Comscore Tracker

6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamil

Bisa membantu perkembangan otak anak sejak dini lho!

Suplemen vitamin berwarna bening ini tampaknya sudah umum kita temukan sehari-hari. Minyak ikan banyak dijual di pasaran untuk berbagai hal, mulai dari dikonsumsi sebagai vitamin, bahan masakan hingga bahan perawatan kecantikan. Minyak ikan sendiri terbuat dari ekstrak ikan yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi minyak yang praktis untuk digunakan. 

Ajaibnya minyak ini bisa menjadi vitamin yang sangat baik lho untuk ibu hamil. Para calon ibu wajib banget mengetahui informasi seputar minyak ikan yang kerap kali disebut fish oil di bawah ini!

1. Umumnya terbuat dari ikan yang mengandung banyak lemak

6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamilk9ofmine.com

Fish oil tercipta berkat adanya lemak sehat pada beberapa jenis ikan tertentu, umumnya ikan yang digunakan untuk diolah menjadi fish oil adalah ikan teri, makarel, tuna, dan herring.

2. Cod liver oil merupakan jenis yang berbeda dari fish oil

6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamilnpr.org

Jika fish oil terbuat dari lemak yang ada dalam ikan berbeda halnya dengan cod liver oil yang diambil dari hati ikan kod. Ikan kod memiliki banyak spesies diantaranya seperti, ikan kod atlantik, ikan haddock, ikan pollock alaska dan ikan kod pasifik. 

3. Kandungan Omega-3 yang tersimpan di dalam minyak bagus untuk ibu hamil

6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamilunsplash.com/@mieldalabeja

Omega-3 merupakan asupan penting untuk ibu hamil karena dapat mendukung perkembangan visual dan kognitif janin selama dalam kandungan. Ibu hamil yang rajin mengonsumsi makanan kaya Omega-3 juga melindungi bayi dari terjadinya alergi. Ditambah lagi Omega-3 juga mampu membantu menjaga mood sehingga ibu dan bayi selalu berada di suasana hati yang baik. 

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Makanan dan Minuman Ini Bahaya untuk Ibu Hamil!

4. Bisa mencegah kelahiran bayi secara prematur

6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamilunsplash.com/@marcelo2016

Tidak cukup sampai di penjelasan sebelumnya, Omega-3 masih punya kelebihan lainnya. Yaitu dengan mengonsumsi Omega-3 dengan cukup maka ibu hamil akan memperkecil terjadinya persalinan secara prematur. Minyak ikan yang kaya asupan penting tadi akan membuat jabang bayi mendapatkan bobot badan yang ideal karena bisa meningkatkan berat lahir.

5. Perbedaan fish oil dan cod liver oil

6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamilcleaneatingmag.com

Dari bahan utamanya saja kedua jenis minyak ikan ini sudah jelas berbeda. Secara lebih lengkap perbedaannya terdapat pada manfaat yang tersimpan. Fish oil hanya mengandung tinggi Omega-3, sedangkan cod liver oil tidak hanya memiliki Omega-3 yang melimpah tapi juga menyimpan vitamin A dan vitamin D. 

6. Takaran yang dianjurkan untuk mengonsumsi minyak ikan

6 Fakta Minyak Ikan, Asupan Penting nan Bermanfaat bagi Ibu Hamilunsplash.com/@chema_photo

Punya banyak manfaat bukan berarti minyak ikan bisa kita konsumsi dalam dosis besar. Minyak ikan akan menimbulkan masalah jika tidak diminum secara benar. Berdasarkan International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids (ISSFAL) dan WHO, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi 300mg minyak ikan yang teridiri dari kombinasi EPA dan DHA. 

Untuk mendapatkan badan fit dan kehamilan yang optimal selama mengandung, jangan lupa untuk mengonsumsi minyak ikan dengan takaran yang pas ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa Kehamilan

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You