobosan yang cukup unik. Dalam sebuah kasus terkena diare, apakah kamu mau menjalani proses transplantasi feses untuk kesembuhanmu ataukah menjalani metode tradisional menggunakan antibiotik? Berikan pendapat dan pandanganmu mengenai hal ini ya.

Baca Juga: 9 Fakta Bakteri di Kehidupan Manusia, Bisakah Kita Hidup Tanpa Mereka?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You