Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food bagi Para Penderita Diabetes

Makanan gak sehat ini bisa memperburuk kondisi kesehatanmu

Zaman sekarang junk food jadi makanan favorit bagi banyak orang dari berbagai kalangan. Entah muda atau tua, perempuan atau laki-laki, semua jatuh cinta dengan rasa nikmat makanan cepat saji yang menggiurkan. Sayangnya makanan enak ini gak baik untuk kesehatan, apalagi buat para penderita diabetes. Banyak kemungkinan fatal yang diakibatkan junk food dan membuat para penderita diabetes terkena imbas buruknya.

Berikut penjelasan lengkap 5 dampak buruk konsumsi junk food bagi para penderita diabetes.

1. Meningkatkan kadar gula darah

5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food bagi Para Penderita Diabetesmedicalnewstoday.com

Seperti yang kita ketahui junk food tidak memiliki banyak nutrisi dan vitamin baik untuk tubuh. Tingkat kalori yang tinggi serta lemak jahat yang terkandung di dalamnya cepat memberi efek samping, yaitu meningkatan kadar gula darah yang tentunya bisa memperburuk penyakit diabetes.

2. Porsi yang kecil membuat orang makan lebih banyak

5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food bagi Para Penderita Diabetesindiatvnews.com

Junk food tidak hanya jahat kepada kesehatan tubuh namun ia juga membuat dompet kering. Dengan porsi yang kecil ini bisa membuatmu terus menerus menambah porsi makanan agar kenyang. Dengan kebiasaan mengonsumsi junk food secara berlebihan kadar gula darah akan cepat terpengaruhi dan menyulitkan para penderita diabetes menstabilkan kesehatan tubuh mereka.

3. Memicu kenaikan berat badan

5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food bagi Para Penderita Diabetesthedailybeast.com

Kenikmatan sebuah cheese burger atau chicken wings membuat lidah tak bisa berhenti bergoyang. Sayangnya ini sangat merugikan kesehatan bagi para penderita diabestes. Konsumsi junk food memang sangat menyenangkan namun hal itu juga efektif membuat berat badan naik dan kemungkinan obesitas meningkat. Dimana obesitas adalah faktor penyebab utama terjadinya diabates.

Baca Juga: 5 Tips Konsumsi Junk Food Biar Gak Berujung pada Penyakit Serius

4. Berkontribusi memperburuk tekanan darah tinggi

5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food bagi Para Penderita Diabetesmedicalnewstoday.com

Salah satu kelezatan junk food bisa tercipta karena terdapat rasa gurih yang berasal dari penyedap atau pemakaian garam yang berlebihan. Karena memiliki kadar garam yang cukup tinggi maka ini bisa membuat tekanan darah tinggi muncul sebagai penyakit serius. Penyakit ini erat kaitannya pada peningkatan resiko diabetes tipe 2. 

5. Tinggi lemak jenuh yang berbahaya

5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food bagi Para Penderita Diabetessciencenews.org

Terakhir, ada lemak jenuh yang mendominasi kandungan gizi dalam junk food. Lemak jahat tersebut bisa meningkatkan kadar trigliserida yang merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh, yang dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. 

Kita tak akan mengetahui seberapa buruknya junk food merusak kesehatan tubuh hingga penyakit benar-benar datang. Tapi agar hal itu tak terjadi yuk dari sekarang kita sadar dan jaga kesehatan!

Baca Juga: Gak Sehat, 6 Makanan Ini Termasuk Jenis Junk Food Lho

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You